5 Tips Puasa Untuk Ibu Hamil, Agar Kandungan Tetap Sehat dan Aman

Ilustrasi Ibu Hamil Foto : Canva

Puasa di bulan Ramadan menjadi salah satu ibadah wajib yang dilakukan umat Muslim di seluruh dunia. Meskipun ibadah ini terlihat sederhana, namun bagi ibu hamil, menjalankan puasa bisa jadi tidak mudah. Namun demikian, puasa bagi ibu hamil tetap boleh dilakukan, dengan syarat harus memperhatikan kesehatan dan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu dan janin selama kehamilan. Lalu, apa saja tips puasa untuk ibu hamil? yuk simak penjelasan berikut ini.

Tips Puasa Untuk Ibu Hamil

Menjalankan ibadah puasa saat hamil bukanlah perkara mudah. Ibu hamil harus tetap memperhatikan asupan nutrisi dan gizi guna menunjang kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Jika ingin tetap berpuasa, berikut ini beberapa tips aman berpuasa bagi ibu hamil yang perlu diperhatikan.

1. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Tips pertama yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil saat berpuasa adalah kebutuhan cairan tubuh. Sangat disarankan untuk mengonsumsi minimal 8-12 gelas atau setara dengan 2,2-3 liter air per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan ibu dan janin dalam kandungan. Penting untuk segera membatalkan puasa jika ibu hamil mengalami gejala dehidrasi.

2. Cukupi Kebutuhan Serat Selama Puasa

Selain cairan, kebutuhan serat juga perlu dijaga oleh ibu hamil saat berpuasa. Tujuannya adalah untuk menunjang kesehatan pencernaan ibu hamil. Untuk menjaga kandungan serat, ibu hamil dapat mengonsumsi buah-buahan atau sayuran saat sahur dan berbuka.

3. Konsumsi Susu Sebagai Tambahan Nutrisi dan Gizi

Mengonsumsi susu sangat disarankan untuk menambah nutrisi dan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Pada umumnya, ibu hamil mengonsumsi susu hamil pada pagi hari dan malam hari. Namun, saat berpuasa, jadwal minum susu bisa diganti pada saat sahur dan sebelum tidur.

4. Mengonsumsi Camilan Sehat

Tips puasa untuk ibu hamil selanjutnya adalah mengonsumsi camilan sehat di sela-sela waktu setelah berbuka, seperti sayuran atau buah-buahan mengandung asam folat. Beberapa jenis camilan yang disarankan adalah kentang, buncis, atau brokoli rebus. Konsumsi camilan sehat ini dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi pada tubuh.

5. Hindari Berbuka dengan Minuman Dingin

Tips terakhir adalah hindari berbuka dengan minuman dingin, karena dapat meningkatkan asam lambung. Lebih baik untuk mengonsumsi air putih atau minuman manis hangat. Jika ingin mengonsumsi minuman yang segar, semangka atau melon bisa menjadi pilihan.

Apakah Puasa Aman untuk Ibu dan Janin?

Tips aman puasa saat hamil
Ilustrasi Ibu Hamil Foto : Canva

Menjalankan puasa bagi ibu hamil memang tidak mudah, namun tetap boleh dilakukan asalkan memperhatikan kebutuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam menjalankan puasa, ibu hamil perlu memperhatikan kebutuhan cairan, serat, susu, camilan sehat, dan hindari minuman dingin. Dengan demikian, ibu hamil dapat menjalankan ibadah puasa dengan aman

ibu hamil yang berpuasa, perlu waspada terhadap gejala yang dapat membahayakan janin seperti pusing, demam, muntah, lemas, lelah, bibir kering, atau merasa sangat haus. Gejala-gejala tersebut dapat menjadi tanda ibu hamil mengalami dehidrasi.

Selain itu, perlu diperhatikan juga adanya penurunan berat badan pada ibu hamil yang berpuasa, berkurangnya gerakan janin dalam kandungan, serta rasa nyeri pada perut seperti kontraksi. Apabila mengalami hal tersebut, ibu hamil perlu segera memeriksakan diri ke dokter kandungan.

Nah, Itulah tips aman berpuasa untuk ibu hamil agar kandungan tetap terjaga, sehat dan aman, Semoga Bermanfaat ya mams.

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait