Ketika bayi mengalami bruntusan di wajah mungkin sangat membuat bunda khawatir. Oleh sebab itu bunda harus tahu cara menghilangkan bruntusan di wajah bayi beserta penyebab terjadinya hal tersebut.

Sebagai orang tua tentunya bunda tak ingin sang buah hati mengalami bruntusan di wajahnya. Karena bruntusan pada bayi ini akan membuat mereka tidak nyaman karena rasa gatal yang dialami.

Bayi memiliki kulit yang sangat sensitif. Oleh sebab itu bayi akan mudah mengalami bruntusan dan gatal-gatal. Bruntusan pada kulit bayi ini tentu saja memiliki beberapa penyebab bunda.

Simak di sini bunda penyebab bruntusan di  wajah bayi serta cara menghilangkan bruntusan di wajah bayi.

Penyebab Bruntusan di Wajah

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah
Ilustrasi bayi tidur Foto: canva

Tentu saja bruntusan pada wajah bayi memiliki berbagai penyebabnya bunda. Masalah kulit yang dialami sang buah hati bunda ini bisa berlangsung sampai usia 6 bulan. Dan penyebab bruntusan pada bayi ini berbagai macam.

Salah satunya yaitu karena faktor hormonal. Buah hati bunda yang baru lahir akan mengalami banyak perkembangan dan tentunya penyesuaian, termasuk juga kondisi hormon.

Cukup menarik bunda, karena bruntusan pada bayi ini muncul bukan karena hormon sang buah hati, ternyata hormon yang dimiliki sang ibu.

Maka dari itu, jerawat atau bruntusan yang muncul di kulit bayi sangat sulit dihindari. Terutama lagi pori-pori pada kulit bayi yang belum berkembang sempurna dan hal ini menyebabkan mudah masuknya kotoran.

Dan kotoran inilah yang akan berkembang, kemudian menyisakan noda pada lapisan kulit bayi, selanjutnya akan menjadi jerawat atau juga yang biasa disebut dengan bruntusan.

Karena kulit bayi ini sensitif, cuaca panas akan mudah membuat sang buah hati bunda mengeluarkan keringat. Keluarnya keringat ini akan bersamaan dengan hormon yang belum berkembang sempurna, dan itulah penyebab terjadinya bruntusan pada sang buah hati bunda.

Setelah tahu penyebab bruntusan pada bayi, bunda harus tahu nih cara mengatasi bruntusan tersebut. Berikut cara menghilangkan bruntusan pada bayi.

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Selain tahu penyebab bruntusan pada wajah bayi, bunda juga wajib tahu cara menghilangkan bruntusan di wajah bayi.

Menghilangkan bruntusan di wajah bayi merupakan suatu hal yang penting bunda. Karena kondisi yang dialami sang buah hati ini bisa saja menimbulkan bekas seiring dengan pertumbuhan usia.

Cara yang pertama untuk menghilangkan bruntusan di wajah bayi yaitu bunda harus menghindari mengorek, bahkan memencet bruntusan di wajah bayi.

Karena hal ini bisa menjadikan luka dan terlebih lagi bisa meningkatkan risiko terjadinya infeksi. Ada baiknya juga bunda selalu membersihkan area wajah dan tubuh untuk menghindari terjadinya bruntusan. Bersihkan juga baju dan area tidur sang buah hati ya bunda.

Dan wajah atau kulit bayi sangat sensitif, bunda harus pintar memilih krim untuk jerawat bayi yang mengalami bruntusan dan jika ragu bunda bisa berkonsultasi langsung kepada dokter.

Jika berbagai macam cara sudah bunda coba untuk menghilangkan bruntusan di wajah bayi, tapi ternyata tidak membuahkan hasil juga, ada baiknya bunda segera membawa sang buah hati menemui dokter.

Dengan begitu sang buah hati akan mendapatkan penanganan sesegera mungkin untuk menghindari risiko lebih buruk yang akan terjadi.

Diharapkan dengan adanya informasi penyebab bruntusan di wajah bayi beserta cara menghilangkan bruntusan di wajah bayi ini bermanfaat untuk bunda dan sang buah hati.