6 Manfaat Jahe Untuk Ibu Menyusui, Lancarkan Asi Hingga Redakan Nyeri Pasca Operasi

MengASIhi adalah momen dimana bunda butuh banyak nutrisi yang didapat dari berbagai bahanan makana sehat salah satunya jahe. Meskipun masuk dalam kategori rempah, manfaat jahe untuk ibu menyusui ternnyata banyak banget lho bun.

Apa saja manfaat yang dimaksud? Bunda bisa cek selengkapnya di bawah ini.

Manfaat Jahe Untuk Ibu Menyusui

manfaat jahe untuk ibu menyusui

Sampai sekarang, jahe banyak dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh, penekan nafsu makan, hingga mengatur berat badan secara ideal. Khusus busui, jahe memiliki beberapa manfaat seperti:

1. Mempercepat Proses Pemulihan Pasca Persalinan

Sebelum mulai fase menyusui, bunda pasti harus melewati masa persalinan bukan? Nyatanya, konsumsi jahe terbukti dapat mempercepat proses pemulihan persalinan lho.

Tidak sedikit para bunda yang mengeluhkan kondisi pasca persalinan yang begitu menyiksa. Faktanya, jahe akan membantu pemulihan setelah persalinan lebih cepat, karena kandungan vitamin di dalamnya.

2. Meningkatkan Jumlah ASI

Banyak penelitian yang membuktikan jika jahe dapat meningkatkan produksi ASI (Air Susu Ibu).

Hanya saja, para ahli laktasi Hilary Jacobson mengungkapkan jika para ibu yang kehilangan banyak darah saat persalinan dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi jahe pada awal postpartum.

Pasalnya, jahe diketahui mampu meningkatkan resiko pendarahan yang bisa berakibat fatal. Sebaliknya, konsumsi jahe setelah melewati post partum untuk hasil terbaik.

3. Jahe Efektif Untuk Meredakan Mual

Bunda pernah mual parah saat masuk fase menyusui? Jangan salah, kondisi semacam ini juga ada lho, bukan hanya masa hamil saja.

Jika memang bunda mengalami masalah mual selama menyusui, jahe bisa mengatasi keluhan tersebut.

Kandungan yang terdapat pada jahe diketahui mampu melawan mual sekaligus mencegah gejala muntah di pagi hari.

Selain itu, jahe dikenal punya aroma menenangkan, sehingga mood bunda juga ikut naik selama menyusui.

4. Mengatasi Gangguan Pencernaan

manfaat jahe untuk ibu menyusui

Manfaat konsumsi jahe untuk ibu menyusui berikutnya adalah dapat mengatasi gangguan pencernaan.

Seperti yang diketahui, selama masa menyusui, cukup banyak keluhan pencernaan yang dialami para bunda. Ada yang merasakan sembelit, perut kembung, begah, dan masalah pencernaan lainnya.

Untuk mengatasinya, bunda bisa minum rebusan jahe dengan tujuan meningkatkan kemampuan organ tubuh dalam menyerap makanan menjadi lebih baik.

Jahe bahkan mampu meningkatkan nafsu makan dan membantu membuat bunda lebih bersemangat untuk menyusui.
Mengatasi Gangguan Pernapasan

Apakah bunda menderita pilek atau hidung tersumbat pada masa menyusui? Ternyata, jahe dapat mengatasi keluhan tersebut.

Bunda hanya perlu minum air rebusan jahe untuk melegakan pernapasan. Bahkan, cara ini juga boleh dipergunakan saat bunda masih hamil.

Daripada beli obat flu yang belum tentu aman, jahe dapat melawan gangguan pernapasan sekaligus melawan alergi lingkungan.

5.  Jahe Dapat Mengurangi Peradangan

Siapa sangka, jahe pun ternyata bisa mengurangi terjadinya peradangan lho bunda. Peradangan yang dimaksud seperti apa sih? Kondisi seperti nyeri sendi dan otot yang parah sudah bisa dikategorikan sebagai peradangan.

Apabila merasakan gejala tersebut, cobalah atasi dulu dengan obat rumahan seperti minum air rebusan jahe.

Pasalnya, jahe disebut mengandung zat anti inflamasi terbaik yang cocok digunakan para ibu menyusui untuk mengurangi peradangan.

6. Menurunkan Kadar Gula Darah

Apakah bunda memiliki riwayat diabetes tipe 2? Pada masa menyusui, bunda tetap harus mengontrol kadar gula darah lho, agar tidak terjadi sesuatu yang membahayakan.

Jahe bisa membantu mengontrol kadar gula dalam darah secara alami. Pasalnya, kandungan di dalam jahe dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah para ibu menyusui tanpa mengganggu kesehatan si kecil.

Itu dia tadi beberapa manfaat konsumsi jahe untuk ibu menyusui. Setelah mengetahui banyaknya manfaat tersebut, seharusnya bunda bisa lebih rajin minum rebusan jahe setiap hari.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait