Saat si kecil sudah menginjak usia 6 bulan maka Mams perlu mempersiapkan MPASI atau makanan pendamping ASI. MPASI turut membantu memenuhi nutrisi anak di antaranya energi, protein, dan mikronutrien kebutuhan anak.

Salah satu bahan MPASI terbaik dan paling banyak di rekomendasikan adalah kaldu ayam, Tapi apa yang membuat kaldu ayam menjadi sangat direkomendasikan sebagai bahan MPASI untuk si kecil, Yuk simak penjelasan berikut ini!

Mengapa Memakai Kaldu Ayam untuk MPASI?

Salah satu rekomendasi bahan MPASI terbaik adalah kaldu ayam. Beberapa manfaat kaldu ayam untuk MPASI di antaranya mudah dicerna bayi, mengandung nutrisi yang dibutuhkan, dan menghaluskan makanan. Berbagai manfaat tersebut diperoleh karena kaldu ayam terdiri dari berbagai bahan masakan mulai dari daging hingga sayuran.

Resep dan Cara Membuat Kaldu Ayam MPASI

cara membuat kaldu ayam mpasi
Ilustrasi Membuat Kaldu Ayam MPASI Foto : Canva

Sebagai ibu, Mams tentu ingin agar buah hati mendapat pengalaman makan yang menyenangkan. Apalagi saat si kecil sudah mulai memasuki fase MPASI. Kaldu ayam menjadi salah satu bahan MPASI paling direkomendasikan, Mams bisa mencoba membuat sendiri kaldu ayam dirumah untuk memastikan bahwa kaldu yang si kecil makan lebih sehat, higienis, dan bebas dari pengawet dan bahan kimia lainnya, Berikut resep dan cara membuatnya:

Bahan:

  • 1/2 kg daging ayam, potong kecil-kecil
  • 1 liter air
  • 2 batang seledri, iris halus
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1/2 bawang bombay, iris halus
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 1 sdt garam

Cara membuat:

  • Rebus daging ayam dengan air hingga matang dan empuk.
  • Masukkan seledri, daun bawang, bawang bombay, jahe, dan garam ke dalam rebusan daging ayam.
  • Masak hingga semua bahan tercampur rata.
  • Saring kaldu yang sudah jadi dan tiriskan.
  • Kaldu ayam MPASI siap disajikan.
  • Mams bisa menambahkan sayuran-sayuran yang sesuai dengan usia dan kemampuan makan si kecil. Jangan lupa untuk selalu memeriksa suhu makanan sebelum memberikannya kepada si kecil untuk memastikan makanan tidak terlalu panas.

Tips Membuat Kaldu Ayam MPASI

kaldu ayam mpasi
Ilustrasi Kaldu Ayam Mpasi Foto : Canva

Setelah Mams mengetahui resep dan cara membuat kaldu ayam MPASI, Berikut ada beberapa tips yang bisa Mams ikuti untuk membuat kaldu ayam MPASI yang sehat dan lezart dari rumah.

1. Masak menggunakan api kecil

Pertama adalah memasak menggunakan api kecil. Api kecil akan memudahkan dalam proses penyaringan. Sebaliknya, jika Mams memasak menggunakan api besar maka tulang dan daging akan melebur sehingga sulit disaring saat matang.

2. Gunakan tulang ayam

Apabila Mams di rumah masih punya tulang sisa maka jangan langsung dibuang ya. Mams bisa menggunakan tulang sisa tersebut untuk membuat kaldu ayam MPASI. Tulang akan membuat rasa kaldu ayam semakin sedap.

3. Tambahkan sayuran

Agar kaldu ayam lebih kaya rasa maka Mams dapat menambahkan sayuran. Selain itu, menambahkan sayuran juga dapat meningkatkan kualitas nutrisi pada kaldu. Sayuran yang cocok ditambahkan ada bawang bombay, wortel, atau seledri.

4. Saring busa

Saat air rebusan dari kaldu ayam mendidih biasanya akan muncul busa di permukaannya. Mams dapat menyaring buih tersebut hingga bersih. Apabila muncul buih selalu saring ya Mams agar air kaldu tetap jernih dan nikmat.

Tips Menyimpan Kaldu Ayam untuk MPASI

Setelah Mams mengetahui resep dan cara membuat kaldu ayam untuk MPASI, Hal yang tak kalah penting yang harus diperhatikan adalah cara menyimpanya, Jangan sampai kaldu ayam yang sudah Mams bikin tidak bisa digunakan karna salah menyimpanya,

1. Simpan dalam keadaan dingin

Pastikan kaldu ayam sudah benar-benar dingin sebelum disimpan. Jangan simpan kaldu ayam yang masih panas atau hangat karena bakteri akan dengan cepat berkembang dalam suhu tersebut

2. Simpan di wadah tertutup

Masm bisa menuangkan kaldu ayam ke dalam wadah tertutup rapat. Gunakan wadah plastik atau wadah beku yang bisa ditutup rapat. Bisa juga menggunakan bekas makanan yang sudah dibersihkan dengan baik.

3. Simpan dalam keadaan dingin

Jika ingin disimpan lebih lama, bekukan kaldu ayam tersebut. Tuang kaldu ayam ke dalam wadah kecil-kecil lalu simpan di dalam lemari es. Kaldu ayam yang sudah dibekukan bisa disimpan selama 3-4 hari

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Mams bisa menyimpan kaldu ayam dengan aman dan terhindar dari kontaminasi bakteri. Selain itu, jangan lupa untuk selalu memastikan kebersihan wadah dan alat-alat yang digunakan saat menyiapkan kaldu ayam untuk MPASI si kecil.

Nah, Itu dia penjelasan tentang resep dan cara membuat kaldu ayam MPASI yang enak, dengan tips di atas si kecil akan semakin lahap menyantap makananya. Jangan lupa dipraktikkan ya Mams dan semoga bermanfaat!

Temukan Artikel Lainya di Google News