Aturan Penggunaan Susu UHT untuk MPASI Anak Usia 12 Bulan, Anak Alergi Susu Sapi Tidak disarankan

Meski disarankan, sebagian orang tua mungkin termasuk bunda pasti masih bingung tentang aturan prengginanaan susu UHT untuk MPASI anak usia 12 bulan.

UHT atau ultra-high temperature adalah jenis susu olahan yang diproses dengan cara dipanaskan pada suhu 135 – 150 derajat celcius.

Proses ini betujuan tuk mematikan bakteri agar susu memiliki masa penyimpanan yang lebih lama. Susu UHT memang bisa dijadikan MPASI karena memiliki nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang si kecil.

Meski demikian, produk ini tidak disarankan untuk dikonsumsi anak secara langsung. Penggunaan susu UHT hanya bisa digunakan untuk pendamping MPASI bagi anak usia 12 bulan ke atas.

Selain untuk, aturan menambahkan susu UHT ke dalam MPASI juga perlu diolah terlebih dahulu sebelum diherikan ke anak.

Moms bisa menyampaikannya ke beberapa menu sup sayur sup atau bikin puding MPASI dengan tujuan sebagai pelengkap rasa.

Nah, untuk lebih jelas, berikut aturan pemberian Susu UHT untuk MPASI anak usia 12 bulan.

Aturan Pemberian Susu UHT untuk MPASI Anak Usia 12 Bulan

Susu UHT untuk MPASI Anak Usia 12 Bulan,

Mencampurkan susu UHT untuk MPASI perlu memperhatikan beberapa hal penting, Oleh karena itu. berikut penjelasan yang perlu moms perhatikan dalam pemberian susu UHT:

  • Anak usia dibawah satu tahun belum bisa mengkonsumsi susu UHT, baik itu dalam bentuk olahan MPASI.
  • Bagi anak yang alergi susu sapi, tidak diperkenankan minum susu UHT yang dicampurkan dalam MPASI. Ini karena mayoritas susu sapi berasal dari susu sapi.
  • Perhatikan komposisi susu UHT, pastikan dari 100% susu segar yang tidak ada tambahan bahan lainnya seperti gula.
  • Pilih susu UHT yang rasa plain yang lebih rendah gula. Ini bisa moms cek pada keterangan di kemasan.
  • Campuran susu UHT tidak diperbolehkan bagi bayi yang masih minum ASI.

Kriteria Susu UHT Aman untuk MPASI

Susu UHT untuk MPASI Anak Usia 12 Bulan,

Susu UHT punya kandungan nutrisi seperti lemak, protein, kalsium, dan vitamin. Meski baik untuk campuran MPASI, moms masih perlu perhatikan komposisi susu UHT yang baik untuk dikonsumsi si kecil.

Setiap susu UHT terdapat keterangan komposisi. Susu UHT yang aman untuk dijadikan tambahan MPASi memiliki kriteria seperti berikut ini:

  • Kandungan gula renda
  • Tidak ada campuran pemanis buatan
  • Tidak ada campuran pewarna atau pengawet
  • Rendah kandungan natrium
  • Berasal dari 100% susu sapi segar

Kendati susu UHT bisa dijadikan bahan campuran MPASI, moms masih perlu perhatikan batas aman penggunaan UHT.

Konsumsi susu UHT untuk anak yang baru berusia satu tahun maksimal 700 ml per hari. Pemberian susu UHT tidak boleh berlebihan karena bisa memicu si kecil mengalami sembelit.

Demikian pembahasan tentang aturan penggunaan susu UHT untuk MPASI anak usia 12 bulan. Semoga bisa membantu moms agar lebih bijak menggunakan susu UHT untuk kebutuhan MPASI di kecil. Selamat mencoba!

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait