Tips Bayi Cepat Gemuk dalam 1 Minggu, Perhatikan Asupan Asi Hingga Kualitas Tidur

Berat badan si kecil biasanya dijadikan sebagai indikator utama kalau anak bertumbuh dengan badan yang sehat. Makanya banyak orang tua yang mencari tahu tips bayi cepat gemuk dalam 1 minggu.

Sebelumnya, perlu diingat yah moms, usaha untuk membuat berat badan si kecil bertambah bukan berarti melebihi dari berat badan ideal. Karena jika bayi terlalu gemuk, itu juga tidak baik untuk kesehatannya.

Tips Bayi Cepat Gemuk dalam 1 Minggu

Tips Bayi Cepat Gemuk dalam 1 Minggu

Nah kalau moms mau tahu tips bayi cepat gemuk dalam 1 minggu untuk mencapai berat badan ideal, bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Pemberian Asupan ASI Eksklusif

Memberi asupan ASI eksklusif jadi cara paling mudah yang moms bisa lakukan untuk menambah berat badan si kecil. Terlebih lagi kalau anak yang lahir prematur, dimana berat badannya tidak sama seperti bayi pada umumnya.

Di dalam ASI terdapat senyawa yang dapat membantu sistem imun tubuh si kecil. Kalau imunnya kuat, maka tubuhnya pun jadi lebih kuat dari berbagai ancaman penyakit seperti virus, bakteri atau penyakit lainnya.

2. Perhatikan Asupan Nutrisi Ibu

Sejalan dengan pemberian asupan ASI, makanan yang moms konsumsi juga perlu diperhatikan nutrisinya. Nutrisi yang dimakan akan mempengaruhi kualitas ASI yang dihasilkan.

Untuk mendapatkan nutrisi yang baik, moms bisa mengkonsumsi sayur-sayuran hijau, gandum, kacang-kacangan.

Selain itu, lengkapi dengan konsumis daging unggas, dan ikan untuk kebutuhan nutrisi yang dapat memperlancar ASI. Dengan begitu, ASI yang dikonsumsi si kecil akan membantu menaikkan berat badannya.

3. Perhatikan Pola Tidur Bayi

Tips Bayi Cepat Gemuk dalam 1 Minggu

Bayi memiliki jam tidur yang cukup panjang yaitu selama 16 jam dalam satu hari. Karena tidur dalam durasi lama, maka moms bisa berikan ASI saat ia terbangun agar tidak dehidrasi. Selain itu, cara ini juga bisa membuat si kecil kembali tidur nyenyak dalam kondisi perut kenyang.

Tak hanya soal pola tidur, moms juga harus aware soal kenyamanan suasana dan tempat tidur si kecil.  Sebisa mungkin, jauhkan bayi dari suara keras yang bisa mengganggu tidurnya. Apabila kebutuhan tidur ideal si kecil terpenuhi, maka akan berpengaruh pada berat badannya.

4. Menjaga Kebersihan Tubuh Bayi

Tips bayi cepat gemuk dalam 1 minggu selanjutnya adalah menjaga kebersihan tubuh bayi. Usahakan tubuh bayi tidak kotor dan berkeringat. Makanya moms sebaiknya membersihkan tubuh bayi setiap waktu.

Kalau tubuh bayi tidak bersih, ia akan merasa tidak nyaman dan mengespresikannya dengan cara merengek atau menangis.

Akhirnya si bayi akan susah tidur dan lebih banyak menangis. Ini yang membuat berat badan si kecil susah naik.

5. Memberikan Pijatan pada Bayi

Pijatan pada tubuh bayi sangat bermanfaat untuk pertumbuhannya. Dengan pijatan yang didapatkan si bayi, ini bisa meningkatkan nafsu makannya.

Pijatan yang moms lakukan juga akan melancarkan pencernaan. Sehingga bisa mempengaruhi bertambahnya berat badan si kecil.

Moms bisa memijat lembut tubuh bayi saat setelah memandikannya. Lakukan ini secara rutin agar nafsu makan si kecil terus terjaga.

Nah itulah 5 tips bayi cepat gemuk dalam 1 minggu yang bisa moms lakukan sebagai upaya menambah berat badan ideal si kecil.

Rutin dan konsisten lakukan tips ini agar bayi bertumbuh dengan berat badan ideal. Selamat mencoba, jangan lupa share artikel ini ke moms lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait