Bolehkah Ibu Hamil Minum Amlodipine? Ini Penjelasan Lengkapnya

Bunda masih penasaran tentang bolehkah ibu hamil minum amlodipine? Sepertinya membaca penjelasan di bawah ini adalah solusi terbaik untuk menjawab keingintahuan tersebut.

Apa Itu Amlodipine?

Bolehkah Ibu Hamil Minum Amlodipine

Amlodipine besylate merupakan obat yang biasa digunakan untuk pengobatan penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Obat ini juga dikenal cukup efektif untuk mengatasi nyeri dada akibat penyakit jantung koroner (angina pektoris).

Sejatinya, obat Amlodipine masuk kategori calcium-channel blockers (CCBs) atau biasa disebut sebagai antagonis kalsium untuk merelaksasi otot pembuluh darah.

Artinya, minum ini bisa membuat darah mengalir lebih lancar dikarenakan melebarnya ukuran pembuluh darah. Dengan begitu, otomatis tekanan darah akan turun.

Pada umumnya, Amlodipine dapat dikonsumsi dalam dosis tunggal. Walaupun begitu, obat ini juga masih aman dikombinasikan dengan obat anti hipertensi lainnya.

Menjadi catatan penting adalah Amlodipin hanya boleh diresepkan oleh dokter. Jadi, bunda tidak boleh asal membelinya di apotik.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Amlodipine?

Apakah bunda saat ini sedang hamil dan punya riwayat hipertensi? Mungkin terpikir untuk minum obat ini tapi masih ragu apakah aman atau tidak.

Faktanya, Amlodipine besylate adalah obat kategori C, yang artinya berpotensi menimbulkan efek samping pada janin setelah dikonsumsi oleh bunda saat sedang hamil.

Lalu apakah aman ibu hamil minum amlodipin? Jawabannya adalah bunda wajib konsultasi dulu dengan dokter.

Biasanya, apabila manfaatnya lebih besar daripada resiko yang muncul, tentunya dokter akan memberikan resep obat ini pada bunda.

Hanya saja, dokter tidak akan memberikan rekomendasi amlodipin jika kehamilan menginjak usia trimester 3 atau mendekati waktu persalinan.

Hal ini disebabkan karena amlodipin dipercaya dapat meningkatkan resiko efek samping negatif ke janin.

Cara Aman Ibu Hamil Minum Amlodipine

Bolehkah Ibu Hamil Minum Amlodipine

Apabila bunda kebetulan menderita darah tinggi dan sedang hamil, masih boleh kok minum amlodipine. Asalkan satu, berkonsultasi dulu ke dokter untuk memastikan apakah memungkinkan atau tidak.

Sangat disarankan untuk mengikuti semua arahan yang diberikan dokter ya. Bahkan, sebelum minum pun bunda dianjurkan membaca ulang petunjuk penggunaan pada label obat supaya makin aman.

Tanpa rekomendasi dokter, bunda sama sekali tidak boleh menambah, mengurangi, atau menghentikan penggunaan amlodipin sendiri.

Selain itu, bunda juga boleh minum obat ini baik sebelum maupun sesudah makan. Kalau mau lebih efektif, dianjurkan untuk minum amlodipin setiap hari di jam yang sama.

Ketika dosisnya sudah terlewat, bunda bisa lanjut minum saat itu juga. Bunda pun tidak boleh langsung menggandakan dosis sekaligus, sebab dapat meningkatkan resiko efek samping serius.

Misalnya, jadwal bunda minum hari senin 1 butir ternyata lupa, baru ingat besoknya hari selasa. Maka, hari selasa tetap minum satu butir, tidak boleh digandakan menjadi 2 butir.

Walaupun obat ini berfungsi untuk menurunkan darah tinggi, namun bunda harus tetap menerapkan gaya hidup sehat, sehingga memberikan hasil maksimal.

Gaya hidup sehat yang dimaksud termasuk mengurangi asupan garam, lemak, alkohol, olahraga, serta istirahat cukup.

Kesimpulannya adalah ibu hamil minum amlodipin masih aman. Asalkan, harus selalu konsultasi dengan dokter. Pasalnya, obat ini termasuk golongan C yang berpotensi memberikan efek samping khususnya pada janin.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait