Begini Hukum dan Cara Mengubur Ari-ari Dalam Islam yang Benar

Ilustrasi gambar tangan bayi Foto: pixabay

Bunda dan pasangan ketika baru saja kedatangan buah hati ke dunia akan merasa bingung mau mengubur ari-ari bagaimana. Dan terkadang bunda dan pasangan tidak tahu juga hukum dan cara mengubur ari-ari dalam islam, simak artikel ini bunda untuk tahu jawabannya.

Artikel kali ini akan membahas cara mengubur ari-ari dalam islam yang pastinya akan mendambah pengetahuan baru para bunda.Seperti yang bunda tahu bayi yang terlahir didunia tidak sendirian, bayi kesayangan bunda ditemani oleh ari-ari atau biasa juga disebut plasenta.

Apa sih fungsi ari-ari bagi bayi bunda? Ari-ari ini memiliki fungsi penting sebagai tumbuh kembang janin ketika di dalam kandungan. Biasanya ketika bunda melahirkan sang buah hati, pada saat itu sang ayahlah yang akan bertugas mengubur ari-ari bayi bunda.

Mengubur ari-ari tidak boleh sembarangan bunda, ada cara tersendiri untuk menguburkan ari-ari bayi bunda yang baru lahir. Kemudian bagaimana hukum mengubur ari-ari? Untuk mengetahui jawabannya baca artikek ini sampai habis ya bunda.

Hukum dan cara mengubur ari-ari dalam islam

Seperti yang bunda tahu untuk mengubur ari-ari tidak boleh sembarangan dan harus ada tata cara yang dilakukan. Dan juga terdapat dalam beberapa daerah cara mengubur ari-ari berdasarkan tradisi atau adat yang mereka percayai.

Ari- ari bayi bunda yang baru lahir wajib dikubur kurang dari 24 jam setelah bayi lahir. Dan biasanya jika bunda melahirkan buah hati di rumah sakit, pihak rumah sakit akan membantu bunda untuk membungkus ari-ari bayi bunda dalam kantong plastik dan akan diberikan kepada bunda atau pihak keluarga yang menunggu.

Cara mengubur ari-ari dalam islam serta hukum mengubur ari-ari dalam islam akan kita bahas bersama pada artikel ini:

Hukum mengubur ari-ari dalam islam

Setelah bunda melahirkan buah hati kedunia apa lagi buah hati pertama dengan pasangan pasti akan bertanya-tanya bagaimana mengubur ari-ari dan apa hukumnya mengubur ari-ari dalam islam.

Mengubur ari-ari apakah wajib dalam islam? atau malah sunah dalam islam? Yuk kita cari tahu bersama bunda.

Sebelumnya bunda pasti pernah dengar, banyak sekali tradisi dari orang tua bunda dahulu atau orang lain mengenai mengubur ari-ari dan memasukkan ari-ari tersebut kedalam kendi dan kemudian dikubur bersamaan dengan kendinya.

Kemudian, bagaimana ya hukum mengubur ari-ari dalam islam? Hukum mengubur ari-ari dalam islam adalah sunnah.

Kenapa dikatakan sunah? Hal tersebut terdapat pada hadist dari Aisyah RA yang memiliki arti sebagai berikut;

“Nabi memerintahkan untuk mengubur tujuh potongan badan manusia; rambut, kuku, darah, haid, gigi, gumpalan darah dan ari-ari,” (Kanzul Ummal No. 18320 dan Al-Jami As-Shagir, As-Suyuthi dari Imam Hakim)

Jadi, sekarang bunda sudah tahu bukan hukum mengubur ari-ari dalam agama Islam yaitu sunnah. Sekarang mari kita cari tahu bersama bunda cara mengubur ari-ari dalam islam:

Cara mengubur ari-ari dalam islam

  1. Adakala baiknya ari-ari bayi bunda dibersihkan dahulu dengan cara mencucinya, hal dilakukan supaya darah yang menempel hilang.
  2. Diketehui juga, supaya ari-ari bayi bunda semakin bersih, cucilah ari-ari menggunakan garam, selain itu bisa juga menggunakan lemon atau jeruk nipis.
  3. Jangan lupa juga ya bunda, ari-ari bayi bunda dibungkus kain putih bersih dan ikat dengan kuat ya bunda.
  4. Kemudian masukkan ari-ari bayi bunda ke dalam tempat, bisa menggunakan kendi.
  5. Sediakan juga ya bunda lubang untuk mengubur ari-ari bayi bunda, sediakan paling tidak ukuranya setengah meter ke dalam tanah.
  6. Langkah berikutnya, kuburkan ari-ari yang sudah siap kedalam lubang yg sudah di sediakan. Jangan lupa tutup kembali lubang tersebut dengan tanah dengan rapat ya bunda. Jika memungkinkan letakkan batu besar di atasnya guna menghindari hewan liar menggalinya.
  7. Untuk cara yang terakhir, sebaik bunda dan keluarga yang mengubur ari-ari membaca basmalah dan sholawat kepada Rasulullah SAW.

Nah itu tadi bunda hukum dan cara mengubur ari-ari dalam islam yang wajib bunda dan pasangan ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi bunda yang akan melahirkan sang buah hati impian ke dunia yang indah ini.

Dapatkan update berita pilihan dan informasi unik setiap hari dari mamikita.com. Follow mamikita di Google News mamikita.com, kemudian ikuti dengan klik ikon agar bisa mendapatkan notifikasi setiap saat.

Hai saya frizka, seorang pengajar, hobi membaca, aktif menulis tentang parenting dan lifetsyle

Artikel Terkait