5 Cara Alami Menghilangkan Bekas ASI di Pipi Bayi Tanpa Efek Samping

Ilustrasi Ruam Pada Pipi Bayi (Foto:Canva)

Bekas ASI di pipi bayi merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh para ibu yang baru melahirkan. Namun tenang ada cara alami menghilangkan bekas ASI di pipi bayi yang bisa bunda terapkan.

Bekas ASI ini biasanya berupa bercak putih atau ruam yang muncul di sekitar mulut dan pipi bayi setelah menyusui. Meskipun tidak berbahaya, bekas ASI ini dapat mengganggu penampilan dan kenyamanan bayi.

Bekas ASI di pipi bayi disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Kulit bayi yang sensitif dan mudah iritasi
  • Kelembaban dan keringat yang menumpuk di sekitar mulut dan pipi bayi
  • Sisa ASI yang menempel di kulit bayi setelah menyusui
  • Infeksi jamur atau bakteri yang berkembang di kulit bayi

Cara Alami Menghilangkan Bekas ASI di Pipi Bayi

Untuk mengatasi masalah ini, banyak ibu yang mencari cara alami menghilangkan bekas ASI di pipi bayi. Cara alami ini dipilih karena lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping bagi kulit bayi.

Berikut adalah beberapa cara alami menghilangkan bekas ASI di pipi bayi yang bisa bunda coba:

1. Bersihkan dengan air hangat

Cara alami menghilangkan bekas ASI di pipi bayi yang pertama adalah membersihkan wajah bayi dengan air hangat.

Air hangat dapat membantu membersihkan sisa ASI dan kotoran yang menempel di kulit bayi. Selain itu, air hangat juga dapat membantu meredakan peradangan dan iritasi pada kulit bayi.

Caranya, basahi kain lembut dengan air hangat, lalu usapkan ke area pipi bayi yang terkena bekas ASI. Lakukan secara perlahan dan hati-hati agar tidak melukai kulit bayi. Ulangi proses ini setiap kali selesai menyusui atau setidaknya dua kali sehari.

2. Oleskan minyak kelapa

 Cara Alami Menghilangkan Bekas ASI di Pipi Bayi
Ilustrasi Membersihkan Pipi Bayi dari Bintik Putih (Foto:Canva)

Minyak kelapa adalah pelembab alami yang dapat membantu menenangkan kulit dan mengurangi peradangan.

Minyak kelapa juga mengandung asam laurat yang dapat membunuh jamur dan bakteri penyebab infeksi pada kulit bayi.

Caranya, oleskan minyak kelapa secukupnya ke area pipi bayi yang terkena bekas ASI. Pijat lembut dengan jari-jari Anda agar minyak meresap ke dalam kulit. Biarkan selama 15-20 menit, lalu bersihkan dengan kain lembut yang dibasahi air hangat. Lakukan ini dua kali sehari sampai bekas ASI hilang.

3. Menggunakan ASI

ASI tidak hanya berguna untuk memberikan nutrisi dan kekebalan tubuh bagi bayi, tetapi juga dapat digunakan sebagai cara alami menghilangkan bekas ASI di pipi bayi.

ASI mengandung antibodi, enzim, dan zat anti-inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan luka dan infeksi pada kulit bayi.

Caranya, teteskan sedikit ASI ke area pipi bayi yang terkena bekas ASI. Gosok lembut dengan jari-jari Anda agar merata. Biarkan selama 10-15 menit, lalu bersihkan dengan kain lembut yang dibasahi air hangat. Lakukan ini setiap kali selesai menyusui atau setidaknya tiga kali sehari.

4. Gunakan Teh Chamomile

Teh chamomile adalah salah satu jenis teh herbal yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk kulit.

Teh chamomile mengandung antioksidan, anti-inflamasi, dan antiseptik yang dapat membantu membersihkan, menenangkan, dan menyembuhkan kulit bayi.

Caranya, seduh satu sendok teh chamomile dengan satu cangkir air panas. Biarkan selama 10 menit, lalu saring dan dinginkan. Basahi kapas dengan teh chamomile, lalu tempelkan ke area pipi bayi yang terkena bekas ASI.

Biarkan selama 15-20 menit, lalu bersihkan dengan kain lembut yang dibasahi air hangat. Lakukan ini dua kali sehari sampai bekas ASI hilang.

5. Menjaga wajah bayi tetap kering

Cara alami menghilangkan bekas ASI di pipi bayi yang terakhir adalah menjaga wajah bayi tetap kering. Kelembaban dan keringat yang berlebihan dapat memperparah kondisi kulit bayi dan memicu pertumbuhan jamur dan bakteri.

Oleh karena itu, pastikan bunda mengeringkan wajah bayi setelah menyusui atau memandikannya.

Caranya, gunakan kain lembut atau tisu untuk menepuk-nepuk wajah bayi sampai kering. Hindari menggosok atau mengelap wajah bayi dengan kasar agar tidak iritasi.

Selain itu, pilihlah pakaian bayi yang berbahan katun yang menyerap keringat dan nyaman dipakai.

Itulah beberapa cara alami menghilangkan bekas ASI di pipi bayi yang bisa Bunda coba di rumah. Semoga bermanfaat dan membuat pipi bayi bunda kembali bersih dan lembut.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait