Kenali 7 Manfaat dan Jenis Baby Spa untuk Perkembangan Bayi

Ilustrasi Baby Spa Foto : Shutterstock

Sekarang ini Baby Spa menjadi pilihan perawatan bayi yang cukup trend dan populer. Namun apakah mams sudah tahu dengan apa itu baby spa? dan apa manfaatnya untuk si kecil.

Baby Spa sebenarnya merupakan sebuah tempat yang menawarkan rangkaian terapi fisik, seperti pijat dan terapi air untuk bayi. Spa bayi bisa membantu si kecil mendapatkan pengalaman relaksasi dan rangsangan guna menyokong tumbuh kembangnya dan meningkatkan kemampuan sensori, refleks hingga pergerakannya.

Jenis-jenis Baby Spa untuk Bayi

Secara umum, baby spa mempunyai dua jenis yaitu terapi air (Hidroterapi) dan terapi pijat (Neonatal Massage) keduanya mempunyai tujuan dan manfaat yang berbeda, untuk lebih jelas, Berikut penjelasanya :

1. Terapi Air (Hidoterapi)

Baby Spa Air Terapi Air
Ilustrasi Baby Spa Air Terapi Air Foto : Shutterstock

baby spa jenis ini melibatkan kekuatan fisik bayi di dalam air menggunakan pelampung di kepala. Biasanya baby spa hidroterapi dilakukan di kolam renang permanen, portable atau di bak khusus yang terisi penuh dengan air.

Baby spa hidroterapi dapat berlangsung kurang lebih 20 menit dan wajib dilakukan oleh terapis profesional. terapi air ini bisa membantu bayi untuk menggerakkan lengan dan tungkainya, meregangkan otot, serta meningkatkan keseimbangan dan koordinasi.

2. Terapi Pijat (Neonatal Massage)

Baby Spa Pijat
Ilustrasi Baby Spa Pijat Foto : Shutterstock

Spa jenis ini bertujuan untuk membuat badan bayi menjadi lebih bugar berkat pijatan lembut, Membuat bayi lebih tenang sehingga tidak sering rewel atau menangis, dan membantu bayi tidur dengan baik. Terapi pijat ini harus dilakukan oleh terapis atau instruktur profesional dan berpengalaman

Manfaat Baby Spa untuk si Kecil

Seperti yang sudah kita ketahui, Baby spa memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang bayi. Salah satunya adalah meningkatkan kepadatan tulang dan mempercepat proses berjalan dan merangkak, selain itu masih banyak manfaat lain berikut penjelasanya :

1. Memperkuat Otot dan Tulang

Ini adalah salah satu manfaat dari spa hidroterapi, Spa jenis ini dapat merangsang otot-otot tubuh si kecil untuk bergerak seperti mengayunkan kaki, menendang dan menggerakkan tangan.

2. Meningkatkan Kemampuan Motorik

Aktifitas yang dilakukan di dalam air akan memaksa bayi mengerahkan kemampuan seperti mengkoordinasikan anggota tubuh serta melatih kekuatan otot di waktu bersamaan. Kegiatan ini secara langsung akan meningkatkan motorik bayi secara alami.

3. Meningkatkan Perkembangan Otak

Jika kedua spa baik hidroterapi dan neonatal sering dilakukan maka akan membantu otak lebih banyak menciptakan sel baru hingga saraf di otak menjadi lebih cepat terhubung satu dengan yang lainnya. Hal tersebut terjadi karena sistem sensorik pada bayi kerap dirangsan dengan perlakuan yang tepat.

4. Melatih Keberanian dan Mental

Saat si kecil berada di dalam kolam renang maka satu-satunya cara yang harus ia lakukan adalah mengerahkan seluruh kemampuannya untuk tetap berada di atas permukaan. Hal tersebut juga memaksa bayi harus berani menyesuaikan diri. sehingga bisa melatih mental dan keberanianya.

5. Membuat Bayi Tidur Lebih Nyenyak

Kegiatan fisik di dalam air akan menguras tenaga bayi di tambah dengan relaksasi pijatan lembut di sekujur tubuh membuat bayi lebih tenang dan tidur pun jadi lebih nyenyak.

6. Mengurangi Rewel dan Meredakan Stres

tanda bayi mengalami stres adalah sering menangis atau rewel. Baby spa, dapat membantu untuk meredakan stres pada bayi berkat beberapa aktivitas di dalam air dilanjut dengan pijatan lembut akan membuat bayi jauh lebih tenang dan rileks.

7. Menstimulasi Kenaikan Berat Badan

Menurut penelitian terapi pijat bayi juga dapat menstimulasi kenaikan berat badan pada bayi hingga 47%. Manfaat ini berhubungan dengan peningkatan aktivitas sistem saraf pada bayi dan pergerakam lambung yang efektif sehingga nutrisi pada bayi lebih banyak diserap oleh tubuh.

Tips Memilih Tempat Spa yang Baik

Sekarang ini, cukup banyak tempat baby spa yang menawarkan beragam perawatan bayi seperti Hidoterapi dan Neonatal Massage. Namun, Mams tetap perlu berhati-hati untuk memilih tempat yang baik dan tepat, berikut tips memilih tempat spa yang perlu mami simak dan perhatikan :

1. Memiliki Fasilitas dan Suasana yang Nyaman

Tempat spa dengan fasilitas dan suasana yang nyaman akan membuat mami dan Si Kecil juga merasa betah berada di sana untuk melakukan perawatan spa.

2. Menggunakan Produk yang Aman

Pastikan produk dan peralatan yang digunakan oleh tempat spa bayi adalah produk yang aman bagi bayi. mami bisa menanyakannya kepada pegawai yang bertugas di spa.

3. Mengantongi sertifikat

Pilih tempat spa bayi yang memiliki tenaga terapis bersertifikat dan sudah terlatih. Tempat spa yang memiliki terapis bersertifikat dan terlatih akan membuat mami lebih tenang untuk mempercayakan perawatan Si Kecil.

Kesimpulan

Spa bayi memang memiliki beragam manfaat. Namun mams tetap harus memilih perawatan spa bayi yang dilakukan oleh tenaga terapis ang terlatih, agar lebih aman dan manfaatnya dapat diperoleh secara maksimal.

Nah, Demikian penjelasan mengenai manfaat Baby Spa untuk Kesehatan dan tumbuh kembang si kecil

 

Referensi :

  • https://mhomecare.co.id/blog/manfaat-baby-spa/
  • https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-baby-spa

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait