Sifat Orang Tua yang Diwariskan Kepada Anak, Apa Aja?

Ilustrasi orang tua dan anak Foto: canva

Sebagai orang tua bunda pasti penasaran sifat apa aja yang akan diwariskan kepada anak. Berikut sifat orang tua yang diwariskan kepada anak.

Tidak hanya satu faktor saja yang orang tua turunkan kepada anak. Karena terdapat banyak faktor yang akan diturunkan orang tua kepada anaknya bunda.

Biasanya hal yang paling umum dan terlihat jelas yaitu faktor genetik, yang biasa menandakan sang buah hati bunda memiliki wajah yang mirip dan tubuh yang mirip pada orang tuanya.

Sedangkan untuk sifat sendiri, biasanya diperoleh sang anak atas dasar hal yang biasa dia pelajari bunda. Karena dari itu sebagai orang tua bunda dan pasangan wajib tahu sifat apa saja yang akan diturunkan kepada sang anak. Berikut sifat orang tua yang diwarisi kepada anak.

Sifat yang diwariskan ayah ke anak

sifat orang tua yang diwariskan kepada anak
Ilustrasi anak dan orang Foto: canva

1. Kecerdasan 

Sifat orang tua yang diwariskan kepada anak dari pihak ibu yang pertama merupakan kecerdasan. Karena kecerdasan sendiri berhubungan langsung dengan DNA. Jadi jika bunda sebagai ibu tergolong cerdas, besar kemungkinan sang buah hati juga memiliki sifat yang sama.

2. Pola tidur

Sedangkan untuk sifat orang tua yang diwariskan kepada anak dari pihak ibu yang kedua merupakan pola tidur. Faktor genetik yang dimiliki bunda sebagai seorang ibu memiliki andil yang cukup besar untuk mempengaruhi bagaimana pola tidur sang anak.

3. Aktif berbicara

Untuk sifat orang tua yang diwariskan kepada anak berikutnya yaitu aktif berbicara. Jika bunda senang bergaul dan juga bersosialisasi, kemungkinan besar sang buah hati nantinya akan memiliki sifat yang sama.

4. Ingatan

Sifat orang tua yang diwariskan kepada anak dari pihak ibu yang terakhir adalah berupa ingatan. Namun, ingatan yang diwarisi oleh bunda kepada sang anak dianggap juga merupakan faktor dari lingkungan, dari tempat anak menghabiskan banyak waktu di tempat yang sering dia kunjungi.

Sifat yang diwariskan ibu ke anak

1. Sidik jari

Sifat orang tua yang diwariskan kepada anak dari pihak ayah yang pertama merupakan sidik jari. Jika bunda memperhatikan sidik jari sang buah hati, maka akan terlihat mirip dengan sidik jari sang ayah.

2. Tinggi badan

Sedangkan sifat orang tua yang diwariskan kepada anak dari pihak ayah yang kedua merupakan tinggi badan. Jadi bunda, jika sang ayah memiliki tinggi badan yang tinggi maka kemungkinan besar sang buah hati juga sama, begitu juga untuk sebaliknya.

3. Gigi

Gigi merupakan sifat orang tua yang diwariskan kepada anak dari pihak ayah. Dan biasanya susunan gigi sang buah hati akan mirip dengan sang ayah, tidak hanya itu permasalahan gigi yang biasa dialami sang ayah ada kemungkinan juga dialami anak bunda.

4. Warna bola mata

Sifat orang tua yang diwarisi kepada anak dari pihak ayah yang terakhir yaitu warna bola mata. Bunda bisa mengamati bola mata sang buah hati, biasanya kan memiliki kemiripan warna dengan sang ayah.

Itu tadi bunda sifat orang tua yang diwarisi kepada anak. Tentunya bunda sebagai ibu dan sang ayah menurunkan sifat yang berbeda-beda kepada anak.

Biasanya seorang anak bisa mewarisi sifat dari ayah maupun dari ibunya dalam berbagai hal, dan umumnya tidak bisa dilihat begitu saja berdasarkan ciri-ciri sang buah hati.

Namun, semua hal ini bisa saja berubah tergantung dengan gen dan juga pola asuh orang tua beserta keadaan di sekitar sang anak tumbuh. 

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait