7 Manfaat Sari Kurma Untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui!

Manfaat Sari Kurma Untuk Ibu Hamil

Bunda, selama hamil ada banyak sekali jenis makanan yang bisa dikonsumsi salah satunya sari kurma. Tak sekedar untuk kebutuhan nutrisi, manfaat sari kurma untuk ibu hamil ternyata bisa memperlancar proses persalinan lho.

Sari kurma diketahui mampu mendorong hormon oksitosin yaitu hormon yang dibutuhkan untuk menginduksi terjadinya kontraksi.

Bahkan, ada penelitian yang membuktikan jika 96% kelompok ibu hamil berhasil melahirkan normal setelah mengkonsumsi sari kurma.

Nah, selain membantu proses persalinan apa saja manfaat lain dari sari kurma untuk ibu hamil?

Manfaat Sari Kurma Untuk Ibu Hamil

Manfaat Sari Kurma Untuk Ibu Hamil

Selain bisa membantu perlancar proses persalinan, berikut manfaat ibu hamil perbanyak konsumsi sari kurma:

1. Sebagai Sumber Energi

Selama hamil, tentu bunda harus memiliki energi yang lebih besar. Kabar baiknya, sari kurma mampu membantu menambah asupan gula pada tubuh bunda.

Pasalnya, setiap 100 gram kurma diketahui mengandung 280 kalori. Selain itu, sari kurma baik dikonsumsi bunda menjelang proses persalinan, supaya tubuh makin kuat.

2. Manfaat Sari Kurma Untuk Ibu Hamil-Mencegah Terjadinya Sembelit

Sembelit adalah hal yang paling sering dirasakan oleh para ibu hamil. Jika bunda mengalaminya juga, sari kurma bisa menjadi solusi terbaik.

Pasalnya, dalam sari kurma banyak terkandung serat yang tidak hanya menurunkan resiko sembelit, namun juga menjaga sistem pencernaan supaya tetap berjalan baik.

3. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Masih ada lagi manfaat sari kurma untuk ibu hamil yaitu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Bahkan, manfaat ini tidak hanya dirasakan pada bunda saja lho, tapi juga janin dalam kandungan.

Sari kurma juga dipercaya dapat membantu pertumbuhan gigi si kecil. Hal ini karena dalam sumber makanan tersebut terkandung zat kalium dengan kadar cukup tinggi.

4. Manfaat Sari Kurma Untuk Ibu Hamil-Mencegah Infeksi

Manfaat Sari Kurma Untuk Ibu Hamil

Ternyata, sari kurma juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya infeksi karena bakteri, virus, pathogen dan lainnya.
Artinya, sari kurma otomatis dapat menguatkan sistem imun ibu hamil yang memang rata-rata sangat rentan.

Hal tersebut disebabkan karena dalam sari kurma mengandung zat antioksidan yang disebut tanin.

5. Meningkatkan Kadar Oksigen Dalam Darah

Beberapa penelitian telah membuktikan jika sari kurma mampu membantu meningkatkan kadar oksigen dalam darah ibu hamil.

Pasalnya, dalam sari kurma mengandung zat besi yang dipercaya mampu memantik peningkatan kadar oksigen dalam darah. Ketika kadar oksigen dalam darah cukup, artinya kesehatan janin juga akan terjaga.

6. Manfaat Sari Kurma Untuk Ibu Hamil-Sebagai Sumber Protein Janin

Bunda mungkin belum tahu jika sari kurma ternyata juga bisa menjadi sumber protein janin. Pasalnya, memang sari kurma sendiri mengandung protein dengan kadar tinggi.

Bahkan, kandungan protein sari kurma dikenal sangat mudah dicerna oleh ibu hamil maupun janin.

Menariknya lagi, sari kurma tidak hanya bisa menjadi sumber protein saja, namun juga vitamin esensial sehingga ampuh untuk mendukung pertumbuhan janin dalam kandungan.

7. Menurunkan Resiko Cacat Lahir

Resiko cacat lahir juga bisa diminimalisir dengan mengkonsumsi sari kurma sejak dalam masa kehamilan.

Hal ini karena, dalam sari kurma terkandung banyak asam folat yang menjadi nutrisi penting bagi perkembangan saraf pusat ibu hamil.

Itu dia tadi beberapa manfaat sari kurma untuk ibu hamil. Melihat begitu banyak manfaat yang dijelaskan tersebut, apakah bunda masih ragu untuk mengkonsumsinya?

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait