7 Daftar Biaya Persalinan Rumah Sakit di Bandung, Dari yang Murah Sampai yang Paling Mahal

Memasuki trimester ketiga kehamilan, apakah sudah mempersiapkan perlengkapan persalinan? Jika belum, harus segera melengkapinya ya. Selain itu, jika Bunda tinggal di kota Bandung harus tahu daftar biaya persalinan rumah sakit di Bandung jauh-jauh hari lho, tujuannya agar nanti tidak repot saat mendekati waktu persalinan.

Memilih tempat bersalin juga sebaiknya sudah dilakukan dari sejak trimester awal. Kalau bisa, di tempat Bunda biasa melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin.

Sehingga Bunda bisa tahu, berapa biaya yang harus dikeluarkan dan dokter atau bidan yang memeriksa kandungan Bunda sudah mengetahui Riwayat Kesehatan Bunda selama kehamilan.

Daftar Biaya Persalinan Rumah Sakit di Bandung

Sebagian ibu hamil mungkin memilih rumah sakit sebagai tempat bersalin. Tapi ada pula yang memilih klinik bersalin sebagai tempat untuk melahirkan.

Nah, untuk Bunda yang sebentar lagi mempersiapkan persalinan, berikut daftar biaya persalinan rumah sakit di Bandung :

1. Rumah Sakit Kebon Jati Bandung

Biaya Persalinan Rumah Sakit di Bandung

Rekomendasi pertama adalah Rumah Sakit Kebon Jati Bandung. Rumah sakit Kebon Jati sendiri telah didirikan di tahun 1943 oleh komunitas warga Tionghoa.

Disini, bunda bisa memilih persalinan dengan biaa mulai dari Rp6.500.000 saja lho. Nah, bagi Bunda yang lokasi rumahnya tidak jauh dari rumah sakit ini, Rumah Sakit Kebon Jati Bandung bisa banget dijadikan pilihan termpat bersalin terdekat.

2. RSIA Humana Prima

Biaya Persalinan Rumah Sakit di Bandung

Rumah Sakit Ibu dan Anak Humana Prima termasuk salah satu rekomendasi rumah sakit swasta dengan melayani pemeriksaan kandungan dan bersalin. Biaya persalinan rumah sakit di Bandung ini ada di kisaran mulai dari Rp6.000.000 – Rp12.000.000.

Sedangkan untuk persalinan Caesar, biayanya berkisar antara Rp10.000.000-Rp20.000.000. Namun bunda juga perlu tahu, kemungkinan biaya ini belum termasuk tindakan lain dan biaya perawatan.

3. Rumah Sakit Edelweiss Hospital

Biaya Persalinan Rumah Sakit di Bandung

Jika Bunda memilih rumah sakit Edelweiss Hospital, biaya persalinan yang harus dibayarkan untuk persalinan normal di sini adalah dari Rp9.400.000.

Sedangkan untuk biaya persalinan Caesar, harganya dari Rp15.000.000, namun bisa berubah tergantung pada kondisi ibu dan bayi.

Rumah sakit ini melayani layanan Kesehatan dan persalinan selama 24 jam, sehingga efektif untuk dijadikan rujukan saat keadaan darurat.

4. Rumah Sakit Hermina Arcamanik

Rumah Sakit Hermina Arcamanik

Untuk Bunda yang alamatnya tidak jauh dari RS Hermina Arcamanik, dapat menetapkan pilihan bersalin di rumah sakit ini.

Biaya rumah sakit di RS Hermina Arcamanik cenderung tidak jauh berbeda dari rumah sakit lainnya, dengan biaya persalinan normal di kisaran Rp7,5 jutaan. Sedangkan untuk persalinan Caesar mulai dari Rp17 jutaan saja.

5. RSU Pindad Bandung

Biaya Persalinan Rumah Sakit di Bandung

Ketimbang empat rumahsakit sebelumnya, biaya persalinan rumah sakit di Bandung tepatnya di RSU Pindad Bandung cenderung lebih terjangkau .

Bayangkan saja, untuk biaya persalinan normal, rumah sakit ini memasang harga mulai dari Rp2 jutaan saja. Namun kembali lagi,  biaya ini belum termasuk tindakan lainnya apabila diperlukan.

6. Rumah Sakit Kartini

Biaya Persalinan Rumah Sakit di Bandung

Tak kalah terjangkau dari sebelumnya, kali ini ada Rumah Sakit Kartini yang bisa bunda pilih untuk proses persalinan.

Biaya bersalin di rumah sakit ini hanya sekitar Rp2,5 jutaan untuk bunda yang ingin melakukan persalinan normal. Sementara jika melakukan Tindakan Caesar, maka kisaran biaya yang diperlukan sekitar Rp8 jutaan ke atas.

7. RS St. Borromeus

Biaya Persalinan Rumah Sakit di Bandung

Terakhir ada RS St. Borromeus yang jadi rekomendasi terakhir untuk rumahsakit bersalin di Kota Bandung.

Untuk Bunda yang memilih persalinan secara normal di rumahsakit ini , maka kisaran biaya yang perlu dipersiapkan antara Rp6,5 jutaan sampai Rp27 jutaan. Sementara itu, pada persalinan Caesar biaya yang diperlukan mulai dari Rp14 jutaan hingga Rp47 jutaan.

Bagaimana, Biaya persalinan rumah sakit di Bandung yang telah dibahas di atas apakah sudah sesuai dengan budget yang Bunda persiapkan?

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait