Rekomendasi Pil KB yang Tidak Bikin Gemuk dan Jerawatan

Ilustrasi Pil KB/Foto:canva

Kontrasepsi oral atau lebih dikenal sebagai pil KB merupakan salah satu metode yang sangat populer digunakan. Akan tetapi, Bunda mungkin merasa khawatir mengenai kemungkinan efek samping seperti peningkatan berat badan dan munculnya jerawat.

Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk mengetahui jenis pil KB yang tidak menyebabkan kenaikan berat badan dan munculnya jerawat.

Cara Kerja Pil KB

Pil KB bekerja dengan melibatkan hormon sintetis, seperti estrogen dan progestin, untuk menghambat terjadinya ovulasi, yaitu pelepasan sel telur dari ovarium.

Tujuan dari mekanisme ini adalah untuk mencegah terjadinya pembuahan saat melakukan hubungan seksual.

Selain itu, beberapa jenis pil KB juga dapat membuat lapisan rahim menjadi lebih tebal, sehingga menghambat implantasi sel telur yang telah dibuahi.

Jenis-Jenis Pil KB

Secara umum ada dua jenis pil KB, yaitu pil kombinasi yang mengandung estrogen dan progestin, serta pil progestin-only yang hanya mengandung progestin.

Pil kombinasi bekerja melalui berbagai mekanisme, termasuk mencegah ovulasi, mengubah lendir serviks, dan membuat lapisan rahim menjadi lebih tebal. Sementara itu, pil progestin-only membantu mencegah terjadinya ovulasi dan mengubah lendir serviks.

Rekomendasi Pil KB yang Tidak Bikin Gemuk dan Jerawatan

Berikut beberapa rekomendasi pil KB yang tidak bikin gemuk.

1. Pil KB Yasmin

pil kb yang tidak bikin gemuk
Ilustrasi Pil KB Yasmin

Pil KB Yasmin, yang diproduksi oleh Bayer Indonesia, merupakan salah satu jenis pil kontrasepsi yang efektif dan aman. Pil ini berbentuk tablet selaput dengan kemasan berisi 21 tablet.

Pil KB Yasmin mengandung Drospirenone dan Ethinylestradiol. Menurut laman Doctor Fox dan Healthline, pil KB Yasmin termasuk dalam generasi keempat pil KB.

Selain digunakan untuk mengatasi jerawat, pil KB ini juga mengandung drospirenone yang memiliki efek mirip diuretik, sehingga dapat mencegah retensi cairan dalam tubuh.

2. Pil KB Andalan

Pil kb yang tidak bikin gemuk
Ilustrasi Pil KB Andalan

Pil KB Andalan merupakan salah satu metode kontrasepsi oral yang efektif. Pil ini bekerja dengan cara mencegah pertemuan antara sperma dan sel telur.

Pil KB Andalan mengandung Ethinylestradiol 0,03 mg dan Levonorgestrel 0,15 mg yang efektif dalam mencegah kehamilan jika diminum secara benar dan teratur.

Produk ini tersedia dalam kemasan berisi 28 tablet, dimana 7 tablet berwarna putih dan tidak mengandung hormon. Pil KB ini juga diklaim dapat menjaga berat badan agar tetap stabil.

3. Pil KB Microlut

Pil kb yang tidak bikin gemuk
Ilustrasi Pil KB Mikrolut

Pil KB Microlut merupakan salah satu pilihan alat kontrasepsi yang aman digunakan oleh ibu menyusui. Kandungan dalam pil KB ini dikatakan tidak memengaruhi berat badan.

Pil KB Microlut mengandung Levonorgestrel 0,03 mg. Levonorgestrel merupakan jenis progesteron sintetis yang tidak akan mengganggu siklus haid.

4. Pil KB YAZ

Pil kb yang tidak bikin gemuk
Ilustrasi Pil KB Yaz

Pil KB YAZ bekerja dengan cara mengubah konsistensi lendir serviks sehingga mencegah terjadinya implantasi. Selain itu, pil KB ini juga dikatakan tidak berpengaruh pada berat badan dan tidak menyebabkan jerawat

Kandungan Pil KB YAZ sama dengan pil KB Yasmin. Alat kontrasepsi ini mengandung Drospirenone dan Ethinylestradiol.

5. Pil KB Microgynon

Pil kb yang tidak bikin gemuk
Ilustrasi Pil KB Microgynon

Pil KB Microgynon merupakan alat kontrasepsi yang efektif dalam mencegah kehamilan. Obat ini bekerja dengan cara menghambat proses ovulasi. Pil KB ini mengandung Levonorgestrel 0,15 mg dan Ethinylestradiol 0,03 mg.

Nah, Itulah beberapa rekomendasi pil KB yang tidak bikin gemuk, Dengan berbagai pilihan pil KB yang tersedia, Bunda dapat memilih metode kontrasepsi yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan.

Namun, sebelum memutuskan menggunakan pil KB, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran yang tepat.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait