9 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kulit Bayi

Minyak Kelapa Foto : Canva

Manfaat minyak kelapa bukan hanya untuk orang dewasa, minyak kelapa juga punya manfaat untuk kesehatan kulit bayi. Minyak kelapa mempunyai kandungan antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba yang sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi beberapa masalah kulit pada bayi.

Manfaat minyak kelapa untuk kulit bayi

Minyak kelapa untuk rambut mungkin sudah biasa, Kini minyak kelapa juga di percaya sebagai salah satu produk alami yang paling baik dalam merawat kondisi kulit pada bayi dan membuat kulitnya lembut dan sehat, Nah berikut beberapa manfaatnya

1. Meredakan eksim

Eksim adalah kondisi di mana kulit menjadi sangat kering dan gatal. Eksim sering terjadi pada bayi karena kulit mereka sensitif dan mudah mengering. Studi in-vitro menunjukkan bahwa penggunaan minyak kelapa murni efektif mengurangi gejala eksim.

Jika dokter merekomendasikan minyak kelapa, Mams bisa mencoba memijat bayi dengan minyak kelapa sebelum atau setelah mandi dan sebelum tidur untuk memberikan hidrasi dan kelembapan yang cukup pada kulit.

2. Memijat bayi

Memijat bayi
Ilustrasi Memijat Bayi Foto : Canva

Selain dengan baby oil, Mams juga bisa menggunakan minyak kelapa untuk memijat bayi. Minyak kelapa bisa membantu membuat si kecil lebih rileks, mudah diserap, dan memiliki sifat antibakteri. Pastikan mams juga menggunakan minyak kelapa berkualitas baik ya!

3. Infeksi jamur

Penggunaan minyak kelapa bisa membantu mengatasi infeksi jamur pada bayi, karena minyak kelapa memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang dapat mencegah infeksi kulit dan melemahkan bakteri buruk.

4. Melembapkan kulit bayi

Bayi baru lahir biasanya memiliki kulit yang kering, sensitif, dan bahkan ada bercak putih. Selain menggunakan lotion khusus, minyak kelapa juga berguna untuk meningkatkan kelembapan kulit.

Hal ini karena minyak kelapa mengandung vitamin dan lemak sehat yang berfungsi sebagai pelembap alami kulit. Cukup oleskan sedikit minyak kelapa pada kulit bayi yang kering

5. Mengatasi ruam popok

ruam popok
Ilustrasi Ruam Popok Foto : Canva

Ruam popok merupakan salah satu penyakit kulit bayi yang dapat menyebabkan iritasi pada bokong atau area popok, Karena popok tidak segera diganti. Selain menggunakan salep, Mams bisa menggunakan minyak kelapau untuk meredakan ruam popok.

Sifat melembapkan dan anti jamur pada minyak kelapa dapat membantu mencegah penyebaran dan meredakan ruam popok yang menggangu. Mams hanya perlu mengoleskan minyak kelapa pada area bokong kemudian pijat lembut. Kemudian gunakan popok.

6. Membersihkan kerak di kepala bayi

Kerak pada kepala, atau yang disebut cradle cap, sering terjadi pada bayi baru lahir dan Meskipun enyebabnya masih belum diketahui dengan pasti, namun kemungkinan hal ini disebabkan oleh pertumbuhan bakteri berlebih dan infeksi jamur pada kepala bayi.

Minyak kelapa disebut-sebut dapat membantu mengatasi kerak pada kepala bayi karena memiliki sifat antibakteri yang dapat meredakan gejalanya.

7. Membantu pertumbuhan rambut

rambut bayi
Rambut Bayi Foto : Canva

Tidak hanya mengatasi kerak pada kepala, minyak kelapa juga membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan memperkuat pertumbuhan rambut bayi.

Minyak kelapa kaya akan asam lemak, yang memiliki sifat antibakteri dan antimikroba untuk memelihara kesehatan kulit kepala dan membantu mengatasi penumpukan sebum pada folikel rambut.

8. Bibir kering dan pecah-pecah

Kulit bayi lebih sensitif dan mudah terpengaruh suhu, sehingga bibir bayi mudah kering dan pecah-pecah. Hal ini menyulitkan bayi saat menyusui dan menambah rasa sakit saat si kecil menjilat bibirnya

Mams dapat mengoleskan minyak kelapa pada bibir bayi untuk membantu mengatasi kekeringan. Gunakan ujung cotton bud yang bersih, celupkan dengan sedikit minyak kelapa, lalu oleskan ke bibir dan area sekitarnya. Hindari memberikan tekanan agar tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman pada bayi ya mams

9. Mengatasi gigitan serangga

Dalams sebuah studi juga menunjukkan bahwa minyak kelapa memiliki kandungan asam lemak yang memiliki sifat anti-serangga potensial. Selain itu, sifat anti-inflamasi dan emolien pada minyak kelapa dapat memberikan bantuan untuk mengurangi rasa sakit akibat gigitan serangga.

Mams bisa mencoba minyak kelapa sebagai pengobatan untuk gigitan serangga. Caranya adalah ambil sedikit minyak kelapa, gosokan pada telapak tangan mams untuk menghangatkanya, kemudian oleskan dengan lembut pada kulit bayi yang digigit serangga.

Nah, Itulah beberapa manfaat minyak kelapa untuk kulit bayi, Semoga bermanfaat ya mams!

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait