Bolehkah Ubun-Ubun Bayi diberi Minyak Telon? Cek Faktanya dibawah Ini!

Mengoleskan minyak telon telah menjadi kebiasaan rutin bagi para ibu untuk bayi ketika selesai mandi. Namun sebenarnya, bolehkah ubun-ubun bayi diberi minyak telon? Ini jawabannya!

Selain memiliki aroma yang harum, pemberian minyak telon kepada si bayi juga dapat membuat area sekujur badan lebih hangat. 

Akan tetapi, masih banyak ibu di luar sana dan mungkin juga bunda yang bertanya soal boleh dan tidaknya melakukan ini. Benarkah demikian? 

Bolehkah Ubun-ubun bayi Diberi Minyak Telon?

Bolehkah Ubun-Ubun Bayi diberi Minyak Telon?

Secara medis sebenarnya minyak telon tidak terlalu dianjurkan di bagian ubun-ubun bayi. Namun bukan berarti penggunaannya benar-benar dilarang ya bun.

Bunda masih bisa gunakan berbagai macam merk minyak telon asalkan sesuai aturan. Nah, jika si kecil masih new brown, sebaiknya gunakan sesuai saran dokter.

Karena meski memiliki sensasi yang harum dan hangat, penggunaannya dapat menyebabkan beberapa permasalah berikut:

1. Kulit yang Sensitif Mudah Iritasi dan Alergi

Kulit pada bayi cenderung mudah menyerap bahan-bahan baru yang dikenal. Hal ini tentu harus bunda perhatikan karena bisa jadi bayi akan mengalami alergi atau iritasi pada kulit jika sembarangan mengoleskan minyak telon ke bagian ubun-ubun si bayi.

Kalaupun bunda masih ingin memberikan minyak telon pada bayi, sebaiknya gunakan pada area yang tidak beresiko seperti bagian tangan dan kaki.

Memberikan minyak telon memang akan terasa hangat bagi bayi, akan tetapi tidak semua bayi menerimanya ya, bunda.

2. Pori-pori Bisa Tersumbat

Bolehkah Ubun-Ubun Bayi diberi Minyak Telon?

Saat usia masih bayi, bagian kepala masih sangatlah rawan dan tipis. Jika bunda terus menerus mengoleskan pada bagian tersebut dapat menyebabkan pori-pori tersumbat.

Pori-pori yang tersumbat tentu secara otomatis akan menahan kotoran atau sel mati yang ada di dalam sehingga akhirnya tumbuhlah jerawat atau gatal-gatal pada area kepala.

3. Risiko Terkena Area Mata

Penggunaan minyak telon di ubun-ubun bayi ternyata juga bisa menyebabkan risiko pada mata si kecil lho bun.
Hal ini bisa saja terjadi jika tangan bunda atau bayi yang tanpa sengaja menyentuh area mata yang terbilang sensitif.

Minyak telon yang masuk tanpa disengaja hanya akan membuat si kecil merasa sakit dan perih. Apalagi jika hal ini dilakukan secara terus-menerus sehingga perlu adanya pengawasan tingkat tinggi yang harus bunda lakukan.

Sebenarnya saat usia masih bayi, kulit dari seluruh tubuh masih belum bisa berfungsi dengan baik. Kalaupun bunda masih mempertanyakan bolehkah ubun ubun bayi diberi minyak telon? Sebaiknya hindari terlebih dahulu ya.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait