Bolehkah Bayi dimandikan Setelah Imunisasi? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Rewel pasca imunisasi kadang buat bunda cemas hingga melakukan banyak cara untuk menenangkan si kecil salah satunya dengan dimandikan. Namun pertanyaanya, bolehkah bayi dimandikan setelah imunisasi?

Bolehkah Bayi dimandikan Setelah Imunisasi?

Bolehkah Bayi dimandikan Setelah Imunisasi?

Memandikan bayi setelah imunisasi memang terdengar riskan dan kabarnya bisa menimbulkan gangguan kesehatan tertentu.

Apalagi jika setelah imunisasi bayi justru mengalami demam tinggi diatas 38° Celcius. Selain membuatnya tidak nyaman, mandi setelah imunisasi juga akan memperburuk kesehatan si kecil.

Namun, ini tak selamanya benar lho moms. Karena dalam studi kesehatan, mandi setelah bayi imunisasi justru disarankan.

Jadi bagaimana sebenarnya, bolehkan bayi dimandikan setelah imunisasi?

Memandikan bayi setelah vaksin sebenarnya boleh-boleh saja kok moms. Asalkan pasca vaksin si kecil tidak mengalami demam tinggi hingga diatas 38° Celcius.

Jika bayi demam, sebaiknya moms lap tubuhnya dengan air hangat dan kain lap yang lembut. Ini jauh lebih baik, karena bisa membuatnya nyaman ketimbang harus dimandikan.

Lalu bagaimana jika setelah imunisasi ada efek samping yang dialami si kecil?

Efek samping pasca imunisasi memang sering terjadi namun gejalanya tidak terlalu mengharapkan. Oleh karena itu, moms tetap boleh memandikannya asal satu tidak boleh dalam keadaan demam.

Perawatan Pasca Imunisasi Pada Bayi

Bolehkah Bayi dimandikan Setelah Imunisasi?

Setelah imunisasi bayi kadang mengalami beberapa efek samping seperti rewel, diare, gatal pada bagian tubuh tertentu, kaki atau tangan kemerahan serta ada benjolan pada bekas suntikan.

Ini adalah hal wajar yang tidak perlu moms khawatirkan karena bisa hilang dengan sendirinya. Selain itu, risiko komplikasi pasca imunisasi juga jarang terjadi, bahkan hampir tidak ada.

Nah, karena efek sampingnya cenderung ringan, prosedur perawatan pasca imunisasi pada bayi juga mudah kok bun.

Si kecil tetap bisa mandi seperti biasa asalkan tidak dalam keadaan demam. Sebaiknya tunggu hingga demam si kecil reda lalu moms bisa memandikannya.

Selain pemberian paracetamol saat demam, perawatan setelah imunisasi yang moms bisa lakukan adalah rutin berikan ASI sesuai jadwal.

Jangan lupa juga untuk kompres pada area bekas suntikan menggunakan air dingin. Ini adalah area paling sakit yang bisa jadi penyebab si kecil rewel.

Prosedur imunisasi, kadang buat tubuh si kecil nyeri hingga ia jadi sering menangis. Oleh karena itu, moms bisa melakukan stimulasi dengan rutin menggerakkan tangan atau kaki si kecil sesering mungkin.

Bagaimana moms, sudah terjawabkan pertanyaan tentang bolehkan bayi mandi setelah imunisasi.

Intinya, pasca imunisasi bayi tetap boleh mandi asalkan tidak dalam keadaan demam.  Jika ia demam, moms bisa berikan obat penurun demam yang sudah direkomendasikan dokter.

Efek samping pasca imunisasi pada bayi punya skala yang cukup rendah shinga moms tak perlu khawatir.

Namun, moms harus segera bawa bayi ke dokter jika demamnya tak kunjung sembuh, bekas suntikan infeksi dan gejala semakin parah.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

I’m ARMY and K-pop addict yang concern menulis artikel sejak 2011. Menulis adalah penyampaian abadi, jadi buat ia berkesan tanpa ada kesalahan di dalamnya.

Artikel Terkait