7 Vitamin Untuk Promil yang Ampuh Tingkatkan Kesuburan

Ilustrasi konsumsi vitamin untuk promil foto : canva

Pada saat merencanakan kehamilan, menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh menjadi sangat penting. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesuburan seperti menjaga pola makan yang sehat, olahraga, dan mengonsumsi vitamin untuk promil, dan Biasanya, Mams disarankan untuk mulai mengkonsumsinya sekitar 2-3 bulan sebelum mencoba untuk hamil.

Mineral dan Vitamin untuk Promil Paling Ampuh

Menurut penelitian National Library of Medicine, konsumsi vitamin kesuburan dapat meningkatkan peluang hamil dalam waktu yang lebih singkat. Beberapa vitamin yang baik untuk dikonsumsi selama program hamil (promil) adalah:

1. Asam Folat

Vitamin untuk promil yang pertama adalah Asam folat alias vitamin B9, Ini sangat penting dikonsumsi sebelum dan selama promil. Vitamin ini membantu mengurangi risiko cacat saraf pada bayi dan juga meningkatkan tingkat kesuburan. Mengonsumsi 400 mikrogram asam folat setiap hari sangat dianjurkan untuk semua wanita, bahkan yang tidak dalam masa promil. Bagi yang sedang berjuang untuk hamil, sebaiknya mengonsumsinya hingga 1 mg setiap hari. Asupan asam folat bisa didapat dari suplemen atau makanan seperti sayuran, buah, atau kacang-kacangan seperti bayam, brokoli, pisang, tomat, buah bit, dan lain-lain.

2. Vitamin E

vitamin untuk promil
Vitamin untuk promil foto : canva

Vitamin untuk promil berikut adalah Vitamin E nutrisi penting untuk ovarium dan sangat efektif untuk meningkatkan kesuburan. Memperbaiki sel dan kualitas sel telur sangat penting untuk meningkatkan peluang cepat hamil. Makanan yang kaya akan vitamin E antara lain minyak biji gandum, alpukat, almond, dan biji bunga matahari. Konsumsi suplemen vitamin E juga bisa membantu mendukung kualitas sel telur.

3. Vitamin D

Vitamin D juga salah satu vitamin untuk promil yang sangat penting untuk pengembangan hormon yang sehat dan menjadi nutrisi penting untuk mempersiapkan kehamilan nanti. Kekurangan vitamin D juga dapat meningkatkan risiko endometriosis dan masalah ovulasi. Asupan vitamin D bisa didapat dari sinar matahari pagi atau makanan seperti minyak ikan cod, susu, tuna, sereal, hati sapi, atau salmon.

4. Koenzim Q10 (CoQ10)

CoQ10 membantu mengoptimalkan kualitas ovum hingga menebalkan lapisan rahim dan meningkatkan kesuburan terutama bagi wanita di atas 40 tahun. Banyak makanan yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan CoQ10, di antaranya stroberi, mackerel, sarden, hati sapi, kembang kol, dan sebagainya.

5. Selenium

Selenium dikenal sebagai nutrisi penting untuk promil yang ampuh untuk kesuburan dan kehamilan karena kaya akan antioksidan. Mineral ini membantu folikel rahim agar lebih sehat, sehingga ovum dapat berkembang lebih baik.

6. Zat Besi

Zat besi sangat penting untuk dikonsumsi selama program hamil karena kurangnya asupan zat besi dapat menyebabkan anovulasi atau ketidakmampuan indung telur untuk melepaskan sel telur yang sudah matang. Kekurangan zat besi juga dapat menurunkan konsentrasi sel darah merah dan membuat sel telur dalam indung telur melemah, sehingga mengalami penurunan kualitas atau bahkan mati. Selain itu, kekurangan zat besi juga dapat menyebabkan janin tidak tumbuh dengan baik dalam kandungan.

7. Zinc

Selain vitamin untuk promil, mineral seperti zinc juga penting untuk dikonsumsi selama program hamil, terutama untuk pria yang mengalami masalah kesuburan. Zinc dapat meningkatkan kadar hormon testosteron dan jumlah sel sperma yang diproduksi pada pria. Pemberian suplemen zinc pada pria juga dapat meningkatkan motilitas sperma dan jumlah sperma berbentuk normal secara signifikan. Oleh karena itu, zinc dapat membantu meningkatkan kesuburan pada pria.

Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh adalah kunci untuk meningkatkan kesuburan. Mengonsumsi vitamin untuk promil yang tepat seperti asam folat, vitamin E, vitamin D, CoQ10, dan selenium dapat membantu meningkatkan peluang hamil dalam waktu yang lebih singkat. Jangan lupa selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi, Semoga bermanfaat

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait