5 Cara Diet Setelah Melahirkan, Terbukti Ampuh Turunkan Berat Badan

Ilustrasi Diet Foto : Canva

Diet setelah melahirkan nampaknya menjadi aktivitas yang menantang bagi kebanyakan perempuan, Pasalanya, Setelah melahirkan, tubuh memerlukan waktu untuk pulih dan mengembalikan bentuk yang semula. Banyak perempuan merasa kesulitan dalam menjaga berat badan setelah melahirkan, terutama bagi mereka yang mengalami kenaikan berat badan yang signifikan selama masa kehamilan.

Tips Diet Setelah Melahirkan

setelah melahirkan, ada banyak hal yang harus dibenahi, termasuk memulihkan bentuk tubuh dan kesehatan, Untuk membantu menjaga bentuk tubuh dan kesehatan setelah melahirkan, berikut adalah beberapa cara diet setelah melahirkan yang bisa Mams lakukan:

1. Konsumsi makanan sehat

Setelah melahirkan, penting untuk memulai menkonsumsi makanan yang sehat. Ini berarti menghindari makan makanan berlemak dan junk food serta mengonsumsi makan yang kaya akan nutrisi seperti sayuran dan buah-buahan. Mams juga perlu memastikan untuk memperbanyak asupan protein untuk membantu mempercepat proses penyembuhan dan membangun kembali jaringan otot.

2. Kurangi asupan kalori

Langkah selanjutnya adalah mengurangi asupan kalori. Ini berarti membatasi jumlah makanan yang Mams konsumsi sehingga Mams dapat membakar lebih banyak kalori daripada yang dikonsumsi. Namun, perlu diingat bahwa Mam tidak boleh mengurangi asupan kalori secara drastis karena ini dapat mempengaruhi produksi ASI.

3. Olahraga secara teratur

diet setelah melahirkan
Ilustrasi Olahraga Foto : Canva

Berolahraga secara teratur adalah bagian penting dari diet setelah melahirkan. Ini bisa melibatkan aktivitas ringan seperti jalan-jalan, yoga, atau latihan ringan lainnya. Ini dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak. Beberapa jenis olahraga juga dapat meningkatkan produksi ASI

4. Mencukupi kebutuhan cairan

Minum air putih yang cukup sangat penting bagi kesehatan dan diet setelah melahirkan. Air putih membantu mengatasi dehidrasi dan membantu membuang racun dari tubuh. Minum setidaknya 8-10 gelas air putih setiap hari akan membantu proses detoksifikasi.
,mempercepat proses penyembuhan dan memulihkan bentuk tubuh.

5. Istirahat yang cukup

Menjaga jam tidur dan istirahat yang cukup juga sangat penting bagi kesehatan dan diet setelah melahirkan. Ini akan membantu Mams mempercepat pemulihan dan membantu mengatasi masalah seperti kelelahan dan stres.

Kapan bisa mulai diet setelah melahirkan

Waktu yang tepat untuk mulai diet setelah melahirkan bervariasi, tergantung kondisi tubuh masing-masing perempuan, Namun pada umumnya dokter akan merekomendasikan untuk menunggu setidaknya 6-8 minggu setelah melahirkan sebelum mulai melakukan ativitas berat atau diet. Hal ini karena tubuh membutuhkan waktu untuk pulih dan memulihkan energinya setelah melahirkan.

Diet setelah melahirkan bukanlah hal yang sulit, tapi butuh tindakan dan kesabaran. Dengan membatasi asupan kalori, memilih makanan sehat dan bergizi, minum air putih yang cukup, olahraga secara teratur, dan menjaga jam tidur dan istirahat yang cukup, Mams akan dapat memulihkan bentuk tubuh dan kesehatan dengan mudah. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi jika Mams memiliki masalah kesehatan khusus. Semoga Bermanfaat!

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait