5 Tips Memilih Baju Bayi Baru Lahir yang Aman

Ilustrasi Memilih Baju Bayi Foto : Shutterstock

Salah satu kegiatan yang paling di tunggu-tungu dan menyenangkan saat menanti kelahiran buah hati adalah berbelanja kebutuhan baju bayi baru lahir, Bahkan perlengkapan baju ini sudah harus mams siapkan sebelum bayi lahir.

Memilih baju bayi baru lahir memang cukup menyenangkan karena mams akan melihat berbagai model dan warna yang menarik. Namun ada beberapa hal dan faktor yang harus mams perhatikan selain motif dan warnanya yang lucu, yaitu : model, ukuran dan bahan, Karena bahan baju akan bersentuhan langsung dengan kulit bayi baru lahir yang masih sensitif,

Tips Memilih Baju Bayi Baru Lahir

Selain memilih bahan yang tepat yang berguna untuk kulit bayi, Mams juga harus bisa mempertimbangkan ukuran dan model agar si bayi merasa nyaman saat memakai baju, Nah, berikut ini beberapa tips memilih baju bayi baru lahir yang bisa mams coba :

1. Memilih Bahan yang Lembut

Seperti yang sudah dijelaskan seblumnya, Bahwa bayi baru lahir memiliki kulit yang sensitif Hal ini membuat kulit bayi cenderung lebih mudah iritasi dan kemerahan jika terkena bahan kimia atau zat berbahaya yang berasal dari bahan baju. Oleh karena itu, penting bagi mams untuk memilih baju bayi baru lahir yang terbuat dari bahan katun yang lembut dan mampu menyerap keringat dengan baik.

2. Pilih Model yang Simpel

Memilih Baju Bayi Foto
Ilustrasi Memilih Baju Bayi Foto : Shutterstock

Meskipun kini banyak baju bayi yang modelnya unik dan menarik saat digunakan, sebaiknya mams tetap menghindari jenis baju yang seperti ini, tetap pilih baju yang simple tanpa banyak aksesoris, karena hal ini akan mengurangi rasa kenyamanan bayi saat memakai baju

3. Sesuaikan dengan Kebutuhan Bayi

Saat membeli pakaian, hindari membeli terlalu banyak baju karena bayi akan tumbuh dengan cepat, dan pakaian yang sudah Mams beli bisa jadi tidak nyaman lagi untuk dipakai dalam waktu lama. Seperti contoh, bayi baru lahir hanya memerlukan beberapa baju dan popok. Setelah si Kecil tidak lagi memerlukan popok, Ibu bisa mulai membeli celana bayi.

4. Pilih Baju yang Mudah di Buka dan di Lepas

Karena bayi suka bergerak kesana-kesini, Mams wajib memilih baju yang mudah di buka dan dilepas seperti baju bayi yang terdapat bukaan resleting atau kancing di bagian depan, sedangkan untuk memudahkan mengganti popok atau pampers, mams bisa memilih baju bayi dengan bukaan di bagian bawah yang memiliki kancil klip seperti bodysuit dan jumper, Selain memberikan kenyamanan pada si Bayi, cara ini juga bisa memudahkan Mams jika harus mengganti baju si kecil

5. Pilih Ukuran yang Sedikit Besar

Seperti yang kita tahu, Setiap bayi tumbuh dengan berat badan yang berbeda meskipun usianya sama, Misalnya, bayi berusia 3 bulan bisa saja memakai baju untuk bayi usia 5 bulan karena berat badannya yang cenderung besar,  Pertumbuhan bayi juga sangat cepat, agar baju yang mams beli tidak mubadzir dan bisa lama dipakai, sebaiknya mams harus teliti dan cermat dalam menentukan ukuran baju bayi.

Mencuci Pakaian Bayi

Setelah mams membeli baju untuk bayi, Hal lain yang perlu mams perhatikan adalah memilih dan mencuci baju bayi baru lahir dengan tepat agar si Kecil terhindar dari masalah kesehatan, terutama masalah pada kulit. Sebaiknya hindari deterjen kuat dan pelembut pakaian, Mams dianjurkan untuk menggunakan deterjen khusus bayi.

Nah, Demikian tips tentang memilih baju bayi baru lahir dengan tepat. Ini merupakan kegiatan yang wajib mams ketahui agar si Kecil terhindar dari masalah kesehatan, terutama masalah pada kulit, Semoga Bermanfaat.

 

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait