Payudara Bengkak Tidak Keluar ASI? Ini Penyebab dan 5 Cara Mengatasinya

Bunda sedang dalam masa menyusui namun payudara bengkak tidak keluar ASI? Kondisi seperti ini memang pada umumnya muncul di masa ibu menyusui.

Tidak jarang juga disertai rasa nyeri pada payudara yang cukup menyiksa. Padahal, bunda merasa sudah makan cukup dan tidak melakukan perubahan rutinitas.

Kira-kira apa saja sih penyebab kondisi tersebut? Apa pula yang bisa dilakukan untuk mengatasinya? Cek selengkapnya melalui pembahasan di bawah ini

Penyebab Payudara Bengkak Tidak Keluar ASI

Payudara Bengkak Tidak Keluar ASI

Hana Maharani, seorang konsuler menyusui Fenucaps Indonesia menuturkan, terdapat beberapa penyebab pembengkakan payudara dan membuat asi tidak keluar disertai nyeri, yaitu sebagai berikut:

  • Penyumbatan saluran ASI contohnya seperti adanya lemak yang menumpuk sehingga susu tidak mau mengalir
  • Kelelahan, stres, tubuh bunda kekurangan asupan zat besi
  • Frekuensi menyusui yang kurang atau justru tidak rutinPosisi payudara tertekan, bisa disebabkan salah tidur, ukuran bra tidak tepat, dan lainnya
  • Gangguan pada hormon sekresi ASI

Cara Mengatasi Payudara Bengkak Tidak Keluar ASI

Apakah sekarang bunda sedang mengalami payudara bengkak namun sulit mengeluarkan ASI? Jangan buru-buru panik dan stres, ada beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut diantaranya seperti:

1. Pijat Laktasi

Jika memungkinkan, bunda bisa mencoba melakukan pijat laktasi. Caranya mudah, pertama bunda bisa mencuci dulu tangan hingga bersih.

Setelah itu, lanjutkan dengan memijat bagian payudara dengan gerakan memutar di sekitar puting 15-20 kali.

Jangan lupa, urut pelan dari bawah hingga mengerucut sampai area puting, kemudian pelintir bagian puting perlahan sebanyak beberapa kali. Bunda bisa lakukan gerakan tersebut setiap hari.

2. Kompres Payudara

Kalau yang satu ini merupakan cara mengatasi payudara bengkak tidak keluar ASI paling sederhana. Bunda hanya perlu kompres dengan air hangat pada bagian payudara yang terasa keras atau bengkak.

Nantinya, rasa hangat yang dihasilkan oleh kompres akan melebarkan pembuluh darah di sekitar payudara. Dengan begitu, perlahan sumbatan pada kelenjar susu bisa lepas dengan sendirinya.

Selain itu, sangat disarankan bagi bunda yang sedang menyusui untuk membiasakan diri mandi air hangat. Pasalnya, aktivitas tersebut tentu akan mempermudah penyembuhan masalah payudara bunda.

3. Pakai Pompa Payudara

Payudara bunda bengkak lalu sulit mengeluarkan ASI, pastinya akan berdampak pada si kecil bukan? Walaupun sulit mengeluarkan ASI, bukan berarti bunda tidak memberikannya sama sekali.

Tetap usahakan memberikan ASI untuk si kecil dengan mencoba menggunakan pompa payudara. Pasalnya, bukan tidak mungkin ASI yang tidak mau keluar terjadi karena kelenjar susu bunda mengalami stres atau lecet.

Setelah dipompa, bunda tetap bisa memberikan ASI lewat botol susu atau biarkan si kecil minum dari sendok.

4. Hindari Stres

Payudara Bengkak Tidak Keluar ASI

Sudah sedikit disinggung sebelumnya, penyebab payudara bengkak sampai tak mengeluarkan ASI adalah karena bunda stres.

Sebagai informasi saja, kondisi semacam ini bisa dialami oleh ibu-ibu bahkan yang sudah pernah melahirkan berkali-kali.

Artinya, bunda tidak boleh terlalu memikirkannya, sampai stres sendiri. Yakinlah, kondisi ini bisa diatasi dan kembali normal.

Daripada stres, lebih baik bunda mendengarkan musik, bersantai, atau membaca buku supaya lebih rileks.

5. Minum Obat

Apakah dari beberapa cara di atas belum membuahkan hasil? Bunda bisa mencoba cara yang satu ini sebagai jalan terakhir.

Hanya saja, akan lebih baik lagi jika sebelumnya konsultasikan dulu ke dokter supaya lebih aman. Dokter biasanya akan memberikan resep yang sesuai dengan keluhan dan kondisi tubuh bunda.

Itu dia tadi penyebab dan cara mengatasi payudara bengkak tidak keluar ASI. Bunda yang saat ini sedang menyusui dan mengalami masalah yang sama, bisa menjadikan informasi di atas sebagai bahan referensi.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait