7 Manfaat Memberikan ASI Eksklusif untuk Sang Buah Hati

Ilustrasi Menyusui Foto : Canva

Memberikan ASI Eksklusif untuk sang buah hati merupakan momen yang begitu dinantikan oleh kebanyakan wanita dan seorang ibu. Bahkan sebagian wanita berpendapat bahwa mereka merasa telah menjadi wanita seutuhnya setelah mereka melalui momen melahirkan dan menyusui.

Namun, tak jarang dijumpai juga banyak ibu atau wanita yang merasa bimbang dalam hal menyusui. Ada yang mempunyai ASI melimpah, namun terkendala karena ia adalah seorang pekerja yang harus berada jauh dari anaknya dari pagi hingga sore bahkan malam hari. Ada pula wanita yang mempunyai waktu full untuk anak, tapi tidak bisa memberi ASI eksklusif karena keterbatasan ASI yang diproduksi oleh tubuh.

Mams juga perlu tahu bahwa meskipun Mams bisa menggunakan susu formula sebagai pengganti ASI, susu formula tersebut tidak akan bisa mengimbangi kandungan gizi-gizi terbaik yang dimiliki oleh ASI. Jadi, alangkah lebih baik jika Mams berusaha untuk tetap memberikan ASI kepada si kecil.

Manfaat Pemberian ASI Eksklusif untuk Buah Hati

ASI Eksklusif
Menyusui Foto : Canva

Pemberian ASI Eksklusif kepada sang buah hati memiliki banyak sekali manfaat loh Mams. Kira-kira apa saja ya? Yuk simak penjelasan berikut ini

1. Baik untuk kesehatan bayi

Para ahli mengungkapan bahwa pemberian ASI secara eksklusif dapat memberi dampak yang positif bagi kesehatan bayi. Selain lebih mudah dicerna, kolostrum yang terdapat pada ASI juga dinilai mampu membersihkan usus bayi sehingga kesehatan pencernaanya akan lebih terjaga.

2. Menurunkan resiko kematian

Pemberian ASI Eksklusif dinilai sangat baik untuk kesehatan. Hal tersebut menyebabkan ASI dapat berfungsi untuk meminimalisir angka kematian yang dapat disebabkan oleh penyakit-penyakit yang dapat menyerang anak-anak.

3. Membawa dampak positif ekonomis

Sudah bukan rahasia umum lagi, memberi anak susu formula tentu memerlukan alokasi budget yang cukup tinggi. Jadi, Mams yang bisa memberi ASI eksklusif kepada anak tentu patut bersyukur karena dari segi ekonomipun Mams akan terbantu karena tidak perlu mengalokasikan budget untuk susu formula dalam belanja bulanan.

Belum lagi suplemen atau berbagai peralatan yang harus disiapkan ketika memberi anak susu formula. Jadi, memberi ASI memang pilihan yang paling tepat ya Mams. Selain kandungannya lebih bagus, dari segi ekominipun jauh lebih hemat jika dibandingkan dengan menggunakan susu formula.

4. Membuat anak cerdas

Menurut para ahli, asam lemak yang terkandung dalam ASI memiliki peran penting dalam pembentukan dan perkembangan otak bayi. Selain itu, hubungan emosional yang terjalin antara Ibu dan bayi selama proses menyusui juga dapat memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan kecerdasan bayi.

5. KB alami

Memberikan ASI eksklusif kepada sang buah hati meruapakan salah satu jenis KB alami yang bisa mams gunakan, Namun untuk memberi manfaat yang efektif Mams harus menyusui bayi secara eksklusif kapan pun dia mau, baik siang maupun malam.

6. Mengurangi stress

Menyusui dapat menstimulasi produksi hormon oksitosin yang dapat membuat Mams merasa lebih rileks. Selain itu, menyusui juga lebih praktis karena Mams tidak perlu repot untuk menyeduh susu formula, membersihkan, sterilisasi, dan mengeringkan botol. Dengan begitu, Mams akan memiliki lebih banyak waktu untuk bersantai bersama si kecil.

7. Membantu menurunkan berat badan

berat badan
Menimbang Berat Badan Foto : Canva

Menurut penelitian, sebagian besar wanita mengalami kenaikan berat badan yang cukup tinggi ketika mereka hamil sampai dengan melahirkan. Tak heran perubahan fisik sangat kentara dan mudah sekali terlihak pada wanita yang hamil dan pasca melahirkan. Meski ada juga wanita yang cuek saja dengan keadaan tersebut, namun tak jarang juga loh wanita yang menjadi merasa tidak percaya diri bahkan minder karena kondisi tubuhnya yang melar pasca melahirkan.

Jika Mams adalah salah satunya, maka mengASIhi bisa menjadi salah satu solusi untuk Mams. Selain memberi nutrusi maksimal pada buah hati, menyusui juga bisa mempermudah Mams untuk menurunkan berat badan loh. Jadi, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui ya Mams, hehe. Mams harus merasa beruntung.

Itu dia beberapa manfaat mengenai pentingnya membersi ASI eksklusif untuk si kecil Semoga bermanfaat ya Mams

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait