Tips Menggantikan Kata ‘Jangan’ dengan Ucapan Positif untuk Si Kecil: Panduan Parenting Positif

Tips Menggantikan Kata ‘Jangan’ dengan Ucapan Positif/source: scold

Beberapa Tips Menggantikan kata ‘jangan’ dengan ucapan positif kini mulai dibahas dalam dunia parenting, seberapa baikkah pencegahannya?

Sebagai seorang orangtua, kita sering menggunakan kata ‘jangan’ sebagai cara untuk melarang atau mengarahkan anak-anak kita. Namun, tahukah Bunda bahwa ada cara yang lebih positif untuk berkomunikasi dengan si kecil?

Tips Menggantikan Kata ‘Jangan’ dengan Ucapan Positif Dalam Keseharian

Tips Menggantikan Kata 'Jangan' dengan Ucapan Positif
Tips Menggantikan Kata ‘Jangan’ dengan Ucapan Positif/source: Bright horizons

Dalam artikel ini, kita akan membahas menggantikan kata ‘jangan’ dengan ucapan positif untuk si kecil, menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan mereka secara positif.

1. Menggantikan “Jangan Memanjat!” dengan “Mainlah dengan Mainanmu dengan Aman”

Tips menggantikan kata ‘jangan’ dengan ucapan positif pertama yaitu ketika si kecil mulai memanjat meja atau kursi, alihkan perhatian mereka dengan memberikan pilihan yang lebih aman. Misalnya, katakan padanya, “Mainlah dengan mainanmu dengan aman, Nak. Jangan lupa, Bunda selalu di sini untuk membantumu menemukan cara yang aman untuk bermain.”

2. Menggantikan “Jangan Merengek!” dengan “Ayo Ceritakan Perasaanmu”

Tips Menggantikan Kata 'Jangan' dengan Ucapan Positif
Tips Menggantikan Kata ‘Jangan’ dengan Ucapan Positif/source: family law attorney

Ketika si kecil mulai merengek, jangan langsung melarang dengan kata ‘jangan.’ Alihkan perhatiannya dengan mengajaknya berbicara tentang perasaannya. Katakan, “Bunda ingin tahu apa yang membuatmu merengek, Nak. Ceritakan perasaanmu, dan kita akan mencari cara untuk membuatmu merasa lebih baik.”

3. Menggantikan “Jangan Buang Makanan!” dengan “Mari Kita Simpan untuk Nanti”

Bunda, kita sering kali mengatakan “jangan buang makanan” kepada si kecil. Alihkan pandangannya dengan memberi alternatif positif, misalnya, “Mari kita simpan sisa makanan ini untuk nanti. Kita bisa membuat sesuatu yang lezat bersamanya besok.”

4. Menggantikan “Jangan Berisik!” dengan “Mari Berbicara dengan Suara yang Tenang”

Tips menggantikan kata ‘jangan’ dengan ucapan positif selanjutnya yaitu Ketika si kecil terlalu berisik, hindari menggunakan kata ‘jangan’ yang bisa membuatnya merasa dilarang. Gantilah dengan ucapan positif, “Ayo berbicara dengan suara yang tenang, Nak. Bunda ingin mendengar apa yang ingin kamu katakan.”

5. Menggantikan “Jangan Main Air!” dengan “Mari Bermain Air di Bak Mandi”

Jangan hanya melarang si kecil bermain air, tetapi ajaklah mereka untuk bermain di tempat yang aman seperti bak mandi. Katakan, “Ayo, Nak, kita bisa bermain air di bak mandi. Itu akan lebih aman dan menyenangkan!”

6. Menggantikan “Jangan Sentuh!” dengan “Sentuhlah dengan Lembut”

Tips Menggantikan Kata 'Jangan' dengan Ucapan Positif
Tips Menggantikan Kata ‘Jangan’ dengan Ucapan Positif/source: easy gentle parenting

Bunda, ketika si kecil ingin menyentuh sesuatu yang mungkin tidak aman, alihkan perhatian mereka dengan memberikan arahan positif. Misalnya, “Sentuhlah dengan lembut, Nak. Kita bisa menjelajahi dunia ini bersama-sama dengan cara yang aman.”

7. Menggantikan “Jangan Nangis!” dengan “Ayo Ceritakan Mengapa Kamu Merasa Sedih”

Tips menggantikan kata ‘jangan’ dengan ucapan positif terakhir yaitu Ketika si kecil menangis, jangan larang mereka mengekspresikan emosi mereka. Alihkan perhatian dengan mengajaknya berbicara, “Ayo ceritakan mengapa kamu merasa sedih, Nak. Bunda di sini untuk mendengarkan dan membantu.”

Menggantikan kata ‘jangan’ dengan ucapan positif bukan hanya tentang menghindari larangan, tetapi juga memberikan panduan dan dukungan kepada si kecil.

Dengan menggunakan kata-kata yang memberdayakan, Bunda tidak hanya mendidik anak-anak kita dengan cara yang positif, tetapi juga membantu mereka mengembangkan pemahaman tentang dunia di sekitar mereka. Mari bersama-sama menciptakan lingkungan yang positif dan mendukung bagi perkembangan si kecil.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hobi Menulis, Berkarya dan Bermanfaat untuk Dunia

Artikel Terkait