Cara Mendidik Anak Perempuan yang Beranjak Remaja, Ternyata Begini!

Faktanya, cara mendidik anak perempuan yang beranjak remaja tidak bisa dikatakan mudah. Bahkan, membesarkan sekaligus mendidik anak remaja perempuan merupakan masa tersulit yang dirasakan bunda dan ayah.

Bagaimana tidak begitu, jika di fase remaja banyak terjadi hal-hal kompleks. Bahkan, sering membuat bunda atau ayah geleng-geleng kepala. Namun, walaupun tidak mudah mendidik anak perempuan remaja sebenarnya masih bisa dilakukan.

Di masa remaja, anak perempuan akan masuk pada masa peralihan sikap. Bunda maupun ayah hanya perlu banyak sabar dalam menghadapi anak dalam periode tersebut.

Tetap berikan arahan pelan-pelan tanpa perlu membentak supaya tidak menjadi trauma. Lebih jelas, ini cara mendidik anak perempuan yang beranjak remaja!

Cara Mendidik Anak Perempuan yang Beranjak Remaja

Cara Mendidik Anak Perempuan

1. Ajarkan Pendidikan Agama

Pendidikan agama sejatinya sudah harus diberikan sejak dini, seperti dari masa anak-anak. Saat sudah mulai masuk fase remaja, anak perempuan perlu diberikan lagi pendidikan agama namun dengan tingkatan lebih tinggi.

Pasalnya, di usia remaja banyak hal yang perlu dilindungi para remaja perempuan termasuk lawan jenis.

Coba bunda beri penjelasan tentang pergaulan yang tidak atau boleh dilakukan. Agama akan menjadi pondasi anak untuk melakukan atau tidaknya perbuatan hal tersebut.

Poin agama ini penting dalam cara mendiidik anak perempuan yang beranjak remaja, karena agama inilah yang nantinya membentengi anak dari pergaulan yang tidak sehat.

2. Cobalah Menjadi Pendengar yang Baik

Bunda harus sadar, selama masuk fase remaja anak perempuan akan semakin sering mengalami gejolak dari dalam dirinya. Bisa berasal dari pergaulan maupun karena faktor pubertas.

Oleh karena itu, jangan kaget jika anak akan lebih banyak bercerita pada ayah maupun bunda tentang apa saja yang ia rasakan.

Bunda harus siap menjadi pendengar yang baik dan tidak boleh langsung menghakimi atau menyalahkan pendapat sang putri. Cukup arahkan dimana bersikap yang benar, supaya anak tidak ragu bercerita kembali di masa depan.

3. Selalu Hormati Privasi Anak

Cara Mendidik Anak Perempuan

Cara mendidik anak perempuan yang beranjak remaja selanjutnya adalah selalu hormati privasi mereka. Tidak jarang, bunda maupun ayah terlalu ingin tahu dengan urusan privasi sang anak, yang justru ini tidak baik untuk dilakukan.

Saat masuk fase remaja, anak perempuan tentu punya beberapa masalah atau kesenangan sendiri yang sejatinya tak ingin orang tahu.

Bunda tidak boleh sampai melebihi batas atau terlalu mencampuri urusan mereka. Bagaimana contohnya? Seperti misalnya membuka HP tanpa izin, masuk kamar tanpa permisi, dan lainnya.

4. Beri Kesempatan Untuk Mengambil Keputusan Sendiri

Sebagai informasi, pada masa beranjak remaja, anak perempuan sejatinya bisa dianggap mandiri. Maka hendaknya jangan bersikap seolah-olah mereka bergantung pada bunda maupun ayah.

Contoh jika anak ingin melakukan suatu hal, jika merasa masih dalam batas wajar, bebaskan saja. Lain jika bunda menganggap sudah berlebihan, silahkan berikan arahan.

Jangan langsung memarahi, biarkan si anak mulai berpikir dari hasil arahan bunda, dan memutuskan kalau memang hal yang ingin dilakukannya salah.

Dalam cara mendidik anak perempuan yang beranjak remaja ini, penting sekali agar mereka bisa memutuskan apa yang baik bagi dirinya.

5. Bertindak Sebagai Teman dan Teladan

Cara Mendidik Anak Perempuan

Oleh karena sudah beranjak dewasa, bunda maupun ayah sudah boleh bertukar pendapat dengan anak. Jadikan anak perempuan sebagai teman, sehingga suatu kedekatan emosional yang lebih erat.

Sesekali, ajak anak untuk keluar bersama misalnya belanja. Selama aktivitas tersebut, tunjukkan hal-hal yang sekiranya bisa menjadi teladan bagi mereka. Entah itu memperlakukan orang lain, dan sebagainya.

6. Memberikan Dorongan dan Motivasi

Anak sudah beranjak remaja biasanya punya impian untuk dilakukan di masa depan. Jika tidak punya, bunda perlu memberikannya motivasi. Dengan begitu, mereka bisa mulai menetapkan langkah di kemudian hari.

Contohnya sederhana seperti ingin melanjutkan studi kemana, jurusan apa, dan sebagainya. Saat anak ternyata sudah punya hobi, bunda maupun ayah tinggal memberi dorongan saja supaya mereka makin semangat untuk mengasah skill tersebut.

Itu dia tadi bagaimana cara mendidik anak perempuan yang beranjak remaja. Walaupun mendidik anak remaja tidak bisa dikatakan mudah, bukan berarti sangat sulit bukan? Bunda bisa mencoba menggunakan cara-cara di atas sebagai referensi.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait