Kenapa Anak Suka Berbohong? Begini Cara Mengatasinya

Ilustrasi anak-anak Foto: canva

Tentunya anak yang suka berbohong bikin bunda sedih. Oleh sebab itu kenapa anak suka berbohong? Simak di sini bunda cara mengatasinya.

Perilaku buruk yang wajib dihindari oleh anak-anak yaitu sifat suka berbohong bunda.  Karena berbohong akan membuat anak terjerumus pada perilaku buruk lainnya.

Oleh karena itu, bunda sebagai orang tua harus tahu bagaimana menangani anak suka berbohong. Berikut cara mengatasi anak suka berbohong.

Cara mengatasi anak suka berbohong

Anak suka berbohong tentunya mempunyai beberapa penyebab dan alasan. Sebelum bunda mengetahui cara mengatasi anak suka berbohong. Simak dulu berikut ini alasan kenapa anak suka berbohong:

Terdapat beberapa alasan kenapa anak suka berbohong, salah satunya adalah ingin membuat cerita seru, untuk menutupi sesuatu supaya ai tidak dimarahi atau mendapat masalah.

Selain itu anak ingin melihat bagaimana orangtua atau orang lain merespons apa yang ia katakan, ingin melakukan percobaan seperti berpura-pura apa yang ia ceritakan adalah nyata.

Anak juga terkadang suka mencari perhatian atau membuat dirinya terlihat lebih baik, bisa juga sang buah hati bunda tidak ingin menyakiti perasaan orang lain.

Itu tadi bunda penyebab anak suka berbohong. Setelah tahu hal itu, bunda wajib tahu cara mengatasinya. Simak di sini cara mengatasi anak suka berbohong:

anak suka berbohong
Ilustrasi anak-anak Foto: canva

1. Jelaskan bedanya kebohongan dan kejujuran

Untuk cara mengatasi anak suka berbohong yang pertama adalah bunda wajib menjelaskan bedanya kebohongan dan kejujuran. Hal ini di harapkan sang buah hati bunda tahu mana hal yang nyata mana yang tidak.

Jelaskan perbedaan kejujuran dan kebohongan ini, hal ini bertujuan untuk melatih sang buah hati bunda untuk jujur sejak dini dan untuk mengatasi anak yang suka berbohong.

2. Memberitahu dampak dari berbohong

Bunda bisa memberitahu dampak dari berbohong jika sang buah hati bunda suka berbohong. Beritahu sang anak jika sering berbohong akan tidak dipercayai orang lain dan tidak akan memiliki teman.

Hal ini bukan bermaksud menakut-nakuti sang anak, tapi memberikan gambaran saja jika sang anak suka berbohong. Dengan hal itu anak akan berpikir dua kali jika ingin berbohong.

3. Memberi hadiah ketika anak jujur

Memberi hadiah ketika anak jujur juga menjadi salah satu cara mengatasi anak suka berbohong. Untuk mengatasi anak suka berbohong bisa membiasakan anak berbicara jujur.

Ajak anak berbicara dan tetapkan aturan jika berbohong akan mendapatkan hukuman begitu juga sebaliknya, jika berkata jujur akan di beri pujian dan hadiah juga.

4. Tanya alasan anak berbohong

Untuk cara mengatasi anak suka berbohong yang keempat adalah tanya apa alasan anak suka berbohong. Tanyakanlah kenapa anak suka berbohong, dengarkan alasan mereka dan jadilah pendengar yang baik untuk anak.

5. Beri contoh yang baik

Cara mengatasi anak suka berbohong yang terakhir adalah dengan memberi contoh yang baik kepada sang anak. Karena anak yang suka berbohong bisa saja berasal dari faktor lingkungan.

Apa lagi jika orangtua sudah mengajarkan anak jujur, pastinya sang anak akan mengikuti kebiasaan baik tersebut. Hindarilah membohongi anak ya bunda.

Itu tadi bunda cara mengatasi anak suka berbohong serta penyebab kenapa anak suka berbohong. Semoga dengan adanya informasi ini bisa membantu bunda mengatasi masalah kepada anak.

Jangan memarahi anak atau membentak jika ia berbohong. Cukup ingatkan baik-baik dan ajarkan kepada anak untuk jujur bunda. Terima kasih sudah membaca sampai akhir dan sampai jumpa.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait