Catat, Bunda! Momen Menggemaskan Kapan Bayi Bisa Tengkurap dan Mengangkat Kepala

kapan bayi bisa tengkurap/source: FristCry Parenting

Sebagai seorang Bunda, mengetahui kapan bayi bisa tengkurap dapat membantu Bunda memahami perkembangan motoriknya. Bunda juga tentu tak sabar menantikan setiap perkembangan si kecil, terutama saat mereka mencapai tonggak-tonggak penting dalam perkembangannya.

Salah satu momen menggemaskan yang pasti bikin hati Bunda meleleh adalah ketika si kecil bisa main tengkurap dan mengangkat kepala dengan gemasnya. Tapi, kapan si kecil mulai menguasai gerakan ajaib ini?

Kapan Bayi Bisa Tengkurap dan Mengangkat Kepala?

kapan bayi bisa tengkurap
kapan bayi bisa tengkurap/source: Parents

Bunda, tidak perlu khawatir jika si kecil belum menunjukkan tanda-tanda bisa main tengkurap pada usia yang Bunda harapkan. Setiap bayi memiliki ritme perkembangan masing-masing.

Umumnya, si kecil mulai menunjukkan minat untuk main tengkurap dan mengangkat kepala sekitar usia 3-4 bulan. Namun, beberapa bayi mungkin lebih cepat atau lambat dalam mencapai milestone ini.

Pada awalnya, si kecil mungkin hanya bisa mengangkat kepala sebentar saat berbaring tengkurap. Bunda bisa membantu si kecil dengan meletakkan mainan di depannya atau memberikan dukungan lembut di bagian perutnya.

Seiring waktu, kekuatan leher dan otot si kecil akan bertambah, memungkinkan mereka untuk mengangkat kepala lebih lama dan bahkan mencoba berputar.

Cara Bunda Membantu Si Kecil Mengembangkan Kemampuan Tengkurapnya

1. Waktu Bermain yang Menyenangkan

kapan bayi bisa tengkurap
Mengajak bayi bermain/source: Sprout+trive

Cara pertama untuk mengetahui kapan bayi bisa tengkurap adalah bunda bisa membuat waktu bermain menjadi momen yang penuh kesenangan. Letakkan mainan di depan si kecil sehingga mereka tertarik untuk mencapainya. Ini akan merangsang mereka untuk bergerak dan berlatih mengangkat kepala.

2. Perlahan-lahan

Bunda, tidak perlu terburu-buru. Pada tahap awal, si kecil mungkin hanya dapat mengangkat kepala sebentar. Dukungan dan pujian Bunda sangat penting untuk memotivasi mereka.

3. Peregangan Otot

Momen kapan bayi bisa tengkurap juga bisa stimulus setelah beberapa bulan, Bunda bisa melakukan peregangan lembut pada otot-otot leher dan bahu si kecil. Peregangan ini membantu meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan otot, mempersiapkan mereka untuk milestone berikutnya.

Fase Kemampuan Tengkurap Bayi

1. 3-4 Bulan

kapan bayi bisa tengkurap
Fase awal bayi bisa tengkurap/source: Parents

Biasanya, pada usia ini, si kecil dapat mengangkat kepala sebentar saat berada dalam posisi tengkurap. Mereka masih belum memiliki kekuatan yang cukup untuk berputar atau merangkak.

2. 5-6 Bulan

Si kecil mungkin sudah bisa mengangkat kepala lebih lama dan berputar sedikit. Beberapa bayi bahkan mulai menunjukkan minat untuk merangkak.

3. 7-8 Bulan

Pada usia ini, si kecil mungkin sudah dapat merangkak dengan lancar dan mengendalikan gerakan tubuhnya dengan lebih baik. Bunda, pastikan area bermain aman agar si kecil dapat menjelajahi dunianya dengan bebas.

Perlunya Pengawasan Bunda

Meskipun si kecil mulai menguasai keterampilan bermain tengkurap, tetaplah waspada dan awasi mereka dengan cermat. Pastikan area bermain aman dari objek berbahaya, dan letakkan bantal atau alas empuk untuk mencegah cedera jika si kecil jatuh.

Bunda, mengetahui kapan bayi bisa tengkurap juga penting, namun setiap bayi memiliki perkembangan yang unik.  Jangan khawatir jika si kecil belum mencapai semua milestone pada usia yang ditentukan.

Lakukan aktivitas ini dengan santai dan penuh kasih sayang. Ingatlah bahwa momen-momen menggemaskan bersama si kecil adalah hadiah terindah yang bisa Bunda nikmati. Selamat menikmati setiap langkah kecil perkembangan si kecil, Bunda!

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hobi Menulis, Berkarya dan Bermanfaat untuk Dunia

Artikel Terkait