Diabetes pada Anak: Kenali Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi Pengecekan Diabetes Foto : Canva

Diabetes merupakan penyakit yang menimbulkan masalah pada metabolisme gula dalam tubuh. Banyak orang yang terkena diabetes, termasuk anak-anak. Diabetes pada anak-anak sering kali disebut diabetes tipe 1, karena sel-sel pankreas yang memproduksi insulin terus-menerus dihancurkan oleh sistem kekebalan tubuh.

Diabetes pada anak dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang, seperti kerusakan pada pembuluh darah, kerusakan pada saraf, dan masalah mata. Namun, dengan perawatan dan pengawasan yang tepat, banyak anak dengan diabetes dapat menjalani hidup normal dan produktif.

Penyebab Diabetes pada Anak

diabetes pada anak
Anak Cek Diabetes Foto : Canva

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan diabetes pada anak antara lain:

1. Faktor genetik

Faktor genetik memegang peran penting dalam timbulnya diabetes pada anak. Bila salah satu dari orang tua atau kerabat dekat menderita diabetes, maka kemungkinan anak juga menderita kondisi ini akan lebih tinggi. Namun, faktor genetik tidak selalu menjadi satu-satunya penyebab diabetes pada anak.

2. Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Gaya hidup yang tidak sehat, seperti pola makan yang tidak seimbang dan kurang aktifitas fisik, dapat meningkatkan risiko terkena diabetes pada anak. Anak yang terbiasa mengonsumsi makanan yang tinggi kalori, lemak, dan gula dapat menyebabkan obesitas dan meningkatkan risiko terkena diabetes.

3. Stres dan Faktor Lingkungan

Stres dan faktor lingkungan juga dapat mempengaruhi kesehatan dan meningkatkan risiko terkena diabetes pada anak. Anak-anak yang tinggal di lingkungan yang tidak sehat, seperti lingkungan yang polusi dan kurang akses terhadap makanan bergizi, memiliki risiko yang lebih tinggi untuk menderita diabetes.

4. Penggunaan Obat dan Steroid

Penggunaan obat dan steroid dalam jangka waktu yang lama juga dapat meningkatkan risiko terkena diabetes pada anak. Obat-obatan tertentu, seperti steroid, dapat meningkatkan tingkat gula dalam darah dan mempengaruhi keseimbangan insulin dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan risiko terkena diabetes.

Gejala Diabetes pada Anak

Gejala diabetes pada anak bisa berbeda-beda. Namun, beberapa gejala umum yang sering terjadi pada anak dengan diabetes meliputi:

  • Sering haus dan buang air kecil
  • Lapar yang berlebihan
  • Sering merasa lelah dan lesu
  • Luka pada tubuh anak susah sembuh
  • Anak kurang berat badan meski makan banyak
  • Infeksi yang sulit sembuh
  • Penurunan berat badan secara drastis

Cara Mengetahui Diabetes pada Anak

cek diabetes
Cek Diabetes Foto : Canva

Cara cek diabetes pada anak, bisa melakukan pemeriksaan gula darah secara rutin. Bila hasil pemeriksaan menunjukkan tingkat gula darah yang tinggi, Mams sebagai orangtua harus segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan diagnosis dan menentukan tindakan yang tepat.

Cara Mencegah Diabetes pada Anak

Untuk mencegah terjadinya diabetes pada anak, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan:

1. Mengatur pola makan yang sehat

Pola makan yang sehat merupakan hal yang sangat penting bagi kesehatan anak. Orang tua harus memastikan bahwa anak mereka makan makanan yang sehat dan bergizi, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan bahan pokok yang berkualitas tinggi.

2. Mengurangi konsumsi gula

Konsumsi gula yang berlebihan dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes pada anak. Orang tua harus mengurangi jumlah gula yang dikonsumsi oleh anak, terutama dalam bentuk minuman ringan, permen dan makanan yang mengandung banyak gula.

3. Mengajak anak untuk berolahraga

Olahraga merupakan cara yang efektif untuk mencegah terjadinya diabetes pada anak. Olahraga dapat membantu menjaga berat badan dan memperbaiki kondisi kesehatan secara keseluruhan. Orang tua harus mengajak anak untuk berolahraga secara teratur, seperti berlari, berenang, atau bermain olahraga lainnya.

4. Mengajarkan gaya hidup sehat

Orang tua harus mengajarkan gaya hidup sehat pada anak, seperti tidur yang cukup, menjaga berat badan ideal, dan menghindari asap rokok. Hal ini dapat membantu mencegah terjadinya diabetes pada anak.

Diabetes pada anak bukanlah hal yang jarang terjadi. Banyak faktor yang dapat menyebabkan kondisi ini, mulai dari faktor genetik, gaya hidup yang tidak sehat, stres, faktor lingkungan, dan faktor lainnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui dan mencegah diabetes pada anak sejak dini. Dengan memperhatikan asupan makan, aktivitas fisik, kondisi mental, lingkungan, dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, kita dapat membantu mencegah terjadinya diabetes pada anak.

Temukan Artikel Lainya di Google News

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait