Cara Agar Anak Mandiri di Sekolah, Berani Ditinggal Bunda di Hari Pertama Sekolahnya

Bagaimana cara agar anak mandiri di sekolah? Anak menangis, teriak-teriak sampai enggan ditinggal orang tuanya di hari pertama sekolah memang wajar ya bund.

Hal ini terjadi karena mereka belum terbiasa dengan lingkungan dan tempat baru sehingga perlu adaptasi. Dan sebagai orang tua, bunda juga perlu belajar bagaimana mengatasinya. Ketimbang bingung yuk simak tips dibawah ini.

Cara Agar Anak Mandiri di Sekolah

Cara Agar Anak Mandiri di Sekolah

Saat si kecil mulai rewel dan tidak mau ditinggal pada hari pertama sekolahnya memang bikin tensin dan panik. Namun, melakukan beberapa cara ini bawah ini mungkin akan sedikit membantu:

1. Boleh Ditunggu, Namun Jangan Keseringan

Di minggu pertama anak sekolah mungkin masih boleh nih bunda ada disampingnya dari dari berangkat sampai pulang.

Jika langsung ditinggal dan mental anak belum siap akan menjadikan si kecil tidak nyaman sehingga rewel sepanjang pelajaran.

Nah, di minggu berikutnya bunda masih boleh menunggu si kecil namun dari jarak yang cukup jauh. Di tahap ini, bunda harus sedikit tegas untuk tidak langsung menolong anak jika ia kebingungan mencari bunda.

Lalu ketika anak sudah merasa nyaman dan punya teman baru, bunda bis mulai meninggalkan si kecil sendirian.

Ingat ya Bun, demi melatih kemandiriannya bunda harus hilangkan sedikit rasa khawatir dan percayakan kepada guru selaku orang kedua anak di sekolah.

2. Hindari Pergi Diam-diam

Masih terkait dengan yang sebelumnya, jangan pernah pergi diam-diam di hari pertama anak sekolah dan belum mau ditinggal.

Karena hal ini akan membuat kepercayaan anak hilang dan bakal lebih lengket dengan bunda karena takut ditinggal.

Nah, cara yang bisa bunda lakukan adalah tetap berada disampingnya sembari mengajak anak untuk mengenali lingkungan dan berteman dengan teman baru.

Ajak ia sibuk dengan hal baru yang tidak banyak melibatkan ibu di dalamnya. Jika ia sudah merasa nyaman dan banyak teman, maka akan mudah ibu untuk meninggalkan di kecil di sekolah.

3. Libatkan Guru

Agar anak jauh lebih mandiri, bunda juga bisa lho libatkan guru si kecil di sekolah. Bunda bisa mulai dengan menjelaskan tentang apa yang anak suka, apa yang ditakutkan sampai masalah barang atau makanan kesukaan.

Meskipun sederhana, hal ini akan membuat anak lebih merasa nyaman sehingga ia bisa lebih percaya diri ketika tidak ada orang tuanya.

4. Berikan Pemahaman

Cara Agar Anak Mandiri di Sekolah

Saat berada di rumah, bunda bisa pelan-pelan memberikan pemahaman kepada si kecil tentang sekolah tanpa harus ditunggu orang tua.

Jelaskan juga bahwa sekolah adalah tempat ia banyak belajar hal baru, tempat bermain dan menemukan teman baru. Sehingga ia tak perlu khawatir akan terjadi apa-apa meskipun tidak ada bunda di sana.

Tanyakan juga kenapa anak ingin bunda selalu menemanya. Jika ia merasa takut akan suatu hal entah karena guru atau temannya bisa langsung dicarikan solusi.

5. Bawa Barang yang Anak Suka Ke Sekolah

Terakhir, bunda bisa bawakan barang atau mainan yang anak suka ke sekolah. Dengan demikian, hal ini akan memberikan anak rasa nyaman karena seolah berada di rumah nya sendiri.

Selain itu, bunda juga bisa bawakan di kecil snack dari makanan yang ia sukai. Ajarkan juga ia untuk sharing dengan teman lain agar proses adaptasinya semakin lancar.

Demikian bun cara mengajarkan anak mandiri di sekolah agar tidak terus ketergantungan dengan bunda. Bagaimana, apakah membatu?

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait