7 Manfaat Berenang untuk Ibu Hamil dan Janin

Ilustrasi Ibu Hamil Berenang

Pada saat hamil, banyak ibu yang menghindari olahraga karena takut membahayakan kesehatan janin. Padahal, olahraga yang dilakukan dengan benar justru dapat memberikan manfaat bagi kesehatan ibu dan janin. Salah satu olahraga yang aman bagi ibu hamil adalah berenang.

Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang sangat disarankan bagi ibu hamil. Tidak hanya memberikan manfaat kesehatan bagi ibu, tetapi juga sangat baik untuk pertumbuhan janin dalam kandungan.

Bolehkah ibu hamil berenang?

Ibu hamil diperbolehkan untuk berenang selama kondisi kehamilan dan kesehatan ibu dan janin dalam keadaan baik. Berenang dapat memberikan manfaat seperti meredakan nyeri pada persendian dan otot, meningkatkan kesehatan jantung dan pernapasan, meningkatkan stamina dan kekuatan otot, serta mengurangi risiko cedera.

Manfaat berenang untuk ibu hamil

ibu hamil berenang
Ilustrasi ibu hamil berenang Foto : Canva

Berenang dapat menjadi pilihan olahraga yang aman dan bermanfaat bagi ibu hamil. Berikut manfaat berenang untuk ibu hamil

1. Meningkatkan Kondisi Kardiovaskular

Berenang dapat membantu meningkatkan kondisi kardiovaskular ibu hamil dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Ini dapat membantu meningkatkan kesehatan ibu hamil dan janin, serta mengurangi risiko masalah kesehatan seperti preeklampsia dan diabetes gestasional.

2. Mengurangi Ketidaknyamanan pada Ibu Hamil

Ibu hamil sering mengalami ketidaknyamanan seperti sakit punggung, bengkak pada kaki, dan nyeri sendi. Berenang dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan ini dan memberikan kenyamanan pada tubuh ibu hamil.

3. Meningkatkan Kebugaran

Berenang dapat membantu meningkatkan kebugaran ibu hamil, membuatnya lebih mudah untuk menghadapi persalinan dan mengurangi waktu pemulihan setelah melahirkan.

4. Meningkatkan Kestabilan Emosional

Berenang juga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kestabilan emosional pada ibu hamil. Hal ini dapat membantu mempertahankan kesehatan mental ibu hamil, yang sangat penting selama masa kehamilan.

5. Stimulasi Perkembangan Janin

Gerakan dalam air dapat memberikan stimulasi pada janin, yang dapat meningkatkan pertumbuhannya. Berenang juga dapat membantu meningkatkan kemampuan janin untuk mengembangkan koordinasi dan keseimbangan.

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Berenang adalah olahraga aerobik yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, berenang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, yang sering kali meningkat pada ibu hamil.

7. Meningkatkan stamina dan kebugaran

Berenang juga dapat membantu meningkatkan stamina dan kebugaran ibu hamil. Selain itu, berenang juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan mencegah terjadinya obesitas selama kehamilan

Kapan sebaiknya ibu hamil berenang

ibu hamil berenang
Ilustrasi ibu hamil berenang Foto : Canva

Trimester ketiga adalah waktu yang tepat untuk berenang. Pada trimester ini, jenis olahraga lain mungkin sudah tidak dapat dilakukan karena pertambahan berat badan yang semakin besar. Berenang dapat memberikan manfaat yang optimal bagi ibu hamil pada trimester ini.

Durasi dan frekuensi berenang yang dianjurkan adalah 20-30 menit setiap sesinya. Ibu hamil dapat berenang 1-2 kali seminggu diselingi dengan olahraga lain, seperti yoga atau pilates ibu hamil, senam hamil, atau berjalan santai di sekitar rumah.

Tips aman berenang selama kehamilan

Meskipun berenang dapat menjadi olahraga yang aman bagi ibu hamil, namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan

  • Hindari berenang di air yang terlalu dingin atau terlalu panas. Suhu air yang ideal untuk berenang selama kehamilan adalah antara 24-28 derajat Celsius.
  • Hindari berenang terlalu lama atau terlalu keras, jangan sampai kelelahan.
  • Pastikan untuk minum cukup air sebelum dan sesudah berenang untuk menjaga hidrasi tubuh.
  • Gunakan pakaian renang yang nyaman dan pas untuk ibu hamil agar tidak membahayakan keseimbangan tubuh.

Berenang selama kehamilan sangat dianjurkan untuk membantu menjaga kesehatan ibu dan janin. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter dan mengikuti aturan keselamatan yang tepat agar berenang selama kehamilan dapat dilakukan dengan aman dan nyaman.

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait