Ini 5 Penyebab Anak Telat Tumbuh Gigi, Bisa Jadi Karena Masalah Hipotiroidisme

Semua yang terkait dengan tumbuh kembang anak pasti akan jadi perhatian khusus ibu, termasuk soal pertumbuhan gigi. Meskipun jarang ditemukan, anak telat tumbuh gigi harus segera ditemukan penyebabnya.

5 Penyebab Anak Telat Tumbuh Gigi

Anak telat tumbuh gigi bisa

Umumnya, gigi anak akan tumbuh pada usia 6 bulan. Pertumbuhan gigi pada anak ini biasanya ditandai dengan gusi bengkak, banyak mengeluarkan air liur dan suka mengunyah segala macam benda yang ada di sekitar.

Namun jika selama lima belas bulan si anak belum mengalami tanda akan tumbuh gigi, beberapa hal dibawah ini bisa jadi penyebabnya:

1. Faktor Keturunan

Telat tumbuh gigi hingga anak berusia lebih dari 15 bulan bisa jadi karena faktor keturunan.

Hal ini berdasarkan fakta bahwa, faktor keturunan adalah salah satu penyebab yang paling banyak terjadi pada kelainan pertumbuhan anak.

Hampir sebagian besar kelainan pada organ tubuh biasanya sering disebabkan oleh faktor keturunan. Hal ini memang wajar terjadi karena si anak lahir juga mengikuti gen orang tua.

Jadi jika orang tua juga memiliki masalah pertumbuhan gigi, maka jangan heran kalau si anak juga mengalami masalah serupa.

2. Masalah Hipotiroidisme

Anak telat tumbuh gigi

Hipotiroid adalah kondisi dimana kelenjar tiroid tidak berproduksi secara normal sehingga memunculkan ketidakseimbangan pada bagian organ tubuh tertentu.

Hal ini biasanya mempengaruhi pada detak jantung, suhu tubuh, dan sistem metabolisme tubuh.

Jika anak termasuk bagian kelompok yang lahir dengan jumlah tiroid kurang, maka akan memiliki keterlambatan pada proses pertumbuhan salah satunya tumbuh gigi.

3. Down Syndrom

Bisa jadi anak mengalami keterlambatan tumbuh gigi karena kelainan secara medis. Down Syndrom adalah salah satu contoh faktor yang dapat bunda perhatikan.

Si anak bisa saja mengalami gangguan fisik pada bagian rahang dan gusi. Kelainan itulah yang kemungkinan anak mengalami gejala yang tidak biasa.

Selain itu, pertumbuhannya tidak akan senormal anak-anak pada umumnya jika tidak segera diatasi secara medis.

4. Kurangnya Asupan Gizi

Dalam kasus lain, anak terlambat tumbuh gigi bisa disebabkan karena kurangnya asupan gizi.

Semua dokter atau pakar kesehatan juga biasa menjelaskan bahwa usia anak-anak adalah kondisi dimana harus diberikan gizi yang komplit.

Apalagi masa pertumbuhannya juga dipengaruhi dari apa yang bunda berikan ke mulutnya.

Tidak hanya masalah gigi, anak yang kekurangan gizi dapat berpengaruh terhadap fungsi otak dan perkembangan lainnya.

Maka dari itulah sangat penting bagi bunda untuk menjaga pola makan yang sehat untuk si anak ya bun.

5. Benturan Atau Kecelakaan Masa Lalu

Belum tumbuh gigi saat menginjak usia paling lama 1 tahun tentunya menimbulkan pertanyaan tersendiri.  Biasanya hal ini disebabkan karena dulunya si anak pernah mengalami benturan yang serius di area rahang.

Jika tidak segera ditangani, bisa saja si anak akan mengalami kelainan pada area rahang. Maka dari itu agar tidak terjadi, pastikan bunda selalu pantau jika anak telat tumbuh gigi ya.

Jadi itulah beberapa alasan dan penyebab anak telat tumbuh gigi selama lebih dari 15 bulan. Jika bunda merasa adalah masalah dalam tumbuh kembang anak termasuk gigi, segera lakukan pemeriksaan ya.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait