5 Manfaat Cek Kesehatan Sebelum Menikah Agar Tidak Salah Pilih

Ilustrasi Cek Kesehatan Sebelum Menikah Foto : Shutterstock

Premarital check up atau disebut juga cek kesehatan sebelum menikah adalah tindakan yang wajib dilakukan untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan diri sendiri dan pasangan.

Selain itu salah satu manfaat cek kesehatan sebelum menikah untuk mencegah penyakit pada calon bayi, Pemeriksaannya meliputi pemeriksaan genetik, penyakit menular dan infeksi melalui darah.

Di negara-negara lain, pre marital check up ini sudah menjadi kewajiban tiap pasangan sebelum menikah. Hal ini karena, seseorang yang tampak sehat bisa saja memiliki sifat bawaan (carrier) penyakit tertentu.

Jenis Cek Kesehatan Sebelum Menikah

manfaat cek kesehatan sebelum menikah
Ilustrasi Cek Kesehatan Foto : Canva

Cek kesehatan sebelum menikah apa aja? Menurut Kementerian Kesehatan RI ada 7 jenis tes yang akan calon pengantin lewati dalam pre-marital check up, antara lain:

  1. Pemriksaan darah
  2. Tes golongan darah dan rhesus
  3. Deteksi hepatitis B
  4. Tes TORCH
  5. Pemeriksaan HIV/AIDS
  6. Tes gula darah
  7. Tes urin

Waktu Ideal Melakukan Premarital Check Up

Beberapa ahli menyarankan agar check up pra-pernikahan dilakukan setidaknya 3 bulan sebelum acara pernikahan. Bahkan, Kementrian Kesehatan merekomendasikan agar setiap calon pasangan suami-istri menjalani tes kesehatan 6 bulan sebelum menikah

Manfaat Cek Kesehatan Sebelum Menikah

manfaat cek kesehatan sebelum menikah
Ilustrasi Cek Kesehatan Foto : Canva

Cek kesehatan sebelum menikah sangat penting dilakukan agar keluarga yang dibangun nantinya hidup dengan sehat. Berikut ini manfaat melakukan pre marital check up yang perlu diketahui.

1.     Mengenali riwayat penyakit diri sendiri dan pasangan

Manfaat pertama yang akan didapat saat cek kesehatan sebelum menikah adalah lebih mengenali riwayat penyakit sendiri dan pasangan. Beberapa orang tidak menjadikan cek kesehatan sebagai sebuah rutinitas maka dari itu manfaat momen pengecekan sebelum menikah ini.

2.     Menghindarkan dari penyakit menular berbahaya

Saat memilih pasangan seumur hidup tentu setiap orang ingin yang terbaik. Apabila saat cek kesehatan pasangan ternyata memiliki penyakit menular berbahaya maka perlu tindak lanjut medis. Tentu saja agar penyakit tersebut tidak menular.

3.     Mengenali lebih dini risiko penyakit yang mungkin muncul

Terkadang seseorang yang tampak sehat bisa saja memiliki sifat bawaan (carrier) penyakit tertentu. Maka dari itu cek kesehatan sebelum menikah akan bantu menghindarkan kemungkinan itu sedini mungkin.

4.     Mencegah penyakit pada calon bayi

Salah satu orientasi pasangan menikah adalah memiliki keturunan. Untuk mempersiapkan keturunan yang sehat, calon ibu dan ayah juga harus sehat dahulu. Sekarang sudah lebih mudah karena tes kesehatan sebelum menikah di puskesmas juga bisa dilakukan.

5.     Mental untuk menikah jadi semakin siap

Terakhir adalah mental pasangan menikah jadi lebih siap dan mantap. Kedua mempelai jadi semakin terbuka apabila memiliki riwayat penyakit tertentu, sehingga bisa bersama-sama mencari jalan keluarnya.

Setiap orang berhak mendapat pasangan hidup terbaik mereka. Maka dari itu cek kesehatan sebelum menikah mutlak dilakukan agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. Semoga bermanfaat!

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait