Doa Agar Bayi Tidur Nyenyak dan Tidak Rewel Sepanjang Malam

Ilustrasi Bayi Rewel/Foto:Canva

Bayi yang susah tidur dan rewel seringkali merasa tidak nyaman, namun belum bisa mengungkapkannya dengan kata-kata, sehingga menangis adalah satu-satunya cara mereka berkomunikasi.

Jika Bunda menghadapi situasi ini selain menenangkanya tidak ada salahnya mencoba membacakan doa agar bayi tidur nyenyak dan tidak rewel sepanjang malam.

Doa Agar Bayi Tidur Nyenyak dan Tidak Rewel

Dengan membaca doa-doa tertentu, diharapkan bayi menjadi lebih tenang dan terlindungi dari gangguan jin dan setan. Berikut adalah beberapa doa agar bayi tidur nyenyak sepanjang malam yang bisa bunda ucapkan.

Jika si kecil sudah bisa menghafal, Bunda dapat membiasakanya untuk membaca doa tidur yang berbunyi:

بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ

(Bismika Allahumma ahya wa amut)

Artinya: “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan mati.”

Namun, jika bayi belum bisa membaca dan menghafal, Bunda dapat mengucapkan doa agar bayi bisa tidur nyenyak dan tidak rewel seperti yang tercantum di bawah ini.

ذِيْ قُوَّةٍ عِنْدَ ذِى الْعَرْشِ مَكِيْنٍۙ

(Dzii quwwatin ‘inda dzil ‘arsyi makiin)

Artinya: “Yang mempunyai kekuatan lagi (pula) mempunyai kedudukan di sisi Pemilik ‘Arsy.” (QS. At- Takwir: ayat 20)

Doa Agar Bayi Tidur Nyenyak dan Tidak Rewel
Ilustrasi Membaca Doa Agar Bayi Tidur Nyenyak dan Tidak Rewel/Foto:Canva

Bunda juga bisa membacakan doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Doa ini terdapat dalam kitab al-Adzkar karya Al-Imam Muhyiddin Abu Zakariya Al-Nawawi (wafat tahun 676 H).

Pada suatu hari, Zaid bin Tsabit mengalami kesulitan tidur karena suatu alasan, kemudian Rasulullah SAW menyarankan agar Zaid membaca doa berikut ini.

اللَّهُمَّ غَارَتِ النُّجُومُ ، وهَدَأَتِ الْعُيُونُ ، وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّومٌ ، يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ أَنِمْ عَيْنِي وأهْدِئْ لِيَلِي

Artinya: “Wahai Tuhan yang mengorbitkan bintang-bintang, Yang membuat mata terpejam, Engkau adalah Yang Hidup dan Terjaga, wahai yang Hidup dan Terjaga lelapkanlah mataku dan redupkanlah malam.”

Tak hanya itu, Bunda juga bisa membacakan doa lainnya agar bayi bisa tidur nyenyak dan tidak rewel sepanjang malam, yaitu:

بِسْمِ اللهِ الَّذِىْ لاَيَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْئٌ فِى اْلاَرِضِ وَلاَ فِى السَّمَآءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

(Bismillahilladzi laa yadhurru ma’asmihi syai’un fil ardhi wa la fis samaa’i wahuwas sami’ul alim)

Artinya: “Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dengan menyebut asma Allah, Dzat yang dengan asma-Nya, tidak akan bisa membahayakan apapun yang ada di bumi dan langit. Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Jika Si Kecil masih menangis terus, Bunda juga bisa membacakan doa memohon perlindungan untuk Si Kecil yang berbunyi,

أُعِيْذُكَ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

U‘îdzuka bikalimâtillâhit tâmmâti min kulli syaithânin wa hâmmatin wa min kulli ‘ainil lâmmatin

Artinya: “Aku lindungi kamu dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan setiap setan, setiap binatang, dan dari setiap mata jahat,”.

Selain doa-doa di atas, ada beberapa bacaan doa mustajab lainnya yang bisa membantu bayi tidur nyenyak sepanjang malam dan melindunginya dari gangguan jin atau setan:

Al-Fatihah
Ayat Kursi
Membaca Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas masing-masing sebanyak 3 kali saat pagi, sore, dan sebelum tidur

Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak di Malam Hari

Selain doa agar bayi tidur nyenyak dan tidak rewel sepanjang malam di atas yang bunda bacakan, Bunda juga bisa mencoba beberapa tips dibawah ini agar bayi tidur nyenyak di malam hari.

1. Membuat Kebiasaan Tidur yang Baik

Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak di Malam Hari
Ilustrasi Menidurkan bayi/Foto:canva

Pada beberapa bulan pertama, menyusui bayi di tengah malam tentu mengganggu tidur bunda dan si kecil. Untuk itu, membuat kebiasaan tidur yang baik menjadi salah satu tips agar bayi tidur nyenyak di malam hari.

Bunda dapat membuat rutinitas tidur yang menenangkan secara konsisten dengan meletakkan bayi di tempat tidur meski masih dalam keadaan bangun. Cara ini akan mendorong terjadinya proses tertidur pada bayi.

2. Memberikan Asupan Makanan Tertentu

Tips agar bayi tidur nyenyak di malam hari lainnya adalah dengan memberikan asupan makanan yang memiliki kandungan tinggi triptofan. Contohnya adalah pasta, ikan tuna, kalkun, salmon, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, pisang, biji-bijian, dan roti.

Selain makanan yang kaya akan triptofan, susu hangat juga bisa membantu mengatasi bayi yang susah tidur. Hal ini dikarenakan susu mengandung melatonin yang berfungsi membantu mengatur siklus tidur-bangun.

3. Mendengarkan Murottal Al-Quran

Membiasakan memutar murottal Al-Quran di kamar si kecil juga menjadi cara mengatasi bayi susah tidur menurut Islam. Dengan mendengarkan murotal akan tercipta suasana kamar yang lebih tenang sehingga membuat bayi tidur dengan nyenyak dan tidak rewel.

Selain murottal, jangan lupa membacakan doa agar bayi tidur nyenyak sepanjang malam serta terhindar dari gangguan jin dan setan.

Itu dia beberapa doa agar bayi tidur nyenyak dan tidak rewel sepanjang malam. Apabila si kecil masih tetap susah tidur dan rewel, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui apakah ada masalah kesehatan atau tidak. Selamat mencoba ya Bund!

 

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait