Cara Merawat Rambut Keriting Anak Agar Tidak Rusak dan Kusut

Ilustrasi anak rambut keriting Foto: Pexels

Setiap anak memiliki jenis rambut yang berbeda-beda. Pada artikel ini akan dijelaskan cara merawat rambut keriting anak untuk buah hati bunda yang memiliki jenis rambut keriting.

Semua jenis rambut tentunya perlu perawatan, tidak terkecuali untuk rambut keriting. Bunda yang mempunyai buah hati dengan jenis rambut keriting pasti sangat butuh cara merawat rambut keriting anak agar tidak rusak dan kusut.

Kenapa harus ada cara merawat rambut keriting anak? Karena jenis rambut keriting lebih sulit di rawat dan memerlukan perhatian lebih sebab rambut keriting mudah kusut.

Bunda sendiri pasti ingin memiliki rambut yang sehat, tidak terkecuali buah hati bunda. Berikut cara merawat rambut keriting anak agar tidak mudah rusak dan kusut:

Cara merawat rambut keriting anak

Sang buah hati bunda memiliki rambut keriting yang terkadang mudah kusut? Berikut cara merawat rambut keriting anak agar lebih rapi dan tidak mudah kusut.

1. Pemilihan sisir yang baik

Untuk cara merawat rambut keriting anak supaya tidak mudah kusut yang pertama adalah pemilihan sisir yang baik. Ada kala baiknya bunda menghindari sisir yang menggunakan bahan plastik untuk buah hati yang memiliki rambut keriting.

Karena gesekan antara rambut dengan sisir yang berbahan plastik akan menghasilkan listrik statis yang bisa membuat rambut kering, kusut dan juga rapuh. Bunda bisa menggunakan sisir berbahan kayu untuk sang buah hati ya.

Dan bunda juga sebaiknya memilih sisir yang bergigi jarang, juga hindari menyisir rambut dalam keadaan basah ya bunda.

2. Sering memotong rambut (Trim)

Buah hati bunda yang memiliki rambut keriting pasti cenderung mengembang dan mudah kusut, untuk itu bunda sebaiknya rutin melakukan trim rambut. Itu dilakukan jika rambut buah hati bunda lebih mudah patah dan kering.

3. Jangan mengeringkan rambut dengan handuk

Ketika habis kramas, rambut keriting sang buah hati bunda jangan dikeringkan mengunakan handuk. Mengeringkan rambut dengan handuk dapat menyebabkan rambut kusut dan berantakan.

Hindari juga mengeringkan rambut menggunakan hairdryer, bunda bisa menggunakan kaos berbahan katun kemudian usap rambut dengan perlahan supaya tidak kusut. Lebih bagus jika rambut sang buah hati bunda kering secara alami.

4. Gunakan produk perawatan rambut keriting

Lebih baik bunda menggunakan produk perawatan rambut khusus jenis rambut keriting. Bisa berupa sampo,  kondisioner. Dan bunda juga harus pastikan produk yang digunakan aman tidak mengandung bahan kimia.

5. Jangan mencuci rambut setiap hari

cara merawat rambut keriting anak agar lebih rapi dan tidak mudah kusut yang kelima yaitu jangan mencuci rambut setiap hari, karena hal ini bisa menyebabkan rambut keriting sang buah hati bunda kering.

Sebaiknya bunda menyuci rambut keriting sang buah hati setidaknya dua kali dalam seminggu, bisa juga ketika bau rambut sang buah hati kurang enak atau sudah muncul ketombe.

7. Jaga selalu kelembapan rambut

Rambut keriting cenderung dengan kering, oleh sebab itu bunda harus menjaga kelembapan rambut keriting sang buah hati. Jika kelembapan rambut keriting bisa di jaga, rambut akan lebih lembut dan halus.

8. Ikat rambut sesekali

Cara merawat rambut keriting anak agar lebih rapi dan tidak mudah kusut yang terakhir adalah sesekali bunda harus mengikat rambut sang buah hati. Hal ini dilakukan agar rambut tidak terlihat terlalu lepek .

Dengan cara bunda membiarkan rambut keriting terikat selama 1 hari, bunda bisa melihat sudah seberapa panjang rambut sang buah hati. Tapi tetap harus dilepas ikatan ketika anak bunda ingin tidur, ya, agar supaya saraf di area kepalanya rileks.

Itu tadi bunda poin-poin penting cara merawat rambut keriting anak agar lebih rapi dan tidak mudah kusut yang wajib bunda perhatikan dalam merawat rambut keriting sang buah hati.

Tentunya bunda akan sangat senang jika rambut keriting sang buah hati sehat, halus dan tidak kusut. Semoga informasi cara merawat rambut keriting anak agar lebih rapi dan tidak mudah kusut ini bermanfaat bunda.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait