Bolehkah Anak Mandi Air Hujan? Jangan Khawatir, Ternyata Inilah 5 Manfaatnya

Apakah biasanya bunda-bunda bolehkan anak  mandi air hujan? Beberapa mungkin mengizinkan saja, namun tidak sedikit pula yang ragu karena macam-macam alasan. Seperti takut terkena air kotor, menjadi demam, dan sebagainya.

Terlepas dari itu semua, bermain air hujan sebetulnya menjadi hal favorit bagi anak-anak. Bunda sebaiknya tak perlu khawatir jika anak-anak ingin mencoba bermain hujan. Pasalnya, ternyata mandi hujan memberikan banyak sekali manfaat bagi si kecil.

Bunda hanya perlu memastikan anak-anak dalam keadaan sehat dan kondisi hujan tak terlalu deras. Selain itu, tidak terdapat petir maupun angin kencang sehingga anak-anak makin nyaman bermain hujan.

Bolehkah Anak Mandi Air Hujan?

Bolehkah Anak Mandi Air Hujan?

Alasan mengapa sebaiknya bunda bolehkan anak 1 tahun mandi air hujan adalah banyaknya manfaat di balik aktivitas tersebut.

Penjelasan tentang manfaat mandi air hujan untuk anak-anak berikut mungkin bisa menjadi sumber referensi bagi bunda:

1. Menambah Pengetahuan

Bayangkan saja, ketika anak bermain sambil mandi hujan, otomatis akan memberikan kesempatan bagi mereka untuk menggali lebih banyak pengalaman.

Bagaimana tidak begitu, jika selama mandi hujan si kecil lebih banyak melihat kondisi alam sekitar. Pengetahuan mereka juga bertambah selain nanti yang didapatkan di sekolah.

2. Mengembangkan Karakter

Beberapa orang tua mengaku sulit mengasah kreativitas anak-anaknya. Padahal, caranya mudah sekali salah satunya biarkan anak-anak mandi air hujan sesekali jika situasi memungkinkan.

Mengapa demikian? Aktivitas mandi hujan nyatanya mampu membantu mengasah daya pikir dan kreativitas di kecil.

Misalnya, saat mandi hujan mereka menemukan kucing yang terjebak di atas kubangan air. Mereka akan berusaha menolongnya dan paham jika binatang tersebut perlu aman dari kemungkinan tenggelam.

3. Lebih Mudah Mengeksplorasi Indera Baru

Bolehkah Anak Mandi Air Hujan?

Mandi air hujan pun membantu si kecil untuk semakin dekat dengan alam. Hal tersebut membuat indera mereka semakin mudah bereksplorasi. Pasalnya, alam banyak menyediakan medianya seperti bau udara, suara hujan, hingga tekstur tanah.

4. Menyehatkan Rambut

Faktanya mandi hujan bisa membantu membersihkan rambut secara alami. Hujan yang mengenai kepala dapat merontokkan segara kotoran dari kulit kepala.

Selain itu, mandi hujan dipercaya dapat menghidupkan kembali rambut kusam sehingga membuatnya berkilau.

Jangan lupa bantu si kecil setelahnya untuk mandi dan keramas menggunakan sampo sampai benar-benar bersih.

Manfaat mandi air hujan yang menyehatkan rambut ini juga dapat dirasakan oleh orang dewasa lho bunda.

5. Melatih Fisik Motorik

Pada umumnya, saat anak-anak main hujan mereka akan mencoba menggerakkan tubuh dengan melompat-lompat dan sebagainya. Bisa jadi karena ingin melihat hujan turun atau sekedar mau menadah hujan pakai tangan.

Adanya gerakan atau aktivitas tersebut dapat menstimulasi kemampuan fisik motorik mereka sehingga mampu berkembang lebih optimal.

Para ahli juga sepakat gerakan-gerakan saat anak mandi hujan sekaligus melatih kecerdasan musikal dan logika berpikir mereka.

Menguatkan Tulang

Sejumlah penelitian membuktikan jika mandi air hujan bermanfaat dalam menguatkan tulang. Air hujan dipercaya mengandung ion negatif yang ternyata bisa membantu menghasilkan reaksi biokimia, menetralkan keasaman tubuh, serta menghancurkan radikal bebas (penyebab kerusakan tulang).

Selain itu, dinginnya air hujan dapat menetralkan suhu tubuh. Dengan begitu sekaligus mampu melancarkan sistem peredaran darah.

Memberikan Rasa Gembira

Masa anak-anak adalah waktu dimana mereka perlu diberikan pengalaman yang menyenangkan. Tidak hanya saat bermain dalam rumah saja, ada baiknya coba berikan suasana baru yang merangsang rasa gembira pada si kecil, salah satunya dengan mandi air hujan.

Jadi, sekarang apakah bunda lebih yakin bolehkan anak 1 tahun mandi air hujan? Tenang saja dan tidak perlu khawatir, karena aktivitas ini tetap aman kok. Justru banyak manfaat yang didapatkan seperti penjelasan di atas.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait