7 Cara Mengobati Bayi Pilek dan Hidung Mampet, Efektif Tanpa Harus Ke Dokter

Pilek pada bayi bukan lagi hal mengkhawatirkan selama bunda paham cara mengobati bayi pilek dan hidung mampet. Pilek sendiri merupakan infeksi pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh rhinovirus.

Penyebaran virus bisa melalui cipratan air liur (droplet) dari pernapasan orang dewasa yang sedang pilek. Pilek pada bayi juga bisa disebabkan karena asap rokok, debu, atau saat cuaca dingin.

Cara Mengobati Bayi Pilek dan Hidung Mampet

Cara Mengobati Bayi Pilek dan Hidung Mampet

Nah, saat bayi Bunda mengalami pilek, Bunda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini untuk mengobati si kecil:

1. Cara Mengobati Bayi Pilek-Pijat Lembut di Hidung

Pijatan lembut bisa melegakan sumbatan pada saluran pernapasan si kecil. Sehingga bisa membuat sirkulasi darah di sekitar hidungnya lebih lancar. Langkah yang bisa Bunda lakukan adalah dengan melakukan pijatan lembut pada bagian hidung dan bagian bawah alis bayi.

Saat memijat, perhatikan ekspresi bayi menunjukkan rasa nyaman. Saat si bayi sudah terlihat lebih nyaman setelah dipijat, Bunda bisa hentikan pijatannya.

2. Mengusap Ingus si Kecil

Hidung bayi akan penuh lendir saat sedang pilek. Makanya bayi kesulitan bernapas. Untuk itu, Bunda bisa mengusap ingus bayi menggunakan alat khusus penyedot ingus bayi.

Bunda perlu sering-sering mengusap lubang hidung bayi ketika dirasa lendir pada hidung bayi sudah penuh.

3. Tinggikan Kepala si Kecil saat Tidur

Saat pilek, si kecil akan bisa lebih nyaman tidur malam kalau Bunda meninggikan bantal kepalanya. Makanya, Bunda bisa meninggikan posisi kepala si kecil menggunakan bantal.

Hal ini sangat ampuh sebagai salah satu cara mengobati bayi pilek dan Hidung Mampet pada si kecil terutama saat malam hari.

4. Sering Memberi ASI Sebagai Cara Mengobati Bayi Pilek dan Tersumbat

Cara Mengobati Bayi Pilek dan Hidung Mampet

Saat bayi sedang pilek, Bunda perlu menjaga agar bayi tidak dehidrasi. Untuk itu, Bunda perlu sering-sering memberinya ASI.

Dengan ASI bisa memberikan perlindungan dari kuman penyebab pilek. Meski bayi menolak saat diberi ASI karena kondisinya sedang pilek, Bunda memang perlu usaha ekstra agar bayi tetap minum ASI.

5. Berikan MPASI

Jika si kecil sudah makan MPASI, Bunda bisa memberinya MPASi yang mengandung protein tinggi dan serat. MPASI yang disarankan yang mengandung sayuran atau lemak.

Misalnya Bunda bisa membuat MPASI yang dicampur dengan sayuran atau daging ayam. Ini bisa membantu penyembuhan pilek yang dialami si kecil.

6. Menjaga Sirkulasi Udara Kamar Bayi

Saat bayi sedang pilek, usahakan bayi tidak tidur di kamar yang ber-AC. Bunda bisa matikan AC kamar bayi untuk mengatasi hidung tersumbat.

Jika perlu, Bunda bisa menggunakan mesin pelembab udara atau humidifier untuk menjaga kualitas udara kamar bayi Bunda.

7. Oleskan Balsem yang Mengandung Vaporub

Balsem yang mengandung vaporub ternyata juga bisa mengatasi pilek pada bayi lho bun.
Cara penggunaannya bisa dengan mengoleskan balsem seluruh tubuh si kecil, mulai dari dada, punggung, sampai telapak kakinya.

Nah demikian langkah-langkah yang bisa Bunda lakukan sebagai cara mengobati bayi pilek dan hidung mampet. Segera bawa si kecil ke dokter jika pilek tak kunjung sembuh selama lebih dari satu minggu.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait