6 Cara Tradisional Untuk Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi, Tanpa Obat Hasilnya Efektif

Tidak selalu dengan obat, ternyata ada cara tradisional mengatasi perut kembung pada bayi yang bisa moms coba di rumah. Beberapa cara ini terbilang sederhana, namun efeknya benar-benar nyata.

Lantas, seperti apa cara mengobati perut kembung pada bayi dengan metode tradisional ini?

Cara Tradisional Untuk Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Cara Tradisional Untuk Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Agar bayi tetap aman dan tidak rewel akibat perut kembung, moms bisa coba beberapa cara tradisional seperti berikut ini

1. Menggendong Bayi

Cara tradisional pertama yang bisa moms lakukan untuk mengatasi perut bayi yang kembung yaitu dengan menggendong bayi dalam posisi tegak. Cara ini sangat mudah dan efektif untuk moms lakukan di rumah.

Untuk melakukannya, moms bisa menggendong bayi dengan posisi dagu bayi yang bertumpu di bahu. Lalu usap dan tepuk punggung bayi secara perlahan menggunakan salah satu tangan yang lain.

2. Pijat Perut Bayi

Melakukan pijatan secara lembut di sekitar perut dengan gerakan searah jarum jam dapat membantu mengeluarkan gas yang ada di dalam perut bayi.

Agar proses memijat bisa lebih mudah, moms bisa mengoleskan minyak zaitun ke seluruh bagian perut bayi.

Minyak zaitun sangat aman digunakan oleh bayi karena memiliki sifat anti nyeri dan anti radang sehingga dapat meredakan gejala kembung pada bayi.

3. Mengoleskan Minyak Telon

Penggunaan minyak telon memang selalu identik dengan bayi, selain menghangatkan minyak telon juga bisa digunakan untuk mengatasi perut kembung.

Hal ini dikarenakan minyak telon mengandung ekstrak minyak adas yang dapat melemaskan otot-otot dinding perut, sehingga memudahkan gas di dalam perut bayi untuk keluar.

4. Gunakan Air Hangat

Cara Tradisional Untuk Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Penggunaan air hangat ternyata juga bisa menjadi cara tradisional untuk mengatasi perut kembung pada bayi. Moms bisa memandikan bayi dengan air hangat secara perlahan.

Jangan lupa cek suhu air agar tidak terlalu panas, sehingga bayi bisa mandi dengan nyaman. Jika moms ragu, maka bisa menggunakan atau handuk untuk mengompres dengan air hangat di bagian perut.

5. Gunakan Daun Jarak

Cara tradisional untuk mengatasi perut kembung pada bayi selanjutnya yang bisa moms coba lakukan adalah dengan menggunakan daun jarak.

Sebuah penelitian ilmiah membuktikan bahwa penggunaan daun jarak yang dicampur minyak kayu putih efektif untuk meredakan perut kembung pada bayi. Hal ini dikarenakan kayu putih mampu memberikan efek hangat di perut bayi.

6. Gunakan Bawang Merah

Bawang merah sudah lama dikenal sebagai salah satu obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk perut kembung. Meski belum ada penelitian lebih lanjut tentang penggunaan bawang merah untuk perut kembung.

Namun, tidak ada salahnya jika moms ingin mencoba. Sebab, telah banyak yang berhasil dan efektif menggunakan bawang merah untuk meredakan perut kembung pada bayi.

Cara penggunaanya adalah moms bisa mencampurkan 1 siung bawang merah yang telah dihaluskan dengan minyak kelapa, lalu oleskan di sekitar perut bayi. Hentikan penggunaan jika perut bayi mengalami alergi atau muncul ruam merah.

Itulah beberapa cara tradisional untuk mengatasi perut kembung pada bayi yang bisa moms coba di rumah.

Namun, penting untuk diketahui jika bayi mengalami gejala yang lebih serius seperti kolik, demam tinggi, dan muntah. Maka segera bawa bayi ke dokter, ya moms.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait