5 Tips Menjadi Single Mom yang Hebat

Ilustrasi Single Mom Hebat Foto : Canva

Terlepas dari apa yang menjadi latar belakangnya, menjadi single mom tidak merupakan status yang diinginkan oleh siapa pun. Namun, karena alasan dan sebab-sebab tertentu, beberapa wanita terpaksa harus menjalani ini.

Selain harus menempatkan diri sebagai seorang ibu yang harus memberikan waktu, perhatian, dan kasih sayang yang utuh untuk anak, Mams juga harus bisa berperan sebagai ayah, Melakukan aktifitas diluar rumah untuk mencari nafkah

Tips Menjadi Singgle Mom

Menjadi singgle mom memang bukanlah hal yang mudah, Meskipun terkadang terasa sangat berat, semuanya harus terus berjalan. Mams bisa mencoba menerapkan beberapa tips di bawah ini untuk menjadi single mom yang hebat.

1.  Buat daftar kegiatan

menjadi single mom
Membuat Daftar Kegiatan Foto : Canva

Menjadi single mom kualitas waktu yang Mams miliki bersama anak mungkin akan menurun, Agar hal ini tidak terlalu mendatangkan dampak yang buruk, Mams bisa membuat daftar kegiatan, Agar rutinitas harian Mams akan lebih terarah dan akan meminimalisir waktu yang terbuang sia-sia bersama anak.

Contoh daftar kegiatan yang bisa Mams buat adalah kapan waktu membersihkan rumah, memasak makanan sederhana untuk si kecil, waktu untuk bekerja, menemani anak bermain dan belajar,

2. Membangun komunikasi dengan baik

menjadi single mom
Komunikasi dengan Anak Foto : Canva

Komunikasi adalah hal penting dalam suatu hubungan, termasuk hubungan antara orang tua dengan anak. Meski waktu Mams sudah banyak tersita untuk melakukan berbagai peranan sebagai single mom, Jangan sampai lupa bahkan tidak melakukan komunikasi dengan anak

Komunikasi yang Mmas bangun dengan baik kepada anak, tentu akan membuat anak lebih terbuka. si kecil akan lebih leluasa untuk menceritakan setiap hal yang sedang terjadi, termasuk permasalahan-permasalahan yang mungkin tengah mereka dapatkan.

3. Luangkan waktu untuk quality time

menjadi single mom
Quality Time dengan Anak Foto : Canva

Meskipun mungkin waktu dan aktifitas pekerjaan akan lebih padat, Mams harus tetap memahami kodrat bahwa yang anak butuhkan tidak hanya uang, tetapi juga perhatian serta kasih sayang dari Mams selaku orang tuanya.

Mams bisa memanfaatkan waktu di malam hari untuk membangun quality time yang baik dengan anak. Kurangi hal-hal yang dapat mengganggu waktu Mams bersama anak di malam hari, seperti bermain gadget atau sekedar membuka-buka kembali tugas dari pekerjaan

Mams juga bisa memanfaatkan quality time bersama anak dengan hal-hal yang bermanfaat seperti memasak bersama, atau sekedar membersihkan rumah bersama sembari bercerita tentang hal-hal yang Mams dan si kecil lalui di hari tersebut.

4.  Buat peraturan bersama anak

Berbeda dengan wanita lain yang memiliki pasangan, seorang single mom tentu tidak bisa melakukan pengawasan terhadap anak secara maksimal. Jika hal tersebut terjadi kepada Mams, salah satu tips yang bisa diterapkan adalah dengan membuat peraturan bersama anak dengan bahasa yang lembut dan jelas

Misalnya, tentang makanan apa yang boleh dan tidak boleh dimakan oleh anak, tempat bermain yang boleh didatangi dan tidak, bagaimana pengaturan waktu bermain dan belajar anak, dan lain-lain. Dengan membuat, menyepakati, dan saling menaati peraturan, Hal ini akan membuat Mams merasa lebih tenang ketika sedang berada jauh dari anak.

5. Jangan merasa gengsi

Sebagai single mom, tuntutan finansial sering menjadi salah satu faktor penyebab orang tua kehilangan banyak waktu bersama anak. Jika hal itu terjadi, Mams jangan merasa gengsi atau segan meminta bantuan kepada orang terdekat dalam hal pengasuhan anak. karena pengasuhan anak adalah hal yang penting dan tidak bisa sembarangan

Nah, Itulah tips untuk menjadi singgle mom yang hebat, tetap semangat dalam mengasuh dan mendidik anak, semoga artikel ini bisa bermanfaat!

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait