Ini 7 Jenis Buah untuk Memperbanyak ASI

Ilustrasi Buah Memperbanyak ASI Foto : Canva

Setelah melahirkan, ASI menjadi sumber makanan penting bagi bayi baru lahir hingga enam bulan pertama kehidupannya. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa produksi ASI di tubuh Mams tetap lancar dan cukup.

Nah, Salah satu cara memperbanyak ASI adalah dengan mengkonsumsi makanan yang dapat memperbanyak ASI, Seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

Beberapa jenis buah dan sayur dikenal dapat membantu meningkatkan produksi ASI karena kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh ibu menyusui, sekaligus menyehatkan. Penasaran jenis buah apa saja yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI?  Simak penjelasan berikut ini

Jenis Buah Baik untuk Memperbanyak Produksi ASI

Berikut beberapa jenis buah untuk memperbanyak produksi ASI, yang sebaiknya di konsumsi oleh ibu menyusui

1. Kurma

buah memperbanyak asi
Ilustrasi Buah Kurma : Foto Canva

Kurma dapat membantu dalam memperbanyak produksi asi ibu saat menyusui. Kurma kaya akan karbohidrat, protein, dan serat yang dapat membantu meningkatkan produksi asi. Selain itu, kurma juga mengandung vitamin B, magnesium, dan zat besi yang dibutuhkan oleh ibu yang sedang menyusui.

2.  Pisang

buah memperbanyak asi
Ilustrasi Buah Pisang Foto : Canva

Buah selanjutnya adalah pisang, Buah ini mengandung banyak karbohidrat, protein, dan serat yang dapat membantu meningkatkan produksi asi. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin B, magnesium, dan zat besi yang dibutuhkan oleh ibu yang sedang menyusui.

Untuk mendapatkan manfaat pisang dalam meningkatkan produksi asi, ibu menyusui dapat mengonsumsi pisang secara teratur sebagai bagian dari diet sehat yang teratur. Pisang dapat dikonsumsi dalam berbagai cara, seperti diolah menjadi smoothie, dijadikan topping pada oatmeal, atau dimakan sebagai buah segar

3. Alpukat

buah memperbanyak asi
Ilustrasi Buah Alpukat Foto : Canva

Buah yang dapat memperbanyak ASI selanjutnya adalah alpukat, Buah ini mengandung beberapa nutrisi yang dapat membantu memperbanyak ASI. seperti Vitamin E, Folat dan lemak sehat.

Lemak sehat ini juga dapat membantu menjaga kadar gula darah yang stabil, yang merupakan faktor penting dalam produksi ASI. Selain itu, alpukat juga mengandung kalium, yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI dan membantu menjaga kesehatan jaringan payudara ibu menyusui

4. Pepaya

buah memperbanyak asi
Ilustrasi Buah Pepaya Foto : Canva

Pepaya merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk dapat membantu meningkatkan produksi ASI (Air Susu Ibu) pada ibu menyusui.

Buah pepaya mengandung vitamin A, C, dan E, serta mineral seperti kalium dan magnesium yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu, pepaya juga mengandung serat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan membantu ibu menyusui merasa kenyang lebih lama.

5. Apricot

buah memperbanyak asi
Ilustrasi Buah Apricot Foto : Canva

Buah Apricot merupakan salah satu jenis buah yang dapat membantu dalam memperbanyak produksi asi ibu saat menyusui. Buah apricot mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh ibu menyusui, seperti vitamin A, vitamin C, dan potassium.

Vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan kulit, mata, dan sistem kekebalan tubuh, sementara vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan jaringan ikat. Potassium juga penting untuk menjaga tekanan darah yang normal dan menjaga kesehatan jantung.

6. Bluberry

buah untuk memperbanyak asi
Ilustrasi Buah Blueberry Foto : Canva

Buah blueberry dapat menjadi pilihan yang baik bagi ibu menyusui karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin C, antioksidan, dan serat. Selain rasanya yang enak, buah ini juga kaya akan karbohidrat yang dapat membantu menjaga stamina ibu. Di samping itu, blueberry juga dipercaya dapat menurunkan risiko terjadinya depresi pascamelahirkan.

Dengan mengonsumsi blueberry secara teratur, ibu menyusui dapat memperoleh manfaatnya dalam menjaga kesehatan tubuh dan memperbanyak produksi asi. Hal ini tentunya akan membantu menjaga kesehatan bayi yang baru lahir.

7. Apel

buah memperbanyak asi
Ilustrasi Buah Apel Foto : Canva

Apel merupakan buah yang kaya akan serat, yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Apel juga mengandung banyak kalori dan gula yang dapat membantu meningkatkan energi ibu saat menyusui.

Selain itu Apel juga mengandung serat yang tinggi. Serat yang tinggi dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, sehingga dapat membantu dalam proses penyerapan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh untuk memproduksi ASI

Nah, Demikian beberapa jenis buah-buahan yang bisa dikonsumsi untuk memperbanyak ASI. Namun, perlu diingat ya mams, bahwa buah-buahan tersebut hanya dapat membantu dalam meningkatkan produksi asi. Produksi asi tergantung pada banyak faktor, seperti teknik menyusui yang tepat, frekuensi menyusui, dan kondisi kesehatan Mams sendiri.

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Call me Icha, Seorang Blogger Aktif, Hobi Menulis dan Menyukai Dunia Parenting

Artikel Terkait