5 Tanda Anak Kekurangan Vitamin D, Jangan Disepelekan!

Anak bunda sering merasa lelah? Atau mudah pusing dalam waktu-waktu tertentu? Jika iya, bisa jadi itu adalah tanda anak kekurangan vitamin D.

Kekurangan vitamin D bisa saja disebabkan karena pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Jika tidak segera ditangani, hal ini akan membawa dampak negatif yang sangat berpengaruh bagi kesehatan anak.

6 Tanda Anak Kekurangan Vitamin D Patut Bunda Waspadai

Vitamin D adalah nutrisi yang diperlukan untuk penyerapan kalsium dan fosfor di dalam tubuh manusia. Untuk anak, vitamin ini sangat penting untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi.

Jika kebutuhan Vitamin D tidak tercukupi, anak akan merasakan beberapa tanda-tanda seperti berikut ini:

1. Mudah Merasakan Lelah

Anak Kekurangan Vitamin D

Sudah istirahat cukup tapi masih merasa lelah? Bisa jadi ini adalah salah satu tanda kekurangan vitamin D pada anak yang perlu bunda ketahui.

Vitamin D diperlukan tubuh untuk menjaga metabolisme tubuh dan energi. Apalagi setiap harinya seseorang pasti memiliki berbagai macam aktivitas yang dapat menguras tenaga.

Kekurangan vitamin D hanya akan membuat badan terasa lemas. Walaupun memiliki tidur yang cukup, akan tetapi masalah ini belum 100% terselesaikan ya.

2. Mudah Sakit

Anak yang mudah sakit biasanya disebabkan karena daya tahan tubuh mulai melemah. Hal ini dikarenakan darah putih yang berperan untuk menjaga ketahanan tubuh tidak dapat berjalan efektif karena tidak didukung oleh vitamin D.

Apabila asupan vitamin D masih kurang terpenuhi, maka sel darah putih tidak bisa melawan bakteri dan penyakit yang melawan tubuh.

Akhirnya anak akan mudah sakit dan tidak memiliki perlindungan apapun sebagai alternatifnya. Maka dari itulah penting untuk menerapkan gaya hidup sehat yang bisa membantu menjaga imun tubuh.

3. Sering Berkeringat Walaupun Aktivitas Ringan

Anak Kekurangan Vitamin D

Tanda-tanda pada anak yang kekurangan vitamin D memang sulit untuk diperhatikan melalui mata telanjang. Akan tetapi gejala awal yang bisa bunda coba perhatikan adalah memperhatikan kondisi anak yang mudah berkeringat.

Kalaupun anak biasa melakukan aktivitas ringan tetapi mudah berkeringat, bisa jadi tanda ini muncul karena kekurangan vitamin D.

4. Pertumbuhan Gigi yang Lambat

Vitamin D memang memiliki peran penting dalam pembentukan tulang dan gigi. Jika anak mengalami gangguan pertumbuhan pada gigi, bisa jadi karena kekurangan vitamin D.

Maka langkah alternatif yang dapat bunda lakukan adalah rutin memberi anak menu makanan sehat seperti telur, susu, keju, dan berbagai macam makanan lain yang kaya akan vitamin D.

5. Masalah Tulang

Tanda-tanda yang cukup berbahaya adalah ketika anak sering mengeluhkan masalah tulang. Hal ini tentunya bukan gejala sepele karena akan sangat berpengaruh bagi kesehatan sang anak.

Kekurangan vitamin D bisa menjadi penyebab utama anak mengalami penyakit serius seperti rakhitis dan osteoporosis.

Maka dari itu sangat diperlukan asupan nutrisi yang cukup guna menjaga pembentukan tulang yang sehat untuk anak.

Apalagi saat usia anak-anak adalah masa dimana harus banyak membutuhkan nutrisi dan gizi yang cukup.

Itulah beberapa tanda anak kekurangan vitamin D yang dapat bunda perhatikan. Agar tidak terjadi penyakit serius, ada baiknya bunda mulai ajarkan anak untuk mengenal pola yang hidup sehat ya.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait