Apa penyebab susah hamil padahal haid lancar? Siklus haid ini sering dikaitkan dengan penyebab susahnya hamil. Hal ini dikarenakan ada beberapa penyebab susah hamil yang memiliki beberapa gejala.

Hal tersebut adalah salah satu siklusnya haid yang tidak lancar. Namun ada pula yang siklusnya lancar dan aman saja akan tetapi dirinya sulit untuk hamil.

Penyebab Susah Hamil Padahal Haid Lancar

Siklus menstruasi pada wanita itu berbeda-beda satu dengan yang lainya. Pada normalnya wanita akan alami haid yang tidak teratur karena beberapa faktor.

Namun apabila seorang wanita punya siklus haid yang teratur, belum tentu dirinya bisa hamil. Sebab ada beberapa hal yang mungkin perlu kamu ketahui.

1. Usia

penyebab susah hamil padahal haid lancar

Salah satu penyebab terjadinya sulit hamil adalah usia. Meskipun haid ini lancar, akan tetap sia wanita dapat menyebabkan sulit untuk dapatkan momongan. Terutama pada wanita usia 35 tahun yang akan mengalami penurunan fungsi dan kuantitas sel telur.

Meskipun haid ini masih lancar akan tetapi tidak dengan kesuburannya. Jadi jika seorang wanita punya siklus menstruasi yang tetapi. Tetapi dirinya belum tentu bisa berhasil untuk hamil karena faktor usia tersebut.

2. Jarang Melakukan Hubungan Intim

Apabila seorang wanita punya jadwal haid yang baik, namun dirinya bisa belum hamil karena kurang lakukan hubungan intim. Ini adalah salah satu penyebab mengapa wanita sulit untuk hamil.

Frekuensi hubungan seks suami istri itu dapat mempengaruhi peluang kehamilan. Untuk itu yang sedang program kehamilan, pasti akan disuruh untuk sering-sering melakukan hubungan seks. Karena hal tersebut dapat meningkatkan peluang hamil.

Waktu terbaik untuk lakukan hubungan suami istri adalah ketika sedang ovulasi. Hal ini dilakukan karena dapat meningkatkan peluang kehamilan lebih tinggi lagi.

3. Tersumbatnya Saluran Tuba

penyebab susah hamil padahal haid lancar

Penyebab susah hamil padahal haid lancar bisa jadi salah satunya karena saluran tuba tersumbat. Tuba falopi ini adalah dua saluran yang dapat turun serta mengalir dari indung telur  hingga menuju rahim.

Penyumbatan tuba falopi ini bisa disebabkan karena adanya penyakit menular seksual. Umumnya terjadi karena adanya klamidia, gonore atau radang panggul.

Gejala yang umumnya terjadi pada wanita yang saluran tubanya adalah adanya nyeri panggul atau perut bagian bawah. Bahkan nyeri ini dapat juga terjadi secara teratur meskipun anda tetap mengalami PMS.

4. Adanya Prosedur Medis Dan Pengaruh Obat-Obatan Tertentu

Beberapa prosedur medis menjadi mengapa wanita sulit untuk hamil, meskipun siklus haidnya lancar. Sebagai contoh adanya operasi pada rahim seperti pengangkatan kista atau mioma.

Prosedur tersebut bisa saja meninggalkan bekas luka yang kemudian mempengaruhi kesuburan wanita.

Di samping itu juga konsumsi obat dengan anti inflamasi non-steroid dalam jangka panjang juga dapat dikatakan dapat berdampak pada tingkat kesuburan seorang wanita.

5. Obesitas

penyebab susah hamil padahal haid lancar

Obesitas pada wanita ternyata bisa menjadi penyebab mengapa wanita sulit hamil. Hal ini disebabkan karena adanya produksi hormon tubuh yang sangat meningkat pada tubuh.

Selain itu juga wanita dengan tubuh yang terlalu kurus bisa menjadi salah satu penyebab mengapa sulit hamil. Tubuh yang terlalu kurus ini tidak dapat memproduksi esterogen dengan baik. Sehingga biasa jadi siklus haid juga ikut terganggu.

Itulah tadi beberapa penyebab susah hamil padahal haid lancar. Meskipun haid lancar, namun bisa jadi seorang wanita sulit hamil karena beberapa faktor yang telah disebutkan di atas tadi.