Cara Mencegah Kehamilan Setelah Berhubungan Intim Tanpa Pengaman

Ilustrasi pasangan Foto: pexels

Bunda wajib tahu cara mencegah kehamilan setelah berhubungan intim dengan pasangan bunda.  Cara ini mungkin bisa bunda lakukan jika belum siap untuk memiliki buah hati.

Sebagai pasangan suami istri tentunya bunda ingin memiliki anak ketika keadaan bunda dan pasangan sudah pantas untuk menjadi orang tua yang baik. Namun, cara mencegah kehamilan setelah berhubungan intim tanpa pengaman ini perlu bunda bicarakan bersama pasangan terlebih dahulu.

Untuk melakukan cara mencegah kehamilan setelah berhubungan tanpa menggunakan alat pengaman memiliki beberapa pilihan. Simak artikel ini untuk tahu cara mencegah kehamilan setelah berhubungan:

Cara mencegah kehamilan setelah berhubungan

Memiliki seorang anak merupakan tanggung jawab yang sangat besar bagi orang tua. Tidak jarang   beberapa orang tua ingin menunda kehamilan setelah menikah.

Cara mencegah kehamilan setelah berhubungan ini tanpa  pengaman akan dirangkum dalam artikel ini,  hal ini dapat bunda dan pasangan lakukan bersama:

1. Minum pil kontrasepsi darurat

Cara mencegah kehamilan setelah berhubungan yang pertama yaitu minum pil kontrasepsi darurat.  Bunda dan pasangan bisa menggunakan cara ini untuk mencegah kehamilan setelah bunda dan pasangan melakukan hubungan intim.

Pil kontrasepsi darurat ini harus segera bunda minum setelah melakukan hubungan intim tanpa pengaman bersama pasangan bunda.

Cara ini dapat membantu bunda dan pasangan mencegah terjadinya kehamilan setelah melakukan hubungan intim tanpa pengaman. Karena pil ini sendiri bekerja untuk mencegah terjadinya ovulasi dan fertilisasi atau yang disebut pembuahan setelah berhubungan intim.

Metode pencegahan ini hanya dapat digunakan dalam keadaan kondisi darurat bunda, setelah bunda melakukan hubungan intim lebih cepat lebih baik bunda meminum pil ini untuk mencegah kehamilan.

Pil ini dapat mencegah kehamilan setelah berhubungan intim selama 72 jam atau 3 hari dan baru-baru ini terdapat sebuah riset bahwa pil kontrasepsi darurat ini bisa mencegah terjadinya kehamilan setelah berhubungan intim hingga 96 jam atau 4 hari. 

2. Pil KB biasa

Cara Mencegah Kehamilan Setelah Berhubungan Intim
Ilustrasi Pil KB Foto : Canva

Cara mencegah kehamilan setelah berhubungan intim tanpa menggunakan pengaman yang kedua adalah menggunakan pil KB biasa. Biasanya pil KB ini digunakan untuk alat kontrasepsi reguler. 

Pil KB ini juga bisa membantu bunda dan pesanan untuk mencegah kehamilan setelah melakukan hubungan intim bersama pasangan. 

Namun, tidak semua jenis pil KB bisa membantu bunda dan pasangan untuk mencegah kehamilan setelah melakukan hubungan intim. 

Tapi bunda, pil KB biasa tidak cukup untuk mencegah kehamilan tanpa pengaman. Bunda juga harus menggunakan alat kontrasepsi cadangan jika belum ingin mempunyai buah hati. 

3. IUD tembaga

Intrauterine devices (IUD) tembaga juga merupakan cara mencegah kehamilan setelah berhubungan tanpa menggunakan pengaman.

Cara mencegah kehamilan ini biasanya menggunakan metode kontrasepsi non hormonal yang terbuat menggunakan bahan plastik berbentuk T dan juga menggunakan lapisan tembaga pada alatnya.

Alat ini bekerja dengan cara melepaskan tembaga yang memiliki tujuan mengentalkan lendir serviks, setelah mengental sel sperma yang masuk ke dalam vagina sulit berenang dalam rahim. Karena itu sel sperma sulit bersatu dengan sel telur.

4. Jangan berhubungan intim di luar masa subur wanita

Cara mencegah kehamilan setelah berhubungan yang terakhir adalah dengan cara menghindari berhubungan intim di luar masa subur bunda ya.

Bunda sendiri pasti tahu kapan menghitung masa subur, caranya bisa mengingat kapan tanggal terakhir hari pertama haid dan lamanya siklus haid yang bunda alami tersebut.

Itu tadi 4 cara mencegah kehamilan setelah berhubungan tanpa menggunakan pengaman. Diharapkan cara ini dapat membantu bunda dan pasangan yang ingin menunda kehamilan setelah menikah.

Berikut informasi  mengenai cara mencegah kehamilan setelah berhubungan intim tanpa pengaman yang telah dirangkum.  Terima kasih sudah membaca sampai akhir dan sampai jumpa pada artikel  berikutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait