8 Manfaat Mengajak Anak ke Kebun Binatang, Bermain Sambil Belajar Tentang Alam dan Satwa

Bukan sekedar liburan, ternyata membawa dampak positif lho bun. Mengingat kebun binatang bisa menjadi tempat seru yang tak hanya menyenangkan namun juga edukatif.

Namun, apakah di kebun binatang anak-anak hanya bisa melihat fauna yang beragam? Tentu saja tidak bunda.

Karena selain itu masih banyak lagi manfaat mengajak anak-anak pergi ke sana diantaranya sebagai berikut:

Mengenal Kehidupan Alam Liar Secara Langsung

Manfaat mengajak anak ke kebun binatang

Beda dengan liburan ke tempat lain, kebun binatang memberikan media edukasi dimana anak-anak bisa sekaligus mengenal kehidupan alam liar secara langsung.

Pastinya, di kebun binatang terdapat banyak pilihan satwa liar bukan? Bahkan yang belum pernah dilihat oleh si kecil termasuk jerapah, gajah, dan lainnya.

Bisa Bermain Sambil Belajar-Manfaat Mengajak Anak ke Kebun Binatang

Manfaat mengajak anak ke kebun binatang lainnya adalah mereka bisa bermain sambil belajar. Pasalnya, dengan melihat satwa-satwa di sana, anak-anak dapat belajar nama-namanya sekaligus.

Selain itu, bunda pun dapat menjelaskan tentang satwa yang mereka lihat misalnya tentang habitat atau makanannya. Dengan begitu, si kecil mendapatkan informasi tambahan dan membuatnya makin pintar.

Meningkatkan Kemampuan Bahasa

Manfaat mengajak anak ke kebun binatang

Apa hubungannya pergi ke kebun binatang dengan peningkatan kemampuan bahasa anak?

Begini bunda, selama mengelilingi kebun binatang tentu anak melihat banyak satwa bukan? Di sini peran bunda adalah menjelaskan tentang nama satwa tersebut.

Sementara anak bisa belajar menghafal nama-nama hewan yang dilihatnya sehingga dapat menambah kosa kata bahasanya.

Apalagi jika kebetulan si kecil sudah bisa membaca. Tuntun mereka untuk membaca informasi yang biasanya ditulis di kandang satwa.

Sebagai Cara Menyenangkan untuk Olahraga

Jika bunda merasa si kecil cukup susah diajak bergerak untuk olahraga, mengajaknya berlibur ke kebun binatang adalah pilihan terbaik.

Biasanya, lingkungan kebun binatang sangat luas bukan? Maka bunda dan si kecil harus jalan kaki mengitari setiap lokas hewan. Maka ini adalah cara jitu, mengajak anak olahraga dengan suasana menyenangkan.

Mempererat Ikatan Keluarga

Manfaat mengajak anak ke kebun binatang

Merasa kurang dekat dengan anak karena sibuk pekerjaan dan lain-lain? Mengajaknya liburan ke kebun binatang adalah solusi yang tepat.

Ini adalah cara supaya bunda atau ayah punya ikatan yang kuat dengan anak. Bukankah tidak ada yang lebih menyenangkan selain menghabiskan waktu dengan orang yang disayang?

Anak Belajar Mematuhi Aturan

Seperti tempat wisata pada umumnya, kebun binatang juga memiliki sejumlah aturan khusus yang harus dipatuhi oleh pengunjung.

Di sini, anak-anak bisa sekaligus belajar bagaimana mematuhi aturan tersebut. Contohnya tidak membuang sampah sembarangan, menyentuh hewan, atau memberi makan hewan yang tidak dianjurkan.

Belajar Mengendalikan Rasa Takut Terhadap Hewan di Kebun Binatang

Manfaat mengajak anak ke kebun binatang

Seperti yang diketahui, di kebun binatang terdapat banyak sekali satwa dengan beragam bentuk dan ukuran.

Saat si kecil melihatnya, otomatis mereka bisa sekaligus belajar bagaimana mengendalikan rasa takut.
Caranya mudah sekali, contohnya bunda bantu saja si kecil untuk memberikan makan hewan-hewan tersebut.

Selain itu, coba dengan berfoto bersama satwa walaupun bunda tetap harus mendampinginya supaya lebih aman.

Menghilangkan Stres dan Kebosanan

Siapa bilang stres hanya dirasakan oleh orang dewasa saja? Anak bunda juga rentan mengalaminya lho.

Pergi bersama anak bisa berdampak pada hilangnya rasa bosan dan stres dengan rutinitas keseharian. Jadi baik bunda maupun si kecil bisa rileks kembali.

Ternyata banyak juga manfaat mengajak anak ke kebun binatang ya bunda. Maka, jangan ragu untuk mencobanya jika memang memungkinkan. Pastikan anak dalam kondisi baik sebelum berangkat supaya makin menyenangkan.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait