Bolehkah Mencampur Susu UHT Untuk MPASI Si Kecil? Cek Faktanya!

Ilustrasi bayi makan Foto: canva

Sang buah hati bunda sudah memasuki usia 6 bulan dan sekarang adalah  mereka waktunya untuk memberikan MPASI. Namun bolehkah mencampur susu UHT untuk MPASI si kecil? simak di sini faktanya Bunda.

MPASI sendiri baik untuk kebutuhan nutrisi sang buah hati bunda, karena nutrisi ini sendiri bisa membantu pertumbuhan dan perkembangan sang bayi secara optimal apa lagi bayi bunda sudah memasuki usia 6 bulan.

Dan juga MPASI sendiri terbuat dari bahan makanan yang tentunya harus lezat dan juga bernutrisi bunda. Susu UHT sendiri merupakan salah satu resep yang sering ditemukan di MPASI.

Sebelum itu, bunda harus tahu susu UHT tersebut apa? Susu UHT merupakan salah satu jenis susu yang sering ditemui di pasaran bunda. UHT sendiri memiliki kepanjangan ultra high temperature dengan arti susu yang diolah dengan cara dipanaskan dengan suhu tinggi supaya bisa mematikan bakteri.

Tentunya sebelum bunda memutuskan mencampur susu UHT untuk MPASI si kecil, bunda harus tahu faktanya dan apakah boleh dua bahan ini dicampur.

Bolehkah mencampur susu UHT untuk MPASI?

mencampur susu UHT untuk MPASI
Ilustrasi MPASI Foto: canva

Alasan bolehkan mencampur susu UHT untuk MPASI bagi sang buah hati beserta faktanya wajib bunda dan pasangan ketahui. Karena hal ini demi tumbuh kembang baik sang buah hati bunda.

Mengambil keputusan tentang sang buah hati terkadang membuat bunda galau dan bimbang. Karena hal itu fakta mengenai bolehkan mencampur susu UHT untuk MPASI pada sang buah hati ini dirangkum dengan baik, supaya bunda dan pasangan mudah untuk  membacanya.

Susu UHT sendiri boleh bunda campurkan di dalam makanan sang buah hati. Salah satunya yaitu MPASI, asalkan masih digunakan dalam jumlah yang wajar dan sedikit ya bunda.

Namun bunda wajib tahu bahwa susu UHT lebih baik tidak dikonsumsi sebagai susu utama sang buah hati bunda. 

Selain itu bunda juga harus memastikan label yang berada pada kemasan susu UHT tersebut boleh dikonsumsi oleh bayi. Karena ada beberapa merek susu UHT yang beredar tidak bisa dikonsumsi untuk bayi bunda, apa lagi untuk bayi yang masih berusia di bawah satu atau dua tahun.

mencampur susu UHT untuk MPASI
Ilustrasi ibu kasih bayi minum susu Foto: canva

Tapi, sebenarnya susu UHT tidak dianjurkan diberikan kepada bayi yang masih berusia kurang dari 1 tahun bunda,  kecuali atas rekomendasi langsung oleh dokter bunda. Karena sang buah hati sebaiknya tetap mengonsumsi ASI untuk pendamping MPASI.

Walaupun susu UHT untuk MPASI boleh dicampur, bunda juga tidak boleh sembarangan mencampurnya. Salah satu alasannya yaitu berupa kandungan gizi yang berada pada susu UHT cenderung tidak stabil bunda.

Dan ketidakstabilan tersebut bisa membuat susu mudah rusak, apalagi ketika bunda mengolahnya tidak sesuai dengan arahan yang diberikan.

Disarankan oleh dokter juga ada baiknya bayi bunda yang belum berusia 1 tahun masih mengkonsumsi ASI, kecuali memiliki beberapa kasus tertentu sehingga membuat sang buah hati harus mengkonsumsi susu UHT.

Itulah Tadi bunda alasan atau bolehkah mencampur susu UHT untuk MPASI si kecil? dan berupa fakta-faktanya.

Lebih baik bunda berkonsultasi dengan dokter jika masih belum paham mengenai bolehkah mencampur susu UHT untuk MPASI si kecil.

Tentunya bunda dan pasangan sebagai orang tua mengiginkan hal yang terbaik untuk sang buah hati, oleh karena itu jangan sampai salah ya bunda. Semoga informasi ini bermanfaat bunda dan bisa membantu bunda mengambil keputusan baik untuk sang buah hati.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait