Cara Alami Mengeluarkan Dahak pada Bayi Usia 0-12 Bulan, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Flu, pilek, atau infeksi saluran pernapasan bisa membuat si kecil batuk berdahak. Tanda-tanda dahak bisa moms kenali dari adanya bunyi seperti grok-grok pada saat si kecil bernapas. Moms jangan khawatir, karena ada cara alami mengeluarkan dahak pada bayi usia 0-12 bulan.

Cara Alami Mengeluarkan Dahak pada Bayi Usia 0-12 Bulan

Cara Alami Mengeluarkan Dahak pada Bayi Usia 0-12 Bulan,

Dahak adalah lendir yang terdapat pada saluran pernapasan termasuk pada hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Fungsi dahak sebenarnya untuk menjaga saluran pernapasan dari debu atau bakteri lainnya.

Tapi saat si kecil lagi flu atau pilek, tubuhnya akan memproduksi lendir dahak lebih kental. Inilah yang membuat si kecil tidak nyaman karena sulit bernapas.

Apalagi untuk anak usia 0 – 12 bulan belum bisa mandiri mengeluarkan dahak yang mengganggu pernapasannya. Nah, berikut langkah-langkah yang bisa moms lakukan untuk membantu mengeluarkan dahak si kecil secara alami.

1. Hindari si Kecil Dehidrasi

Moms perlu menjaga asupan ASI si kecil saat sedang flu atau pilek. Jangan sampai si kecil mengalami dehidrasi.

Menjaga si kecil tetap terhidrasi dengan asupan ASI atau cairan lainnya bisa membantu mempercepat meredakan dahaknya. Sehingga cairan dahak yang menumpuk bisa mudah keluar.

Kandungan nutrisi pada ASI bisa membantu si kecil melawan kuman penyebab flu, pilek atau batuk. Kalau ini sudah sembuh, maka dahak si kecil juga perlahan akan membaik dan kembali normal.

2. Mandikan dengan Air Hangat

Saat si kecil lagi berdahak, coba mandikan dengan air hangat. Ini merupakan cara tradisional yang sering dilakukan.

Memandikan si kecil dengan air hangat bisa membantu menghilangkan bunyi grok-grok akibat dahak pada saluran pernapasannya.

Air hangat bisa membantu melegakan saluran pernapasan si kecil yang tersumbat dahak. Dengan memandikan air hangat, ini salah satu cara alami mengeluarkan dahak pada bayi.

3. Berikan Pijatan pada Tubuh Bayi

Cara Alami Mengeluarkan Dahak pada Bayi Usia 0-12 Bulan,

Pijatan lembut pada bagian dada bayi juga bisa membantu mengeluarkan dahak pada bayi secara alami lho moms.

Dengan memijat, lendir yang nyangkut pada saluran pernapasan akan mudah keluar. Si kecil pun tidak lagi sulit bernapas karena dahak yang menganggu.

Selain memijat, moms juga bisa menepuk-nepuk pelan punggung bayi. Caranya, gendong bayi dalam posisi tegak.

Kemudian tepuk-tepuk punggungnya secara lembut. Cara ini bisa mengeluarkan dahak yang menumpuk pada pernapasannya.

4. Meninggikan Posisi Kepala Bayi saat Tidur

Saat si kecil berbaring, lendir dahak akan menyumbat saluran hidungnya. Posisi ini akan semakin menyulitkan si bayi untuk bernapas.

Untuk itu, moms perlu meninggikan posisi kepala si kecil saat tidur dengan cara menopang kepala si kecil dengan bantal agar posisi kepalanya lebih tinggi. Posisi ini akan melegakan hidung tersumbat yang dialami si kecil sehingga tidurnya lebih nyenyak.

5. Hindarkan Bayi pada Asap Rokok

Asap rokok memang seharusnya jadi musuh bagi si kecil, apalagi kalau usianya masih 0 – 12 bulan.

Terlebih lagi saat si kecil lagi flu dan batuk berdahak, moms perlu perhatikan agar si kecil tidak menghirup asap rokok.

Mencium asap rokok bisa memperparah penyakit yang dialami si kecil. Jadi sebisa mungkin anak terhindar dari asap berbahaya tersebut.

Nah itu dia 5 cara alami mengeluarkan dahak pada bayi yang bisa moms lakukan. Cara-cara alami ini cukup mudah dilakukan karena tidak perlu alat tertentu. Share artikel ini ke moms lainnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait