Cara Sukses Mendidik Anak di Era Digital

Ilustrasi Mendidik Anak Foto : Canva

Hai, Mams! Saat ini kita tengah menjadi bagian di kehidupan era digital. Era di mana segala kecanggihan teknologi telah berkembang dengan begitu pesat. Selain bisa mendatangkan kemudahan, namun tetap saja ada sisi negatif yang harus kita sikapi dengan hati-hati. 

Sebagai masyarakat yang hidup di era digital, tentunya mams sudah tidak asing lagi dengan internet ya. Bahkan, sekarang internet bisa disebut sebagai alat yang ramai digunakan oleh siapa saja, termasuk oleh kalangan anak-anak.

Namun kenyataanya, konten-konten yang terdapat di internet tidak selalu berisi hal yang sesuai dengan umur si kecil. Maka dari itu, kita harus membatasi agar apa yang diterima oleh anak dari internet memang sesuai dengan kebutuhan mereka 

Cara Mendidik Anak di Era Digital

Nah, apakah moms pernah merasa kewalahan untuk membatasi keberadaan internet di kehidupan si kecil? Apakah moms pernah merasa khawatir anak moms akan mendapat pengaruh yang buruk dari internet? Jika iya, yuk simak bersama tips mendidik anak di era digital.

1. Bangun komunikasi yang baik dengan anak

mendidik anak era digital
Membangun Komunikasi dengan Anak Foto : Canva

Peran orang tua dalam mendidik anak di era digital sangatlah penting. Membangun komunikasi yang baik dengan anak menjadi hal yang penting untuk moms lakukan. Ketika mams melihat anak mams mulai mengakses hal yang tidak baik di internet, jangan hanya sebatas menegur anak moms. Apalagi menggunakan bahasa dan tutur kata yang dapat membuat anak moms merasa semakin tidak nyaman.

Tapi cobalah untuk melakukan komunikasi dengan baik, memberi arahan dengan kata-kata yang lebih bisa diterima oleh anak moms. Dan alangkah lebih baiknya, melakukan komunikasi dan penjelasan yang baik juga moms lakukan sedari awal. Sebelum moms memberikan izin kepada anak untuk menggunakan gadget ataupun laptop, buatlah kesepakatan terlebih dahulu dengan anak tentang apa yang bisa mereka akses dan apa yang tidak boleh mereka akses.

2. Berikan batasan waktu

Setelah berkutat dengan dunia internet, anak biasanya bisa lupa waktu ya moms? Bahkan bisa menyebabkan anak lalai belajar dan ibadah. Nah itu menjadi salah satu hal yang harus moms waspadai. Sebagai orang tua, moms harus tegas dalam memberi ruang kepada anak.

Kapan waktunya anak bermain gadget, kapan waktunya ibadah dan belajar, dan lain sebagainya. Jika moms memberikan waktu yang tidak terbatas kepada anak dalam mengakses internet, dikhawatirkan anak akan mendapati konten-konten yang tidak moms harapkan.

3. Dampingi anak saat sedang bermain gadget

mendidik anak era digital
Dampingi Anak Bermain Gadget Foto : Canva

Memang tidak semua orang tua bisa mendampingi anaknya selama 24 jam. Tuntutan pekerjaan dan segala aktivitas yang lain tentu bisa menjadi penyebab moms tidak bisa intens untuk menemani anak moms, termasuk ketika anak moms sedang bermain gadget.

Namun setidaknya, moms harus berusaha meluangkan waktu untuk memantau anak ketika mereka sedang menggunakan gadget. Hal tersebut penting untuk dilakukan agar moms bisa langsung memberi teguran dan pengarahan ketika moms mendapati anak menggunakan internet untuk hal yang tidak baik. 

4. Tingkatkan nilai-nilai agamis pada anak

Maraknya hal-hal negatif yang berkembang dengan pesat melalui internet, juga menjadi salah satu hal yang harus moms waspadai. Konten-konten dewasa, kekerasan, pergaulan bebas, juga bisa berseliweran dan dengan sengaja atau tidak bisa dilihat oleh anak. Moms bisa membentengi anak dengan nilai agama agar mereka tidak mudah terpengaruh dengan hal negatif yang mungkin saja bisa mereka lihat di internet.

Nah, Itulah dia tips-tips untuk mendidik anak di era digital. Melarang anak untuk tidak menggunakan gadget sama sekali juga bukan hal yang baik. Karena anak harus diberi kesempatan untuk menggunakan teknologi sesuai perkembangan zaman. Jadi, menerapkan pola didik sesuai dengan era yang sedang berkembang dapat menjadi opsi yang moms terapkan. Tetap semangat! 

Temukan Artikel Lainya di Google News

 

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Call me Icha, Seorang Blogger Aktif, Hobi Menulis dan Menyukai Dunia Parenting

Artikel Terkait