7 Tips Anak Mandi Hujan Agar Tidak Sakit, Biar Bunda nggak Gampang Parno

Bunda tipe orang tua yang tidak pernah melarang si kecil main air hujan? Meskipun membebas kan, pasti ada rasa khawatir si kecil sakit setelah hujan-hujanan. Jika demikian, bunda perlu membaca tips anak mandi hujan agar tidak sakit di bawah ini.

Tips Anak Mandi Hujan Agar Tidak Sakit

Tips Anak Mandi Hujan Agar Tidak Sakit
freepik.com

Demi kesehatan mereka, orang tua sering melarang anak untuk mandi air hujan karena takut terserang penyakit.

Padahal, yang menyebabkan anak sakit biasanya adalah kuman yang telah berkeliaran di luar, bukan karena air hujannya.

Air yang awalnya jernih bisa saja menjadi bahaya jika telah bercampur dengan kuman-kuman yang tidak terdeteksi.

Agar kesehatan tetap terjaga, maka coba gunakan cara-cara yang sudah direkomendasikan di bawah ini ya.

1. Lepas Pakaian Anak

Ketika anak usai bermain air hujan di luar rumah, otomatis baju yang ia kenakan pasti akan basah kuyup.

Nah, langkah cepat yang bisa bunda lakukan adalah segera lepas baju yang anak gunakan. Hal ini bisa saja memungkinkan timbulnya penyakit dan menyebabkan si anak kedinginan jika tidak ditangani secepat mungkin.

2. Segera Mandi dengan Air Hangat

Saat anak mandi dengan air hangat, yang tadinya basah kuyup dan kedinginan pasti suhu tubuh akan jauh lebih seimbang.

Catatan penting, pastikan bunda selalu mengingatkan si anak agar wajib membersihkan sela-sela kaki dan kuku agar tidak menjadi sarang bakteri ya.

Ketika anak bermain air hujan, bagian rambut biasanya jug akan terkesan bau dan apek. Sebagai langkah alternatif untuk mengatasi bau pada rambut, bunda bisa saja sekalian mencuci rambut menggunakan shampo agar lebih bersih dan wangi.

3. Cuci Tangan dengan Benar

Kuman biasanya sering menempel pada bagian tubuh ketika usai bermain hujan. Agar tidak menimbulkan penyakit, pastikan bunda ingatkan si anak untuk mencuci tangan yang benar ya.

Bagian sela-sela jari dan kuku juga menjadi perhatian penting untuk anak mencucinya. Bunda bisa juga perhatikan bagaimana si anak ketika mencuci agar dapat mengetahui bagian mana yang masih harus dibersihkan dengan benar.

Setelah anak selesai membilas tangan dengan bersih, biasakan bunda untuk selalu ingatkan langkah terakhir yaitu untuk memakai handuk atau tisu agar tangan lebih bersih dan dalam kondisi kering ya.

4. Tips Anak Mandi Hujan Agar Tidak Sakit-Minum Air Hangat

Tips Anak Mandi Hujan Agar Tidak Sakit
freepik.com/@davidovici

Setelah si anak membersihkan seluruh badan, biasanya tubuh masih terasa dingin. Selain karena suhu udara yang dingin, untuk mengatasi ini bunda bisa memberikan anak segelas air hangat.

Hal ini dilakukan agar suhu tubuh dapat menyesuaikan diri dengan baik tanpa menurunkan imun si anak.

Selain air hangat, bunda juga bisa berikan makanan dalam suhu panas untuk solusi yang lebih baik.

5. Jaga Pola Tidur

Saat anak bermain di luar rumah, tentu banyak sekali aktivitas yang telah ia lakukan. Pada malam hari, pastikan anak memiliki waktu tidur yang cukup ya agar tidak sakit ataupun mengalami kelelahan.

Kebiasaan ini memang wajib bunda lakukan karena dengan tidur yang cukup, tentu akan membantu sistem kekebalan tubuh agar berjalan lebih baik dan maksimal.

6. Perhatikan Kesehatan Anak

Jika anak ingin bermain hujan di luar rumah, pastikan kesehatannya dalam kondisi normal ya. Akan tetapi saat anak sedang dalam kondisi sakit, sebaiknya bunda jangan biarkan anak untuk bermain hujan.

Hal ini tentu saja hanya akan membuat anak lebih mudah terjangkit penyakit dan terpapar berbagai macam bakteri. Agar anak tetap dalam kondisi sehat, bunda juga bisa membatasi untuk bermain di luar rumah.

7. Perhatikan Lingkungan Sekitar

Bermain hujan memang sebuah kebiasaan anak yang wajar. Akan tetapi bunda harus lebih mengenal lingkungan sekitar aman atau tidaknya untuk anak bisa bermain.

Pastikan juga anak bermain di tempat yang aman seperti menghindari genangan air yang berlubang, benda tajam di sekitar, dan daerah yang rawan terjadi banjir.

Kebebasan anak untuk bermain hujan di luar rumah ternyata memang dapat membantu anak untuk melatih kemampuan motorik dan tingkat imajinasi sekitar.

Tidak ada salahnya jika anak ingin bermain hujan, akan tetapi pastikan bunda tau tips anak mandi hujan agar tidak sakit yang baik dan benar ya.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait