Pelajari! 6 Cara Mendidik Anak Perempuan Agar Nurut Sama Orang Tua

Bunda, cara mendidik anak perempuan agar nurut sama orang tua itu beda dengan anak laki-laki ya. Anak perempuan memang terlihat penurut namun hal ini tetap tergantung pada pola asuhnya.

Selain itu, dalam Islam dijelaskan bahwa anak perempuan adalah bentuk cobaan kepada kedua orang tuanya. Sehingga dalam mendidiknya ayah dan bunda tentu harus lebih berhati-hati.

Lantas, bagaimana cara mendidik anak perempuan agar nurut sama orang tua? Berikut penjelasannya.

Cara Mendidik Anak Perempuan Agar Nurut Sama Orang Tua

Cara Mendidik Anak Perempuan Agar Nurut Sama Orang Tua

Mendidik anak pada dasarnya tidak jauh dari ajaran Islam dan kasih sayang. Apapun metode yang bunda berikan, semuanya diperbolehkan asalkan cara itu dapat membentuk anak menjadi pribadi yang lebih baik.

Nah, agar tidak salah dalam pola asuh berikut cara mendidik anak perempuan agar nurut sama orang tua:

1. Berikan Pengetahuan Sesuai Usia Anak

Mendidik anak perempuan agar nurut dengan orang tua bisa dimulai dari mengenali usia mereka.
Setelah itu, ayah dan bunda bisa menyusun metode parenting yang memang pas dan cocok dengan usianya.

Jangan paksakan pola asuh yang memang tidak sesuai dengan usianya. Meskipun punya sifat lembut, namun pola asuh yang salah pada anak perempuan juga akan berdampak negatif untuk kedepannya.

Jika bunda mempunyai anak perempuan yang masih kecil maka bisa mengajarkan hal-hal kegiatan positif terlebih dahulu. Akan tetapi saat usia remaja dan dewasa, bunda bisa mengajarkan tentang arti tanggung jawab dan kedisiplinan.

Metode yang diajarkan bebas sesuai keinginan bunda. Asal yang jelas masih berlandaskan kemanusiaan dan agama ya.
Hindari Perkataan Kasar

Agar si anak belajar menurut perkataan bunda, pastikan hindari kata-kata kasar ya. Hal ini hanya akan membuat anak merasa takut dan sakit hati sehingga nantinya akan memungkinkan anak berani melawan kepada orang tua.

Selain itu, kebiasaan membentak atau berkata kasar pada anak ternyata juga bisa mempengaruhi kecerdasan si kecil lho Bun. Jadi, pastikan untuk tetap berkata lembut dan tidak suka berkata kasar kepada anak ya Bun.

2. Berikan Apresiasi

Cara Mendidik Anak Perempuan Agar Nurut Sama Orang Tua

Cara mendidik anak perempuan agar nurut sama orang tua selanjutnya, coba beri apresiasi pada anak. Bunda wajib tahu, anak paling suka jika dia diberikan apresiasi atau penghargaan atas usahanya.

Hal ini juga akan menunjukkan antara kepedulian orang tua dengan sang anak. Selain anak merasa nyaman, cara ini juga sangat efektif untuk dilakukan.

Memberikan apresiasi yang berlebihan juga tidak baik. Dampaknya justru akan membuat si anak merasa manja dan tidak mandiri. Maka dari itulah, bunda harus meminimalisir dan bijak dalam memberikan motivasi.

3. Tanamkan Aturan dan Larangan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa mendidik anak perempuan sangat berbeda dengan laki-laki. Sedini mungkin kenalkan anak perempuan tentang apa saja yang dilarang.

Tidak hanya itu, kenalkan juga bagian di tubuh mana yang tidak boleh disentuh oleh orang lain.

Cara mendidik anak perempuan agar nurut sama orang tua ini memang terkesan tegas, akan tetapi semua ini dilakukan demi kebaikan bersama. Dengan aturan dan larangan yang bunda ajarkan, anak perempuan juga akan lebih waspada untuk menjaga diri.

4. Jalin Hubungan yang Positif

Agar anak perempuan nurut dengan orang tua, bunda harus mampu memiliki hubungan yang baik. Hubungan yang baik akan melahirkan suasana positif seperti cinta dan kasih sayang keluarga. Dengan metode ini, tentu bunda dapat mendidik anak dengan baik tanpa paksaan apapun.

Untuk menciptakan hubungan yang makin baik, bunda dapat memberikan perhatian lebih dan kasih sayang sebagai orang tua. Selain itu, anak juga akan merasa nyaman dan menurut dengan didikan orang tuanya.

5. Berikan Kebebasan dalam Pengawasan

Cara Mendidik Anak Perempuan Agar Nurut Sama Orang Tua

Saat usia anak perempuan mulai bertumbuh, pasti akan banyak hal positif yang ingin dia lakukan. Perkembangan anak ini merupakan hal wajar dan tidak perlu bunda khawatirkan. Bunda harus mampu tetap memberikan kebebasan agar si anak tumbuh dengan baik.

Disisi lain, bunda dapat melakukan pengawasan terhadap apa yang anak lakukan. Tanpa mengekang dan merebut kebebasan anak, tentu bunda akan disebut sebagai orang tua yang berhasil.

Terkait cara mendidik anak perempuan agar nurut sama orang tua memang sangat kompleks dan wajib dilakukan bagi orang tua. Bunda dapat memakai berbagai macam cara asalkan tidak membuat anak merasa tertekan ya.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait