5 Cara Cepat Hamil untuk Wanita Gemuk, Terbukti Tingkatkan Peluang Kehamilan

Cara Cepat Hamil untuk Wanita Gemuk (Foto:Canva)

Meskipun susah ada beberapa cara cepat hamil untuk wanita gemuk yang mungkin bunda jarang sadari. Hal itu juga diperlukan upaya-upaya ekstra untuk bisa memperoleh kehamilan

Wanita yang mengalami kegemukan atau obesitas biasanya lebih sulit hamil daripada yang memiliki berat badan ideal.

Hal ini karena lemak berlebih dapat mengganggu keseimbangan hormon dan ovulasi. Namun, jangan khawatir, ada beberapa tips yang bisa Bunda lakukan untuk meningkatkan peluang hamil

Cara Cepat Hamil untuk Wanita Gemuk

Berikut adalah beberapa tips cepat hamil untuk wanita gemuk yang bisa bunda coba

1. Turunkan Berat Badan dengan Pola Makan Sehat

Pola Makan Sehat Wanita Gemuk
Pola Makan Sehat Wanita Gemuk (Foto:Canva)

Kesuburan dapat meningkat meskipun Bunda hanya berhasil menurunkan berat badan sekitar 2-4 kilogram saja.

Konsumsilah makanan yang kaya serat, protein, dan asam folat, seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, susu rendah lemak, daging merah, ayam, ikan, dan biji-bijian.

Hindari makanan yang tinggi lemak jahat, gula, dan kalori, seperti makanan cepat saji, kue, biskuit, dan minuman bersoda.

2. Olahraga Teratur

Wanita Gemuk Olahraga
Wanita Gemuk Olahraga (Foto:Canva)

Olahraga jenis kardio, seperti berlari, bersepeda, atau berenang, dapat membantu membakar lemak dalam tubuh dan meningkatkan kesuburan.

Lakukan olahraga setidaknya 30 menit sehari, tiga kali seminggu. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter tentang jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi Bunda.

3. Melakukan Hubungan Intim Tepat Waktu

Untuk meningkatkan peluang hamil, Bunda perlu mengatur jadwal hubungan seks. Cobalah berhubungan seks setiap 2 atau 3 hari sekali tanpa alat kontrasepsi.

Selain itu, usahakan berhubungan di masa subur Bunda. Masa subur wanita terjadi pada masa ovulasi, biasanya sekitar 12 sampai 16 hari sebelum periode menstruasi tiba.

Bunda bisa menggunakan alat tes ovulasi atau aplikasi kalender menstruasi untuk mengetahui dan menghitung masa subur.

4. Konsumsi Asam folat

Asam folat merupakan nutrien yang penting untuk mencegah cacat lahir pada bayi, seperti cacat tabung saraf.

Selain itu, asam folat juga dapat membantu agar Bunda lebih cepat hamil. Jika Bunda mengalami kegemukan, maka konsumsilah asam folat sebanyak 5 mg per hari.

Bunda bisa mendapatkan asam folat dari beberapa makanan yang mengandung asam folat seperti alpukat atau suplemen yang diresepkan oleh dokter.

5. Konsultasi ke Dokter Kandungan

Cara Cepat Hamil untuk Wanita Gemuk
Cara Cepat Hamil untuk Wanita Gemuk (Foto:Canva)

Jika bunda sudah mencoba tips di atas tetapi belum berhasil hamil dalam waktu 6 bulan, sebaiknya Bunda berkonsultasi ke dokter kandungan.

Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab kesulitan hamil dan memberikan penanganan yang sesuai.

Dokter juga bisa memberikan saran tentang program kehamilan berteknologi, seperti inseminasi buatan atau bayi tabung, jika diperlukan

Penyebab Wanita Gemuk Susah Hamil

Wanita yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas memiliki peluang hamil yang lebih rendah daripada wanita dengan berat badan ideal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

1. Gangguan ovulasi

Wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami gangguan ovulasi, yaitu kondisi di mana sel telur tidak dilepaskan dari ovarium secara teratur.

Gangguan ovulasi dapat menyebabkan infertilitas, yaitu ketidakmampuan untuk hamil setelah satu tahun berhubungan intim tanpa alat kontrasepsi.

2. Perubahan hormon

Lemak tubuh berperan dalam produksi dan metabolisme hormon reproduksi, seperti estrogen dan progesteron.

Wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki kadar hormon estrogen yang lebih tinggi. Hal ini dapat mengganggu keseimbangan hormon reproduksi dan menyebabkan gangguan ovulasi.

3. Peningkatan risiko komplikasi kehamilan

Wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami komplikasi kehamilan, seperti diabetes gestasional, preeklampsia, dan persalinan prematur.

Itulah beberapa cara cepat hamil untuk wanita gemuk yang bisa bunda coba dan terapkan, Semoga bermanfaat

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Panggil saya Dewi. I’m a Blogger and mother of my son - Aktif menulis tentang dunia parenting sejak usia remaja, Menulis adalah panggilan hati, Saat deretan kata menjadi media doa.

Artikel Terkait