Bayi Tidak Mau Menyusu? Bisa Jadi Karena 7 Alasan ini, Yuk Segera Cari Solusinya

Si kecil tiba-tiba mogok tidak mau minum ASI? Wah, jangan dibiarkan terlalu lama ya bun. Segera cari penyebab mengapa bayi tidak mau menyusu dan mencari solusinya.

Selama belum mengenal makanan, ASI adalah kebutuhan utama bayi yang harus benar-benar bunda perhatikan. Namun jika tiba-tiba si kecil mogok hingga stop minum ASI, bisa jadi ada masalah serius yang mungkin sedang ia alami.

Penyebab Mengapa Bayi Tidak Mau Menyusu

Bayi Tidak Mau Menyusu

Posisi menyusui yang kurang tepat dan masalah pada puting payudara adalah salah satu alasan mengapa bayi melakukan nursing strike atau tidak mau menyusu. Namun jika ini bukan alasannya, mungkin saja karena beberapa faktor dibawah ini:

1. Produksi ASI Bunda Menurun

Nursing strike bisa disebabkan karena produksi ASI bunda semakin menurun hingga si kecil merasa rungsing atau frustasi.

Produksi ASI yang menurun ini bisa disebabkan karena kelelahan, stres atau ada gangguan penyakit lain.

Agar produksi ASI kembali lancar, bunda bisa rutin untuk konsumsi makanan sehat, banyak minum air putih dan jaga stres dengan baik.

Jam tidur juga harus dijaga ya Bun, usahakan untuk tidur yang cukup karena ini juga berpengaruh.

2. Rasa ASI Tak Seperti Biasanya

Si kecil mogok ASI juga bisa disebabkan karena rasa susu ibu yang berubah tak seperti biasanya. Hal ini bisa saja terjadi karena adanya pengaruh hormon, menstruasi, pengaruh pil KB hingga salah konsumsi makanan.

Tak hanya itu, faktor bayi berhenti menyusu juga bisa jadi karena bunda menggunakan wangi-wajan yang menyengat. Karena indera penciuman bayi masih tajam, hal ini tentu akan sangat mengganggu kegiatan menyusunya.

3. Bayi Baru Tumbuh Gigi

Bayi Tidak Mau Menyusu

Penyebab lain mengapa bayi tidak mau menyusu adalah karena ia sedang dalam fase tumbuh gigi. Biasanya fase ini terjadi pada anak usia 6-12 bulan dengan gejala gusi sakit, sering rewel hingga demam.

Nah, jika ini adalah penyebabnya, hal yang bisa bunda lakukan adalah meredakan rasa sakit dengan cara mengompres gusi dengan handuk dan air dingin.

Jika menyebabkan anak demam, segera berikan obat pereda demam atau konsultasikan dengan dokter jika memungkinkan.

4. Flu Atau Hidung Tersumbat

Flu atau hidung tersumbat juga jadi penyebab kenapa bayi enggan menyusu. Hidung tersumbat biasanya akan membuat bayi kesulitan bernafas hingga menjadi tantrum dan rasa tidak nyaman.

Jika gejala flu pada bayi ini masih terbilang ringan, maka bunda bisa mengatasinya sendiri di rumah.

Namun, jika dalam beberapa hari tidak menunjukkan penurunan gejala, maka bisa lakukan pemeriksaan ke dokter anak agar dapat penanganan yang tepat.

Karena pilek hingga sebabkan sesak nafas pada bayi bisa jadi indikasi penyakit serius salah satunya pneumonia.

5. Fokus Bayi Sedang Teralihkan

Saat masih newborn, fokus bayi memang hanya menyusu ke ibu. Namun setelah usianya bertambang, bayi akan sering kehilangan fokus hingga tidak mau menyusu karena sudah bisa melihat hal-hal menarik di sekilingnya.

Selain itu, bayi yang masih dalam keadaan mengantuk juga jadi penyebab nursing strike lho bun. Oleh karena itu, pastikan jam-jam mengASIhi sesuai dan tidak tabrakan dengan jam tidur si kecil.

6. Bayi Sedang Sakit

Bayi Tidak Mau Menyusu

Mogok menyusu pada anak juga bisa disebabkan karena anak kehilangan rasa nyaman selama ia sakit.

Selain flu, gangguan kesehatan lain seperti sariawan, kolik dan infeksi telinga bisa jadi penyebab kepada anak.

Tak hanya mogok ASI, si kecil biasanya juga akan sering rewel karena belum bisa mengugkapkan apa yang ia mau.

7. Kelainan Kongenital

Bayi terus-terusan tidak mau menyusu dan tidak menunjukkan semua gejala disebutkan diatas? Jika iya, bisa jadi si kecil sedang menghadapi kelainan kongenital atau cedera saat proses persalinan.

Patah tulang bahu adalah jenis cedera yang mungkin dialami bayi yang kemudian menyebabkan ia mengalami nursing strike atau mogok minum ASI.

Itulah 7 alasan kenapa bayi tidak mau menyusu yang perlu segera bunda cari solusinya. Intinya, jangan tunggu terlambat agar tidak terjadi hal-hal buruk di kemudian hari.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait