Jangan Sampai Ganggu Perjalanan, Ini Tips Bawa Anak Usia 1 Tahun Naik Pesawat

Ajak anak usia satu tahun bepergian naik pesawat tentu tidak mudah dan pasti akan ada banyak hal tak terduga terjadi. Tapi jangan khawatir moms, artikel kali ini akan memberi tips bawa anak usia 1 tahun naik pesawat agar tetap kondusif tanpa kendala.

Persiapan dan Tips Bawa Anak Usia 1 Tahun Naik Pesawat

Tips Bawa Anak Usia 1 Tahun Naik Pesawat

Berpergian dengan anak usia satu tahun tentu beda dengan anak yang usianya sudah di atas satu tahun.

Moms perlu persiapan ekstra agar perjalanan bisa lancar. Untuk itu, berikut ini hal-hal yang perlu moms persiapkan sebelum membawa si kecil naik pesawat:

1. Pemilihan Jadwal Penerbangan

Usahakan moms mengambil penerbangan pagi untuk mengurangi kemungkinan delay. Selain itu, penerbangan pagi juga biasanya lebih sepi sehingga aman untuk si kecil.

2. Berangkat ke Bandara Lebih Awal

Tips selanjutnya, usahakan berangkat lebih awal ke bandara ya moms. Ini bertujuan agar moms punya waktu yang lebih lama sebelum penerbangan boarding.

Selain itu, waktu ini juga bisa moms gunakan untuk mempersiapkan kelengkapan bayi, misalnya menggantikan popok dan mengenakan pakaian yang lebih tebal sebelum masuk ke dalam pesawat.

3. Perhatihan Pakaian si Anak

Saat berada dalam pesawat, anak akan merasakan adanya perubahan suhu. Untuk itu. upayakan anak terhindar dari dinginnya AC pesawat dengan memperhatikan pakaian yang ia pakai.

Pakaikan baju yang nyaman dan yang agak tebal atau bisa melapisi baju yang memiliki resleting sehingga mudah dibuka saat sudah keluar dari pesawat.

4. Membawa Mainan Kesukaan Anak

Tips bawa anak usia 1 tahun naik pesawat yang tidak kalah penting adalah dengan membawakan mainan kesukaannya.

Jadi selama dalam perjalanan, alihkan perhatian si anak dengan permainan, sehingga tidak rewel selama di atas pesawat. Dengan begitu, si kecil merasa sama saja saat sedang berada di dalam rumah.

5. Persediaan Cemilan dan Makanan

Selain mainan moms juga sebaiknya membawa persediaan cemilan atau makanan pokok untuk si kecil. Dengan makanan, si kecil bisa jadi lebih tenang selama perjalanan. Tidak perlu terlalu banyak secukupnya saja agar lebih mudah dibawah.

6. Pemilihan Tempat Duduk

Tips Bawa Anak Usia 1 Tahun Naik Pesawat

Jika memungkinkan, sebaiknya pilih kursi dekat lorong agar lebih leluasa menjangkau toilet. Moms sebaiknya juga tidak memesan tempat duduk di dekat jendela agar si anak tidak melihat pemandangan keluar pesawat.

7. Popok Cadangan dan Kantong Muntah

Bawalah popok cadangan lebih banyak agar moms tidak repot ketika anak sering buang air karena perubahan suhu.

Selain itu, persiapan kantong muntah juga penting sebagai jaga-jaga kalau saja si kecil muntah dalam perjalanannya naik pesawat.

8. Perlengkapan Kesehatan

Untuk jaga-jaga, moms juga sebaiknya membawa perlengkapan kesehatan seperti obat-obatan. Misalnya membawa minyak kayu putih, atau minyak telon.

Obat-obatan ini sebagai jaga-jaga kalau si kecil merasakan perut kembung atau kedinginan selama dalam pesawat.

Nah itu dia tips bawa anak usia 1 tahun naik pesawat yang bisa moms praktekkan. Jangan sampai kurang persiapan membuat perjalanan moms dan si kecil jadi berantakan. Share info ini ke moms lainnya yah.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait